Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Kekurangan dan Kelebihan Ban Dual Purpose Yang Jarang Diperhatikan ?

Idokeren.com – Apa ada yang tau apa itu ban dual purpose ? yang biasa main-main ke bengkel pasti sangat hafal ban ini bahkan hanya melihatnya saja dia bisa tau. Jadi, ban dual purpose adalah ban yang mempunyai dua kegunaan seperti namanya sob. Kenapa mempunyai dua kegunaan ? Sebab ban ini mempunyai kedua desain ban yaitu ban on road dan ban off road.

Kekurangan dan Kelebihan Ban Dual Purpose Yang Jarang Diperhatikan ?

Memang terkadang ban ini lebih terlihat seperti ban off road tetapi ban dual purpose juga mempunyai sisi ban on road. Kenapa dikatakan seperti itu ? Jawabnnya ada di dalam artikel ini…

Kelebihan Ban Dual Purpose

1. Nyaman dalam setiap kondisi

Seperti yang sudah disebutkan diatas, bahwa ban ini mempunyai dua kegunaan. Maka dari itu mau jalanan berbatu, rusak bahkan berlumpur sekali pun ban ini bisa diandalkan. Jadi, sobat tidak perlu khawatir ban tumbles atau tidak nyaman ketika berkendara karena ban ini dijamin aman.

Tapi perlu diingat sobat, semua itu tidak lepas dari perawatan dan pengantian ban yang rutin dilakukan. Jika sobat lalai, maka bisa dipastikan masalah ban akan menerpa ketika berkendaraan dalam kondisi apapun.

2. Materialnya berkualitas

Walaupun material yang kualitas bisa ditakar menggunakan merk dan harga tetapi semua tergantung sobat semua. Karena Ban dual purpose merknya tidak sebanyak ban on road maka bisa dikatakan harganya lumayan. Dan untuk urusan awet atau tidak bisa dikatakan awet sebab ban ini tidak mudah aus.

Maka masalah seperti ban gundul dalam waktu singkat itu jarang terjadi apalagi ban bocor, tetapi balik lagi ke perawatan ban itu sendiri.

3. Cocok di tikungan

Selanjutnya selain cocok di jalanan yang rusak ternyata ban dual purpose ini cocok juga cocok di jalan tikungan. Karena mempunyai dua kegunaan jadilah kekuatan ban ini diklain cukup baik dan nyaman ketika digunakan.

Kekurangan Ban Dual Purpose

1. Tidak cocok pada motor Sport

Walaupun mempunyai keunggulan ban on road bukan berari ban ini cocok untuk motor sport. Sebabnya sangat jelas terlihat sob, karena manuver kecepatan motor sport itu sangat tinggi jika dibandingkan dengan motor biasa.

Kalau sudah seperti ini, maka ban jadi kurang optimal ketika digunakan. Dan yang lebih masuk akal itu, ban dual purpose ini mempunyai sisi ban off road jadi pasti ada sisi ban yang menonjol dan itu sangat tidak cocok pada motor sport apapun itu.

2. Perhatikan pattern dan compoudnya

Sebetulnya ini bisa dibilang kelebihan dan juga kekurangan secara bersamaan sob. Jadi harap dipertikan supaya kalian tidak gagal paham.

Jadi pattern dan compoud adalah desain yang terdapat pada ban dual purpose, ban on road dan ban off road. Karena ban dual purpose mempunyai dua kegunaan maka penting halnya pattern dan compoud ini perhatikan.

Ban dual purpose itu desain patternnya itu tidak jauh berbeda dari ban on road dan off road berarti statusnya desainnya di tengah-tengah. Dan yang perlu diperhatikan adalah jika pattern besar maka biasanya ban akan terasa licin ketika dipakai on road karena compoud cengkramannya berbeda.

Oleh sebab itu pakai compud yang mempunyai cengkraman normal ketika on road dan off road. Dan satu lagi ketika pattern itu sangat terlihat jaraknya dan kasar maka itu lebih cocok dipakai off road dan juga sebalinya.

Kesimpulannya jika semakin besar pattern maka cocoknya dipakai off roadnya lebih dan akan terdengar berisik ketika dipakai on road. Jadi perbandingan yang bisa kalian pakai ketika memakai ban dual purpose adalah 60% on road dan 40% off road. Tetapi balik lagi sob, kalian lebih sering di jalanan yang on road atau off road

Terima kasih sudah membaca sampai akhir dan maaf jika ada kesalahan dalam penulisan sebab itu tidak sengaja. Sampai jumpa lagi…

Writer : Revina Martin
idokeren
idokeren Menyukai dunia Otomotif, Bloger, Informasi yang bermanfaat dan terimakasih sudah mampir di blog ini