Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Fakta – Fakta Terkait Diskon Pajak Mobil Baru

Idokeren.com – hai sobat setia idokeren semua... saya harap sobat semua dalam keadaan sehat semua. baik, kali ini kita akan mebahas beberapa fakta terkait diskon mobil baru yang berlaku di indonesia.

Beberapa waktu belakangan, pemerintah pada akhirnya memberlakukan keringanan PPnBM (Pajak Penjualan atas Barang Mewah) kendaraan. Yang mana dengan berlakunya peraturan ini, pajak dari barang mewah untuk mobil baru bahkan bisa sampai pada 0%.

Fakta – Fakta Terkait Diskon Pajak Mobil Baru
Source Pic : oto.detik

Mungkin ada beberapa dari sobat yang bertanya – tanya, kenapa peraturan ini ada? Untuk apa peraturan ini dibuat?. Pemerintah merealisasikan Peraturan diskon pajak ini untuk membangkitkan industri otomotif di indonesia.

Seperti yang kita ketahui semua, industri otomotif belakangan ini menurun drastis semenjak pandemi COVID-19 memasuki indonesia. Oleh karena itu dengan berlakunya peraturan ini, maka diharapkan aktivitas industri otomotif di indonesia bangkit kembali sehingga akan menggerakkan perkenomian.

Penasaran dengan peraturan tersebut? Berikut beberapa fakta terkait dengan berlakunya diskon pajak mobil baru.

1. Mulai Bulan Maret Pajak Mobil Baru Gratis

Ailangga Harton selaku menteri Koordinator Bidang Perekonomian mengatakan bahwa relaksi pajak akan diberlakukan secara perlahan. Dengan skenarionya yaitu diskon PPnBM sebesar 100% pada bulan Maret s/d Mei, kemudian akan ada diskon PPnBM sebesar 50% pada bulan Juni s/d Agustus, dan terakhir yaitu diskon 25% diakhir tahun.

Menurut Rahmat Widiana selaku Kepala Biro Komunikasi dan Layanan Informasi Kementerian Keuangan, diskon pajak dilakukan secara bertahap sampai dengan bulan Desember 2021, dengan harapan memberikan dampak yang lebih maksimal.

2. Diikuti dengan DP 0%

Seperti yang telah disinggung diatas bahwa, pemerintah juga memberlakukan diskon bahkan sampai dengan DP 0%.

Tidak cukup sampai disitu, Airlangga juga berharap supaya kebijkan ini juga didukung oleh revisi kebijakan OJK, yang mana dengan begitu uang muka (DP) mobil baru bisa 0% dari bank.

Dengan perpaduan antara diskon PPnBM dan DP kendaraan 0%, airlangga menyebut dapat meningkatkan produksi dari mobil. Dengan garis besarnya adalah produksi mobil mencapai 81.752 unit yang mana total pemasukan neagar adalah sebesar Rp 1,6 triliun.

3. Daftar Mobil yang Berhak Mendapat Diskon Pajak

Fakta yang satu harus sobat ketahui semua, yang mana tidak semua mobil akan mendapat diskon pajak mobil baru. PPnBM mobil berlaku hanya untuk mobil dengan mesin sampai 1500cc dan juga dengan kandungan lokal 70%.

kategori mobil yang mendapat PPnBM 0% :

1. Mobil dengan mesin < 1.500 cc & berpenggerak dua roda.

2. Sedan dengan kapasitas mesin < 1.500 cc.

4. Gratis Pajak Mobil Baru hanya untuk 3 Bulan Pertama

Hal lain yang perlu sobat ketahui adalah diskon pajak mobil baru ini akan dilakukan secara bertahap yang mana akan berakhir sampai bulan desember2021 dengan harapan supaya memberi dampak yang maksimal.

Dan juga perlu sobat ingat bahwa gratis PPnBM mobil baru hanya untuk tiga bulan pertama. Walaupun begitu, masih ada diskon lainnya sebesar 50% dan juga diskon pajak 25%. Dengan begitu, garis besarnya adalah sebagai berikut.

Diskon 100% dari tarif normal akan diberikan pada 3 bulan pertama. Selanjutnya diskon sebesar 50% dari tarif normal akan berlaku 3 bulan setelah diskon 100% berlaku. Dan yang terakhir yaitu diskon pajak 25% dari tarif normal akan diberlakukan pada tahap ketiga untuk 4 bulan.

Sekian beberapa fakta seputar kebijakan pemerintah tentang diskon pajak mobil baru, saya harap informasi di atas bermanfaat untuk seobat idokeren semua, sampai jumpa pada pembahasan seputaran dunia otomotif lainnya. – idokeren.com

Writer : Riski Rahmat H

idokeren
idokeren Menyukai dunia Otomotif, Bloger, Informasi yang bermanfaat dan terimakasih sudah mampir di blog ini