Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Cara Untuk Memperbaiki Modul Alarm Mobil

Idokeren.com – hai sobat semua... selamat datang di blog idokeren, blog yang membahas hal hal menarik seputar dunia otomotif. Pada kesempatan kali ini kita akan membahas bagaimana cara kita untuk memperbaiki modul alarm mobil.

Cara untuk Memperbaiki Modul Alarm Mobil

Perkembangan teknologi tidak dapat kita pungkiri lagi sangatlah cepat, yang mana juga hal ini mempengaruhi perkembangan dunia otomotif, Seperti halnya alarm pada mobil. Alarm pada mobil dulu diciptakan dengan kemampuan yang cukup sedikit. Namun, sekarang alarm mobil telah berkembang dengan kemampuan yang canggih.

Jika dulu alarm pada mobil berguna sebagai peringatan jika terjadi sesuatu hal buruk pada mobil seperti di bobol, posisi bergeser, atau kaca mobil pecah. Namun sekarang mobil telah dilengkapi dengan kemampuan pendanda lokasi, smart key untuk pintu dan jendela mobil, dan juga dapat memajukan mundur mobil.

Karena pentingnya alarm ini, alat ini cukup meresahkan jika rusak atau terjadi suatu masalah. Oleh sebab itu, sobat harus mengetahui bagaimana cara untuk memperbaiki modul alarm ini. simak penjelasan lengkapnya berikut ini.


1. Memeriksa Kondisi Baterai Remote

Komponen yang perlu sobat periksa atau cek jika alarm mengalami masalah yaitu baterai. Sobat semua pasti tahu bahwa alat – alat elekronik memerlukan baterai sebagai sumber daya. Jadi, sebelum melakukan hal lain dulu, sebaiknya sobat memeriksa baterai, mungkin saja memang sudah waktunya untuk mengganti baterai dengan yang baru.

Cara untuk menggati baterainya pun terbilang cukup mudah atau bahkan tidak memerlukan keahlian khusus. pertama bukalah tutup bagian belakang remote alarm mobil dengan menggunakan obeng, kemudian keluarkan bateria lama yang sudah habis. Setelah itu masukan baterai baru yang memiliki daya dan ukuran yang sama dengan posisi yang benar.

2. Memeriksa Koneksi Remote Dengan Mobil

Hal selanjutnya yang perlu sobat perhatikan jika alarm mobil mengalami masalah yaitu dengan melakukan pemeriksaan pada koneksi antara remote dengan mobil sobat.

hal ini dikarenakan remote memanfaatkan gelombang radio untuk berkomunikasi dengan mobil, jadi jika terdapat hambatan antara keduanya, maka remote dan mobil tidak dapat terhubung. Sehingga apapun perintah yang sobat tekan pada remote, tetap tidak akan mendapat respon dari mobil.

3. Memeriksa Tombol Remote

Hal yang satu ini perlu sobat lakukan jika sobat tidak menemukan adanya masalah pada baterai remote. Untuk melakukan pemeriksaan pada tombol remote, sobat harus memeriksa setiap tombol pada remote secara menyeluruh.

Caranya cukup mudah yaitu dengan menekan semua tombol pada remote sekaligus melihat apakah ada respon dari mobil. jika sobat menekan salah satu dari tombol remote namun tidak ada perubahan yang terjadi pada mobil, atau bahkan jika sobat menekan tombol perintah, namun mobil merespon dengan tindakan berbeda. Maka dapat dikatakan bahwa tombol remote mengalami kerusakan.

Untuk mengatasi masalah ini, sobat dapat membuka remote untuk memeriksa apakah ada jalur kabel yang salah, dan juga apakah ada tombol yang kendor atau terlepas. Jika sobat menemukannya, cobalah untuk memperbaikinya dan coba lagi apakah sudah befungsi normal. Sebagai tambahan, penyebab alarm tidak berfungsi adalah jika adanya penghubung tombol yang mengalami kerusakan. Jika hal ini terjadi, tombol tidak akan berfungsi karena tidak ada arus yang terhubung.

Baiklah sobat... di atas adalah beberapa cara untuk memperbaiki modul alarm pada mobil. saya harap informasi diatas bermanfaat untuk sobat, dan sampai jumpa pada pembahasan menarik lainnya seputar dunia otmotif di idokeren – idokeren.com

Writer : Riski Rahmat H
idokeren
idokeren Menyukai dunia Otomotif, Bloger, Informasi yang bermanfaat dan terimakasih sudah mampir di blog ini