Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Perbedaan yang Penting dan Jarang Diketahui Antara Bengkel Umum dan Bengkel Resmi

Idokeren.com – Sebagian besar pengendara roda dua ataupun roda empat pasti sulit untuk memilih antara bengkel umum dan resmi. Ditambah lagi menentukan bengkel manakah yang berkualitas serta terpecaya dan memang bengkel resmi / Agen Pemegan Resmi ( APM ) itu lebih unggul dari banyak hal dibandingkan bengkel umum.

Akan tetapi, bengkel umum tetaplah lebih ramai dibandingkan bengkel umum dan penyebab utama adalah dari segi harganya yang lebih terjangkau dari bengkel resmi. Dan itu bisa membuktikan bahwa kelebihan dan kekurangan setiap bengkel itu berbeda-beda tergantung keputusan serta cara pandang setiap pengendara sob.

 
Perbedaan yang Penting dan Jarang Diketahui Antara Bengkel Umum dan Bengkel Resmi

Nah, selain kelebihan dan kekurangan yang telah dibahas tadi. Ternyata setiap bengkel juga memiliki perbedaan yang jarang diketahui oleh sebagian pengendara. Dan untuk sobat yang penasaran, berarti harus baca artikel ini sampai akhir…

Perbedaan yang Penting dan Jarang Diketahui Antara Bengkel Umum dan Bengkel Resmi


Kita akan membahas dari perbedaan yang paling penting sampai jarang diketahui sebagian pengendara :

Proses Pengerjaan

Hal pertama yang penting kalian ketahui adalah proses pengerjaan antara bengkel umum dan resmi. Sebetulnya, proses pengerjaan itu erat kaitannya dengan montir yang memperbaiki kendaraan tersebut.

Tetapi, semua proses tidak terlepas dari standar pabrikan yang berlaku. Pada bengkel umum, proses pengerjaan pastilah jauh dari kata standar karena yang terpenting kendaraan kondisinya baik dan tidak membahayakan pengendara. Berarti, pengerjaan service pada bengkel umum tidak asal-asalan sob.


Dan untuk proses pengerjaan bengkel resmi pastilah sangat mengutamakan prosedur yang telah berlaku dalam standar baku dealer. Tetapi sob, kalian tidak bisa lengkah juga karena ada beberapa bengkel resmi yang juga mempekerjakan anak magang. Dan saran terbaik untuk kalian adalah tanyakan kembali kepada penjaga bengkel lain apakah ada montir resmi ?

Sampaikan juga kepadanya bahwa kalian ingin yang menservice kendaraan ada pada montir resmi dan jika memang montir tersebut menjamin service kendaraan pada anak magang berate itu terjamin aman sob.


Peralatan Pendukung Service

Kalau dalam hal ini pastilah bengkel resmi lebih unggul karena cukup dilengkapi alat-alat cangih yang jarang bengkel umum punya. Tetapi, jika service pada kendaraan kalian hanya perbaikan kecil. Tidak apalah mencoba di bengkel umum, hitung-hitung untuk merbandingan kedua bengkel tersebut.

Garansi

Selanjutnya ada garansi, inilah perbedaan yang jarang diketahui sebagian pengendara. Semua bengkel resmi pastilah menawarkan garansi dari setiap proses perbaikan yang telah dilakukan oleh bengkel. Dan jika ada masalah lagi, bengkel resmi akan melakukan pengecekan ulang. Tetapi, waktu garansi setiap kendaraan pastilah berbeda-beda dan tergantung kerusakan yang dialami.

Dan untuk garansi bengkel umum pastilah tidak ada, kecuali memang ada kesepakatan sebelum service kendaraan dilakukan. Satu lagi garansi yang paling mudah didapat di bengkel umum adalah jika sobat sudah berlangganan dengan bengkel tersebut.


Harga Service

Dan yang terakhir, perbedaan yang penting dan jarang diketahui sebagian pengendara adalah harga. Fikiran umum setiap pengendara adalah bengkel resmi lebih mahal daripada bengkel umum dan itu memang benar adanya.

Tetapi, mengapa harga servicenya bisa lebih mahal dari bengkel umum ? sebetulnya tarif umum setiap kendaraan yang diperbaiki bengkel resmi itu tergantung dari service kendaraan itu sendiri, kilometer dan jasa montir bengkel resmi. Dan memang yang membuat service bisa mahal adalah jasa montir.

Semakin rendah kilometer maka harga jasa bisa lebih murah dan sebaliknya semakin tinggi kilometer maka jasa montir bisa lebih mahal. Sedangkan untuk bengkel umum, harga jasa bisa lebih murah dari bengkel resmi dan biasanya kerusakan pada kendaraan bisa menjadi perhitungan harga service.

Dan jangan lupa sob, bengkel resmi akan selalu memberikan layanan nyaman dan Spare part yang pasti dijamin keasliannya. Tetapi, untuk zaman sekarang tak jarang pula bengkel umum yang menawarkan spare part asli dengan harga yang tidak jauh dari bengkel resmi.

Kesimpulannya, setiap pilihan pasti mempunyai resiko tersendiri. Dan balik lagi, mencegah itu lebih mudah dari memperbaiki sob.

Terima kasih sudah membaca sampai akhir sobat… sampai jumpa lagie….

Writer : Revina Martin.
idokeren
idokeren Menyukai dunia Otomotif, Bloger, Informasi yang bermanfaat dan terimakasih sudah mampir di blog ini