Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Macam-Macam Speedometer Pada Motor dan Apa saja Penyebab Umum Kerusakannya ?

Idokeren.com – Speedometer adalah salah satu komponen motor yang tidak berpengaruh pada kinerja motor. Jadi, bisa dikatakan ketika speedometer motor sobat mati atau rusak maka motor akan tetap berjalan dan berfungsi seperti biasanya.

Sebab fungsi utama dari speedometer adalah sebagai fitur keselamatan bagi pengendara. Dengan adanya speedometer pengendara bisa mengendalikan dan membatasi kecepatan kendaraan di jalanan.

Tetapi tidak sampai disitu saja sob, sebab speedometer erat hubungannya dengan keselamatan maka teknologinya pun mengalami perkembangan dari waktu ke waktu. Bahkan ada yang sudah menggunakan terknologi terbaru.

Berikut pembahasan Jenis- Jenis Speedometer Pada Motor:


1. Speedometer mekanis

Macam-Macam Speedometer Pada Motor dan Apa saja Penyebab Umum Kerusakannya ?

Nama lain dari speedometer ini adalah speedometer tradisional karena cara kerjanya yang sederhana. Intinya roda depan akan dihubungkan dengan speedometer menggunakan kabel khusus. Dan kabel ini sangat fleksibel dan akan memiliki keceptan putaran yang sama dengan roda depan. Setelah itu ada bagian belakang speedometer, kesebuah magnet permanen yang dibungkus oleh speed cup. Barulah magnet tersebut akan menggerakkan jarum penunjuk.

2. Speedometer digital / elektronik

Untuk jenis speedometer digital sebetulnya dibagi menjadi 2 tipe yaitu gearbox dan pulser. Cara kerja keduanya cukup berbeda, jika speedometer tipe gearbox sistem kerjanya hampir mirip dengan speedometer analog/mekanik hanya penyajiannya saja yang berbeda yaitu menggunakan panel digital.

Speedometer digital / elektronik

Sednagkan tipe pulser menggunakan magnetic karena untuk mengirimkan sinyal pulser ke speedometer.


3. Speedometer GPS

Speedometer GPS

Dan yang terkahir ada speedometer yang cukup high class karena tipenya yang tergolong ringkas dan mahal. Jadi, speedometer GPS ini hanya ada di motor-motor high end saja sob.

Sistem kerjanya/ kecepatannya diukur berdasarkan perubahan koordinat kendaraan dalam waktu tertentu. Data ini didapat dari satelit. Dan biasanya speedometer GPS ini bisa di akses lewat HP menggunakan aplikasi

Dan dari 3 macam jenis speedometer, yang paling populer terutama familiar di Indonesia adalah sistem kerja speedometer mekanis dan digital.

Penyebab Umum Kerusakan Speedometer pada Motor


Karena berbeda jenis maka kerusakan yang terjadi secara umum pun berbeda-beda sob. Maka dapat disimpulkan sebagai berikut :


Kabel speedometer Rusak

Masalah yang palin umum terjadi pada speedometer adalah masalah kabel putus. Entah kabel yang berisi kawat untuk speedometer mekanik dan kabel listrik yang terhubung ke roda belakang untuk speedometer digital.

Rusaknya speedometer pada motor bisa terjadi karena :

- Kabel tertekuk atau bisa saja tertarik sehingga roda tidak bisa mendeteksi putaran roda depan ataupun belakang.

- Untuk kabel speedometer yang tebuat dari baja bisa saja berkarat karena seringnya terkena air. Terkenanya kabel oleh air bisa terjadi saat kalian mencuci motor terlalu seringa tau saat motor melewati genangan air di jalan.

- Kesalahan saat membawa motor karena kabel speedometer putus karena jalanan rusak dan kalian terus memacunya dengan sembarangan.

- Kabel sudah usang atau tua. Kabel yang tua bisa saja rusak dan aus sehingga tidak berfungsi dengan maksimal.


Rusaknya Gearbox motor

Kalau untuk speedometer digital mungkin ada yang memakai gearbox di roda depannya ada yang tidak. Tetapi kalau speedometer mekanik pasti ada gearbox di roda depannya karena akan berfungsi untuk menyalurkan putaran roda ke speedometer, dan ini bukan gearbox transmisi yaa sob. Rusaknya gearbox pada motor bisa terjasi karena:

- Pecah atau kurang pas nya gearbox ketika dipasang.

- Atau juga bisa rusak ketika gigi di dalam sudah aus, jika seperti ini gearboxnya harus diganti.

Speedometer Pecah

Pecahnya speedometer disini terjadi bukan Cuma pecahnya kaca tetapi bagian dalamnya juga pecah termasuk speed cup. Dan bisa juga jarum pada speedometer stuck atau macet.

Nah itulah pembahasn macam macam spedometer  sampe jumpa lagi di informasi berikutnya sob stay tune at idokeren.com
idokeren
idokeren Menyukai dunia Otomotif, Bloger, Informasi yang bermanfaat dan terimakasih sudah mampir di blog ini