Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Ciri-Ciri Kompresor AC Mobil Telah Rusak / Bermasalah

Idokeren.com – hai sobat semua... selamat datang di blog idokeren. Pada kali ini kita akan membahas beberapa ciri jika kompresor AC mobil sedang dalam keadaan rusak, simak penjelasan lengkapnya berikut ini.

Sebelum membahas apa saja ciri – ciri kompresor AC yang sedang rusak, ada baiknya kita mengetahui apa itu kompresor AC. Kommpresor sendiri merupakan suatu komponen yang ada pada sistem pendinginan mobil.

Ciri-ciri Kompresor AC Mobil Telah Rusak

Tugasnya pun sangat penting yaitu sebagai alat yang menyerap hawa panas dari refrigerant, yang mana kemudian akan dilepaskan ke udara. Karena proses sepeti ini, sobat semua yang memiliki mobil dapat merasakan hawa dingin di dalam kabin mobil.

Tidak jauh berbeda dengan sekian banyaknya komponen mobil lainnya, kompresor juga tidak lepas dari masalah dan gangguan sehingga dapat rusak. Penyebab masalah umumnya karena faktor minimnya perawatan dari pemilik dan juga karena faktor masa pakai.

Untuk mengantisipasi masalah yang lebih parah pada kompresor AC, ada baiknya sobat mengetahui ciri – ciri awal jika AC akan mulai mengalami kerusakan. Jadi, berikut beberapa ciri kompresor AC mobil rusak yang dapat dengan mudah di identifikasi.

Ciri-Ciri Kompresor AC Mobil Telah Rusak / Bermasalah 

1. Terdengar Bunyi Kasar

Ciri yang mungkin dapat dengan mudah di identifikasi adalah terdengarnya bunyi kasar yang tidak enak didengar pada saat AC dinyalakan. Pada umunya bunyi ini disebabkan karena terdapat komponen yang telah mengalami keausan di dalam kompresor AC mobil. komponen ini tidak jauh - jauh dari piston atau bearing. Selain keausan, biasanya disebabkan karena oli kompresor yang kualitasnya menurun.

Namun perlu sobat ingat bahwa bunyi kasar ini tidak 100% karena kompresor AC mobil mengalami kerusakan, namun bisa juga karena komponen lain mobil yang menyebabkannya. Oleh karena itu, segera lakukan pemeriksaan di bengkel jika sobat mendengar bunyi kasar ini untuk memastikan penyebab pastinya.

2. Kesejukan AC Berkurang

Ciri lainnya yang dapat sobat gunakan sebagai indikator untuk memastikan kondisi AC adalah kesejukan AC mobil terasa berkurang. Hal ini tentu saja dapat terjadi karena, tidak mungkin AC dalam kodisi prima menghasilkan udara yang kurang sejuk.

Kinerja AC yang kurang baik tentu saja akan menghasilkan udara sejuk yang tidak maksimal, hal ini biasanya disebakan oleh hilangnya tekanan pada kompresor. Ciri ini dapat sobat rasakan pada saat telah menyalakan AC dalam keadaan cukup lama. Pada awalnya AC akan mengahsilkan udara sejuk speerti biasa, namun lama – kelamaan akan menurun seiring berjalannya waktu.

Jika kondisi ini dibiarkan tanpa melakukan perbaikan, AC akan kehilangan tekanan dan tidak dapat menghasilkan udara sejuk lagi.

3. Refrigerant Bocor

Ciri selanjutnya adalah terdapat kebocoran pada refigerator. Pada saat kompresor mengalami masalah, makan secara otomatis refrigerant tidak dapat tersalurkan dengan semestinya. Dan akibat dari hal ini adalah refigerant akan bocor, atau bahkan yang lebih parah keluar dari sistem pendingin mobil. jika hal ini dibiarkan tanpa perbaikan, refrigerant akan habis.

Refrigerant yang mengalami kebocoroan juga dapat membahayakan pengemudi dan penumpang mobil. hal ini karena uap dari refrigerant yang terhirup dapat menggangu sistem pernafasan pada manusia, dan bahkan dapat menyebabkan sesak nafas. Oleh sebab itu, sobat sangat disarankan untuk melakukan perawatan pada bengkel untuk menghindari masalah yang lebih serius.

Baiklah sobat semua, di atas adalah beberapa ciri yang dapat membantu sobat untuk mengidentifikasi kondisi dari kompresor AC mobil. saya harap informasi di atas bermanfaat untuk sobat semua, dan sampai jumpa pada pembahasan menarik lainnya. – idokeren.com

Writer : Riski Rahmat H
idokeren
idokeren Menyukai dunia Otomotif, Bloger, Informasi yang bermanfaat dan terimakasih sudah mampir di blog ini