Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Apa Perbedaan Dari Facelift dan All New Dalam Dunia Otomotif ?

Idokeren.com – Untuk orang biasa mungkin hanya pernah mendengar istilah ini, tetapi untuk para pecinta otomotif pasti mengenal 2 istilah ini. Yap, facelift dan all new..

Keduanya istilah ini tentu memiliki perbedaan, tetapi tak jarang pula perbedaan dan pengertian dari keduanya tertukar. Nah, untuk kalian yang belum mengenal istilah facelift dan all new atau masih bingung dengan keduanya. Maka jawabannya ada di dalam artikel ini…

Apa Perbedaan Dari Facelift dan All New Dalam Dunia Otomotif ?


Apa itu Facelift dan All new ?

Secara sederhana facelift adalah sebuah kondisi dimana mobil dan motor yang mengubah, memperbarui dan penyegaran tampilan, desain serta kelengkapan secara minor.

Sedangkan istilah sederhana untuk All new adalah kodisi dimana mobil dan motor telah merubah tampilan, desain serta kelengkapannya menjadi benar-benar baru.

Apa perbedaan Facelift dan All new ?

cara membedakan facelift dan all new itu sangat mudah jika dilihat secara seksama, terutama bagi pecinta otomotif perubahan itu bisa sangat terlihat ketika mobil atau motor tersebut baru di keluarkan.

Pada mobil Facelift yang pasti sering terjadi adalah perubahan pada interior maupun eksterior, walaupun tidak semua pabrikan melakukan ini tetapi rata-rata ada sob.

1. Bentuk mobil sebelumnya tidak berubah dan bisa juga ada bentuk yang ditambah

2. interior dan eksterior diubah tampilannya sesuai konsep pabrikan tersebut

3. biasanya ada tampak desain baru dari fisik mobil seperti tail-light, headlight dan grille

4.waktu yang dibutuhkan sebuah pabrikan mobil bermacam-macam tergantung variannya

5. dan ingat mobil ini baru karena versinya dipebarui. Jadi bukan benar-benar model baru

Pada mobil All new, pasti kalian sudah bisa menebak bahwa istilah ini kebalikan dari facelift. Yap, bisa dibilang seperti itu bisa juga tidak. seperti :

1. interior dan eksinterior benar-benar baru

2. kelengkapan dari mobil all new sebuah pabrikan berbeda-beda tetapi umumnya mereka merubah semua bagian mobil sehingga mudah menarik perhatian

3. untuk jangka waktu balik lagi ke pabrikan tetapi biasanya mobil all new lebih lama keluarnya karena butuh persetujuan yang panjang dari mobil all new tersebut.

4. dan suatu mobil bisa dikatakan all new jika sasis diubah dari sebelumnya

Alasan dibuatnya Facelift dibandingkan All new ?

Alasan yang paling utama dari sebuah pabrikan lebih memilih facelift dibandingkan all new adalah karena waktu, biaya dan persaingan. Biaya dari sebuah pabrikan untuk mengeluarkan mobil all new adalah tidak sedikit karena butuh riset dan pengembangan dari berbagai hal. Oleh sebab itu waktu yang dibutuhkan untuk pabrikan mengeluarkan all new terbilang lama.

Persaingan, ini hal terkahr yang harus diriset setelah waktu dan biaya ada. Kemungkinan ada merk yang sudah menyiapka mobil all new mereka tetapi karna persaingan yang ketat mereka memilih menahan. Apalagi dimasa pandemic sekarang ini dan sudah muncul pula mobil versi hybrid yang menyita perhatian para pecinta otomotif dunia.

Sedangkan alasan sebaliknya mengeluarkan facelift adalah agar ada model-model baru yang segar untuk tampilan mobil atau motor tesebut. Dan perhitungan lainnya itu jika motor dengan desain lama masih menyita perhatian konsumen berarti mobil atau motor tersebut masih digemari. Maka terjadilah facelift dari model lama menjadi baru agar lebih segar.

Contoh mobil terkenal yang pernah memproduksi Facelift dan All new

Suzuki Ingnis

SUZUKI IGNIS

Pada kali Suzuki mengeluarkan versi facelift dari model Suzuki Ingnis sebelumnya. Di desain eksteriornya ini bumper depan bagian bawah diperbarui dengan dilapisi perak. Penyegaran dilakukan supaya body ignis tampak seperti SUV. Sedangkan untuk interiornya tidak banyak yang dirubah hanya SmartPlay Studio yang memiliki 7 inci dan aksen jok yang baru.

Toyota

toyota

Setelah facelift ada all new dari Toyota yaitu Camry dan Corolla. Kalau untuk mobil all new jangan ditanya lagi sob. Apalagi di tahun ini ada Camry 2021 XSE Hybrid . Dari segi interior dan eksterior perubahannya sangat signifikan.

Writer : Revina Martin 
idokeren
idokeren Menyukai dunia Otomotif, Bloger, Informasi yang bermanfaat dan terimakasih sudah mampir di blog ini