Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Tips Aman Berkendara Dengan Motor Gede, Yang Jarang Diketahui

Idokeren.com – Siapa tak mengenal moge alias motor gede ? dengan kapasitas mesin yang besar dan tampilan menariknya membuat motor gede ini banyak disukai, terutama untuk kaum pria. Walaupun dari segi harga dan tampilan motor sangat berbeda dengan kendaraan roda dua lainnya. Tetapi tak menyurutkan para pecinta moge berhenti membeli dan mengoleksinya. Bahkan ada beberapa wanita yang menyukai motor tipe ini, walaupun belum terlalu lihai dalam mengendarainya.

Tips Aman Berkendara Dengan Motor Gede, Yang Jarang Diketahui

Sebenarnya, cara mengendarai moge tidaklah jauh berbeda dari jenis motor pada umumnya dan bahkan bisa dikatakan sama. Hanya saja, moge ini mempunyai tenaga dan bodi motor yang besar, maka disinilah perbedaan.

Nah, dalam artikel ini kita tidak hanya membahas tips aman berkendara dengan motor gede saja sob. Tetapi, bagaimana mesin moge itu bekerja ? tempat seperti apa yang harus dihindari ketika mengendarai motor gede ? dan lainnya.

Semuanya akan dibahas dalam artikel hari ini. Karena artikel ini ditujukan untuk keselamatan berkendara, maka sobat semua sangat disarankan untuk membaca artikel ini sampai akhir :D

1. Survei Jalanan

Memang tips ini terdengar biasa saja, tetapi survei jalanan berfungsi untuk keselamatan kalian saat berkendara. Terlebih lagi, motor gede ini tidak seperti motor lainnya yang mudah dikendalikan di jalanan yang cukup padat.

Jadi, hindarilah jalan yang sekiranya akan terjadi macet dan hindari traveling dengan moge dihari libur atau tanggal merah. Karena bisa dipastikan kalian akan sulit mengendalikan motor, tak terkecuali untuk sobat yang hobi traveling dengan motor gede pasti akan merasakan sakit terutama di bagian paha.

2. Perhatikan Tarikan Gas Pada Motor

Setelah survei tempat, maka langkah selanjutnya yaitu perhatikan tarikan gas pada motor. mengapa ? karena kapasitas mesin motor yang besar maka cara kerja, tenaga dan tarikan motor akan lebih besar dibandingkan motor tipe lain.

Melaju dengan kecepatan tinggi sangat tidak dianjurkan walaupun jalanan terlihat sepi. Aturlah tarikan gas dengan perlahan karena setiap moge itu mempunyai karakteristik yang berbeda-beda. Maka, kenalilah moge kalian secara perlahan-lahan dan kendalikanlah motor seperlunya.

3. Keseimbangan Tubuh

Selanjutnya ada keseimbangan tubuh, ini perlu diperhatikan terutama bagi sobat yang mempunyai postur tubuh mungil tetapi ingin membawa moge. Karena umumnya beberapa bodi motor gede cukup besar dibagian tangki, maka mengharuskan pengendaranya untuk duduk dengan paha yang cukup lebar.

Dan inilah kesulitannya, keseimbangan tubuh sering kali sulit untuk menopang motor. Solusi yang bisa sobat lakukan adalah pilih sepatu yang mempunyai sol yang cukup tinggi hingga kalian merasa cukup untuk mengendalikan motor.

Kedua, pastikan kondisi tubuh kalian sedang sehat dan cukup kuat ketika motor melaju dijalanan yang tak terduga seperti macet. Ketiga, jika dirasa sulit menaiki motor ada baiknya gunakan standar samping ketika berhenti atau saat ingin mengendarainya.

4. Penggunaan Rem Pada Motor

Sebab, cara kerja dari motor gede yang gampang-gampang susah karena mesin dan bodinya yang cukup besar. Maka, antisipasinya adalah penggunaan rem pada motor ini tips yang perlu diperhatikan.

Dipembahasan diatas sudah dijelaskan bahwa kalian harus mengetahui karakteristik motor gede masing-masing. Rem berfungsi untuk menahan laju motor ketika akan berhenti, jadi kethuilah tuas rem apa yang digunakan oleh motor kalian. Sehingga sobat bisa mengendalikan rem disaat yang tepat.

5. Hati-Hati Mengendarai Motor Besar

Setelah kalian mengetahui bagaimana, apa, siapa, dimana dan kapan waktu yang tepat untuk mengendari motor gede kalian. Maka tips, yang peting dan urgent adalah hati-hati. Dimanapun dan kapapun keselamatan itu nomer satu sob, untuk pengendara, penumpang dan pengguna jalan lainnya.

Selalu sedia semua perlengkapan penunjang keselamtan seperti helm, jaket, sarung tangan, sepatu savety, pastikan selalu motor dan kalian dalam keadaan sehat sob.

Kesimpulannya, jalani tips yang telah dibahas diatas. Entah kalian yang sudah terbiasa atau pemula dalam mengendarai motor, tips ini sangat cocok untuk kalian semua. Jangan pernah menyalahkan orang lain, jika kalian yang lalai dalam berkendara dan tegaslah kalian kepada mereka yang salah.

Terima kasih sudah membaca sampai akhir artikel sob.. semoga bermanfaat tipsnya dan sampai jumpa lagiee…

Writer : Revina Martin
idokeren
idokeren Menyukai dunia Otomotif, Bloger, Informasi yang bermanfaat dan terimakasih sudah mampir di blog ini