Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Fungsi – Fungsi Double DIN Mobil

Idokeren.com – hai semua sobat setia, selamat datang di blog idokeren. Pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai Fungsi – Fungsi double DIN mobil.

Saya yakin sobat semua yang memiliki mobil pasti pernah merasa bosan atau mungkin merasa jenus saat mengendarai mobil. dan salah satu yang mungkin akan sobat lakukan pada saat itu adalah memutar lagu favorit. Dan yah, mobil memiliki komponen yang dapat memungkinkan kita untuk memutar lagu yaitu head uit.

Fungsi – Fungsi Double DIN Mobil

Head unit sendiri dapat sobat anggap sebagai alat multimedia pada mobil karena fungsinya yang cukup banyak seperti memutar musik, video, radio. Namun sobat perlu mengetahui bahwa head unit memiliki dua buah istilah yaitu single DIN dan double DIN. Sebelum mebahas perbedaan kedua istilah ini, ada baiknya mengetahui apa itu DIN.

DIN sendiri adalah singkatan dari Deutsches Institut fur Normung yang mana merupakan suatu standar ukuran untuk membuat head unit pada mobil. ukuran standar ini merupakan ukuran standar yang dapat digunakan pada berbagai macam jenis mobil karena merupakan ukuran dengan skala internasional.

Ukuran dari single DIN dengan double DIN tentu saja berbeda. Single DIN sendiri memiliki ukuran panjang 18mm dan lebar 50 mm. Sedangkan double DIN memiliki ukuran dengan panjang 180mm dan dengan lebar 100mm. Walaupun memiliki ukuran berbeda, kedua macam DIN ini tetap befungsi sebagai sistem audio dan entertainment.

Walaupun memiliki fungsi utama yaitu sebagai alat multimedia, double DIN tetap memiliki keunggulan yang lebih dibandingkan dengan single DIN. Single DIN sendiri memiliki keampuan yang cukup sedikit dan terbatas yaitu untuk memutar DVD atau disc.

Penasaran dengan fungsi dari double DIN mobil? simak penjelasan berikut ini...


Fungsi double DIN mobil

Karena double DIN merupakan vversi yang lebih baru dari single DIN, menawarkan fitur hiburan yang sangat berbeda dan lebih baik. Hal mendasar yang sangat berbeda adalah double DIN telah didukung dengan layar sentuh. Untuk lebih jelasnya, berikut beberapa fungsi dari double DIN mobil

1. Fitur Bluetooth

Salah satu dari beberapa fitur kelebihan head unit dengan tipe double DIN adalah fitur bluetooth. Dengan menggunakan fitur bluetooth ini, head unit dapat tehubung dengan smartphone pengemudi. sehingga file – file audio seperti musik yang terdapat pada smartphone pengemudi dapat diputar pada head unit. Dan bahkan, dengan fitur ini pengemudi dapat melakukan panggilan telepon melalui head unit.

2. Fitur Kontrol Steering Wheel

Fitur lainnya pada double DIN adalah kontrol steering wheel. Pengemudi akan sangat kerepotan jika melepaskan tangannya pada setir hanya karena ingin mengganti audio atau ingin melakukan sesuatu pada head unit.

Oleh karena itu, pada double DIN fitur ini hadir untuk mengatasi masalah itu. Fitur control dapat di-indtall secara terpisah pada kemudi. Sehingga dengan begitu jika pengemudi ingin melakukan atau mengganti sesuatu pada head unit, dapat melakukanya tanpa melepaskan tangannya pada setir kemudi.

3. Fitur layar

Fitur selanjutnya yang menjadi keunggulan dari double DIN mobil adalah fitur layar. Dengan fitur ini pengemudi dapat menonton tv atau video yang ada pada smartphone. Cara untuk melakukannya adalah dengan menyambungkan kedua perangkat dengan fitur mirroring. Setelah terhubung, video yang pengemudi putar pada smartphone akan dapat terlihat pada layar double DIN.

Baiklah sobat semua... di atas adalah beberapa fungsi dari double DIN pada mobil. saya harap informasi di atas bermanfaat untuk sobat semua. dan sampai jumpa pada pembahasan menarik lainnya. – idokeren.com

Writer : Riski Rahmat H
idokeren
idokeren Menyukai dunia Otomotif, Bloger, Informasi yang bermanfaat dan terimakasih sudah mampir di blog ini