Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Bahaya Yang Mengintai Ban Mobil Pada Saat Melewati Hujan

Idokeren.com – selamat datang sahabat setia semua... topik pembahasan kita kali ini adalah bahaya apa saja yang dapat dialami oleh ban mobil ketika melewati hujan. hal ini tentu saja sangat serius karena akan sangat beresiko jika terjadi kecelakaan.

Seperti yang kita ketahui semua bahwa belakangan ini intensitas hujan semakin tinggi. Karena hal ini jalanan selalau ditutupi oleh air hujan, yang mana akan mengakibatkan rasa aman saat berkendara semakin menurun.

Bahaya Yang Mengintai Ban Mobil Pada Saat Melewati Hujan

Salah satu contoh hal yang dapat terjadi pada pada ban saat melewati jalanan yang terdapat genangan airnya adalah aquaplaning. Aquaplaning sendiri adalah suatu peristiwa dimana ban mobil tidak mendapatkan daya gesek (cengkraman) karena genangan air pada permukaan jalan. Hal yang perlu sobat katahui adalah aquaplaning dapat terjadi pada genangan air yang kecil.

Selain resiko aquaplaning, ada beberapa hal lain yang mungkin dapat terjadi pada ban mobil saat melewati hujan. dan sebagai tips... sobat memerlukan ban yang stabil dan kuat pada saat melewati hujan dengan mobil.

Bahaya yang dialamai Ban Saat melewati hujan

1. Melindas Benda – benda Tajam

Salah satu hal yang dapat sobat alami saat melewati jalan yang sedang hujan adalah melindas benda – benda tajam. Apalagi jika sobat mengendara pada saat malam hari, akan memperparah jarak pandang sobat.

Benda – benda yang biasanya terlindas adalah seperti paku, bongkahan batu tajam, pecahan beling, dan banyak benda tajam lainnya.

Jika ban sebat melindas benda – benda tajam ini dan mengalami kerusakan yang cukup parah, sangat disarankan untuk segera melakukan penggantian ban dengan yang baru.

2. Menghantam jalanan yang berlubang

Hal yang satu ini juga cukup berbahaya, bahkan dapat mengakibatkan ban mobil pecah. Apalagi jika sedang musim hujan, cukup banyak bermunculan jalanan yang berlubang. Untuk mengurangi resiko ini, sobat sangat disarankan untuk menjaga kecepatan dan jarak aman dengan kendaraan lainnya.

Dengan menjaga kecepatan, hal ini dapat menurunkan potensi terbenturnya ban dengan jalan berlubang, sehingga tidak menumbulkan kerusakan yang parah. Selain untuk meminimalisir terjadinya benturan, hal ini juga dapat menghindari air memasuki mesin mobil, yang mana dapat mengakibatkan kerusakan pada komponen kelistrikan.

3. Retakan pada Ban

hal selanjutnya yaitu adanya retakan pada mobil. retakan ini biasanya disebabkan karena ban mobil telah terendam oleh air dan lumpur, hal ini ditambah lagi jika ban mobil terpapar sinar matahari tanpa di gunakan. Perlu sobat ketahui bahwa sinar matahari mengandung gas O3 (Ozone).

Untuk menghindari hal ini, jangan diamkan mobil sobat pada daerah terbuka supaya tidak terpapa oleh sinar matahari langsung. Dan sebagai tambahan, sobat sangat disaranakan untuk mencuci mobil sobat setelah terkana terkena sinar matahari.

4. Tergelincir

Tergelinci meruapakan salah satu yang mungkin akan terjadi pada ban mobil sobat jika melewati area jalan yang sedang hujan. hal ini dapat terjadinya karena kurangnya kontrol traksi yang optimal.

Untuk meminimalisir kemungkinan dari hal ini adalah dengan menjaga kecepatan mobil dalam kecepatan yang sedang.

Faktor lain yang dapat menyebabkan mobil tergelincir adalah faktor tekanan udara pada ban. Sobat dapat mengcek tekanan ban yang ideal pada stiker tekanana udara yang terdapat pada mobil sobat.

Tekanana udara yang tinggi di atas tekanan idel akan menyebabkan tekstur dari ban mobil lebih keras karena udara yang saling berhimpitan. Akibat dari hal ini yaitu ban akan kehilangan daya serap terhadap getaran.

Sekian beberapa bahaya yang mengintai ban mobil sobat jika melewati jalanan pada saat hujan, semoga informasi di atas bermanfaat untuk sobat idokeren semua. dan sampai jumpa pada topik menarik lainnya. – idokeren.com

Writer : Riski Rahmat H
idokeren
idokeren Menyukai dunia Otomotif, Bloger, Informasi yang bermanfaat dan terimakasih sudah mampir di blog ini