Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Mengenal Lebih Jauh Tentang Kunci Inggris

Idokeren.com – hai sobat keren salam otomotif semuanya, semoga kalian semua dalam keadaan sehat selalu mengingat wabah corona saat ini. Topik pembahasan kita kali ini adalah tentang apa itu kunci inggris, fungsi dari kunci inggris, serta cara penggunaan kunci inggris yang tepat.

Kunci inggris merupakan salah satu tools yang sangatlah penting bagi seorang montir bengkel. Kegunaannya yaitu untuk membongkar ataupun memasang baut dan mur pada kendaraan. Pada umumnya, montir menggunakan alat yang satu ini untuk membongkar kendaraan dan memeriksa komponen di dalamnya.

Mengenal Lebih Jauh Tentang Kunci Inggris

Karena alat ini sangat penting dan sangat berguna, maka dari itu kita akan membahasnya lebih dalam. Simak penjelasan lebih lengkapnya berikut ini.

Mengenal Lebih Jauh Tentang Kunci Inggris 

1. Apa itu kunci inggris

Kunci inggris atau dikenal dengan nama lain adjustable spanner atau adjustable wrench merupakan perkakas otomotif yang ditemukan oleh insinyur Inggris bernama Richard Clyburn pada tahun 1842.

Perlu sobat ketahui bahwa dibeberapa negara eropa, adjustable spanner dipanggil dengan nama “english key”. Maka dari itu, tak heran bila kunci ini diterjemahkan menjadi “kunci inggris” dalam bahasa indonesia.

Bagian utama dari kunci ini adalah rahang diam, lengah, serta penyetel rahang ulir yang dapat digeser.


2. Fungsi kunci inggris

Fungsi dari kunci inggris sebenarnya sangatlah sederhana. Fungsinya adalah untuk mencengkram atau melepaskan baut jika tidak terdapat kunci ring atau kunci pas yang sesuai dengan kepala baut. Oleh karena itu, kunci ini dapat menjadi perkakas alternatif jika kedua kunci tersebut tidak sesuai.

Karena kunci inggris mempunyai rahang ulir yang dapat digeser, ini membuat kunci ini dapat menyesuaikan ukuran mengikuti kepala baut.

Namun dibalik itu semua, sobat perlu ingat bahwa kunci ini tidak cocok digunakan untuk beban berat. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya bahwa kunci ini terlalu fleksibel sesui dengan ukuran benda. Selain itu, daya pengunciannya-pun cenderung kurang aman jika diterapkan pada pekerjaan berat.

3. Cara menggunakan kunci inggris dengan tepat

Karena kunci inggris fungsi utamanya bukan sebagai kunci khusus yang digunakan untuk melepas atau mengencangkan baut, maka kunci ini harus digunakan dengan hati – hati dan tepat. Jika sobat menggunakan kunci ini dengan sembarangan dan asal – asalan, maka kesalahan mungkin dapat terjadi. Misalnya saja baut dapat menjadi slek atau dol, kunci inggris rusak atau patah, bahkan mungkin juga risiko kecelkaaan kerja akibat kunci tergelincir.

Maka dari itu, untuk menghindari hal ini terjadi, simak penjelasan tentang cara tepat menggunakan kunci inggris berikut ini :

1. atur supaya rahang kunci sesuai dengan ukuran dari kepala baut yang ingin dioperasikan. Setelah itu, geser rahang kembali untuk menutup rahang kunci inggris. Dan geser ke arah kana jika ingin membuka rahang kunci.

2. selalu pastikan bahwa rahang kunci sejajar dan menutup rapat semua sisi kepaa baut yang akan dioperasikan. Sebisa mungkin untuk tidak memasang rahang kunci pada bagian sudut kepala baut.

3. hal lain yang perlu sobat ingat adalah memastikan rahang kunci selalu berada pada posisi atas dan berlawanan arah dengan arah tarikan pegangan kunci.

4. hindari menarik kunci inggris dengan posisi rahang tetap berada pada bagian bawah kepala baut, karena hal ini dapat menyebabkan kerusakan serta kecelakaan kerja.

5. gerakan pegangan kunci untuk membuka atau mengencangkan kepala baut.

Baiklah sobat semua, sekian pembahasan kita kali ini mengenai kunci inggris. Sampai jumpa pada artikel menarik selanjutnya. – idokeren.com

idokeren
idokeren Menyukai dunia Otomotif, Bloger, Informasi yang bermanfaat dan terimakasih sudah mampir di blog ini