Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Perbedaan Sasis Deltabox Dan Teralis Pada Motor Sport

Idokeren.com – sebelum masuk ke dalam pembahasan tentang perbedaan sasis deltabox dan teralis pada motor sport. Apa ada yang tau perbedaan antara kedua sasis ini selain dari bentuk dan desainnya ?

Sebetulnya, tidak hanya motor sport yang bisa dipasang deltabox atau teralis. Karena kedua jenis sasis ini bisa dipasang tergantung dari target dan karakter apa yang mau ditutunjukkan ke motor tersebut.
 
Perbedaan Sasis Deltabox Dan Teralis Pada Motor Sport

Dan biasanya deltabox itu sering ditemui pada motor Yamaha. Meskipun sepintas rangkanya mirip perimeter tetapi sebenarnya keduanya berbeda. Sedangkan teralis sobat keren bisa menjumpainya di Honda CB150R streetFire dan ada juga beberapa Pabrikan Honda yang memakai deltabox seperti CBR150R.

Nah, masih penasaran bukan apa lagi perbedaan kedua sasis ini ? dan sebenarnya, terbuat dari apa sihh deltabox dan teralis ini ??

Maka dari itu, sobat keren wajib baca artikel ini sampai akhir karena diakhir artikel itu selalu ada kesimpulan menarik buat sobat semuaa.. :D

1. Bobot sasisnya

Bobot sasis ( berat kerangka ), jadi nama lain dari sasis itu kerangka yang menopang komponen lain disekitarnya seperti mesin dan lain-lainnya.

Deltabox itu bobot berat ketimbang teralis dan membutuhkan ruang yang banyak untuk pemasangannya. Oleh sebab itu, deltabox ini lebih sering dipakai oleh mesin motor berperforma tinggi seperti motor sport.

Tetapi dengan zaman yang semakin berkembang sekarang, bobot pada deltabox berkurang sekitar 40 persen dari biasanya karena ada pemakaian alumunium yang sebelumnya terbuat dari pipa baja.

Sedangkan untuk sasis teralis sediri, beratnya tentu lebih ringan dari deltabox dan lebih ringkas ruang. Dan teralis ini lebih sering kita jumpai pada motor harian karena sifatnya yang cocok dengan situasi perkotaan atau jalan yang rusak .

2. Karakternya

Walaupun kedua sasis ini masuk dalam jenis rangka tipe yang sama yaitu diamond tetapi karakter dari deltabox dan teralis sangatlah berbeda.

Karena Deltabox mempunyai karakter yang kaku, maka handlingnya lebih stabil dibandingkan teralis. Dan maksud dari handling itu seperti dalam kecepatan yang tinggi pun motor akan terasa stabil dan tidak goyang seperti motor apa sobat ? yap, motor motoGP

Lanjut ke sasis Teralis yang mempunyai karakter lentur. Sebenarnya, sasis ini lebih sering dipakai di motor harian karena selain nyaman digunakan ternyata di gang sempit pun sasis teralis terasa sangat membantu pengendara.

3. Masalah / Kerusakan

Nah, di perbedaan yang terakhir kita masuk ke kerusakan yang akan terjadi pada sasis deltabox dan teralis.

Jika, kerusakan pada deltabox yang menggunakan bahan bukan besi padat atau baja maka ada kemungkinan akan mengalami karat dan lebih parahnya bisa keropos. Dan jika sudah seperti ini sasis hanya bisa di ganti yang baru.

Sedangkan untuk sasis teralis dapat mengalami patah frame karena sambungan las-lasnya pada sasis tersebut. Dan kabar bagusnya, untuk sasis ini kalian tidak perlu menggantinya dengan yang baru sebab patahnya frame bisa di disambung dengan las lagi.

Tapi yang bisa dilas Kembali hanya sebagian kecil saja sob.. dan jika sudah parah yaa harus ganti yang baru juga.


Nah, kesimpulan dari pembahasan ini jika kalian membeli motor ada baiknya bertanya sasis apa yang dipakai ? dan perawatan apa saja yang bis memperpanjang umur sasis ini ? sebab sebagus apapun sasis yang dipakai pada motor sobat, tidak akan bertahan tanpa perawatan walaupun jarang.

Sekian pembahasan tentang perbedaan sasis deltabox dan teralis pada motor sport. Semoga artikel ini membatu sobat keren semua… sampai jumpa lagi..


Writer : Revina Martin
idokeren
idokeren Menyukai dunia Otomotif, Bloger, Informasi yang bermanfaat dan terimakasih sudah mampir di blog ini