Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Meningkatkan Performa Motor Injeksi Lakukan Perawatan 5 Komponen ini

idokeren.com - Saat ini hampir semua pengendara sepeda motor yang dijual di negeri ini  menggunakan teknologi injection yang lebih sempurna pengabuatanya di bandingkan  teknologi karburator. Teknologi sistem pembakaran Fi  membuat mesin lebih efisien dan bertenaga. Namun ini tidak berarti bahwa mesin injeksi tidak akan rusak.

Semua motor injeksi dapat menagalami kerusakan. Ada banyak faktor yang mempengaruhinya. Salah satunya karena perawatan komponen mesin injeksi yang tidak tepat. Komponen mesin injeksi berbeda dan semuanya membutuhkan perawatan yang konstan.

Meningkatkan Performa Motor Injeksi Lakukan Perawatan 5 Komponen ini



Komponen-komponen mesin Motor FI tidak akan mencapai kondisi optimalnya jika ada cacat atau kurang perawatan. Hal ini akan menurunkan performa melemahkan tenaga mesin injeksi dan membuat berkendara menjadi tidak nyaman.

Mesin injection harus selalu dilakukan perawatan rutin agar berada dalam kondisi terbaik. Ada begitu banyak yang harus dilakukan. Yang paling umum adalah penggantian oli rutin dan perawatan rutin.

Meningkatkan Performa Motor Injeksi 

Perawatan yang wajib dilakukan bukan hanya sekedar service tetapi ada beberapa komponen yang perlu diperhatikan. Di bawah:


1. Perawatan Fuel Pump dan Filter

Komponen lain yang perlu dipertimbangkan adalah pompa bahan bakar dan filter. Keduanya harus dibersihkan secara teratur untuk menghilangkan partikel asing yang dapat membuat mampaet dan mengurangi efisiensi mesin injeksi.

Kotoran yang tersaring dari pompa bahan bakar dan filter dapat mempengaruhi efisiensi bahan bakar. Dengan demikian kedua komponen ini sangat mempengaruhi kinerja motor injeksi.


2. Perawatan Injector dan Throttle Body

Perbedaan antara teknologi injection dan karburator adalah pada sistem pengabutan bahan bakar . Selain itu motor injeksi dilengkapi dengan throttle body yang sangat mempengaruhi performa motor dalam kecepatan tinggi dan akselarasi kenapa bisa begitu ?

Begini sob saat kita menggunakan carburator kadang pengabutan tidak stabil berbeda dengan sistem injection yang dapat menjaga kestabilan pengabutan bahan bahan bakar sesuia yagn di butuhkan mesin.

Kedua komponen ini harus dipelihara setiap saat untuk mempertahankan kinerja terbaik. Ada juga perawatan tambahan yang digunakan untuk membersihkan kotoran yang ada pada nodle jet atau jarum carburator agar tidak mampet .

3.Perawatan Aki

Komponen selanjutnya adalah baterai. Karena baterai merupakan sumber tenaga bagi ECU dan sensor throttle. Selain itu baterai digunakan untuk menyalakan komponen lain seperti starter lampu dan klakson.

Pastikan aki masih dalam kondisi baik untuk memberikan daya penuh ke seluruh komponen kelistrikan motor injeksi. Jika jatuh Drop sarankan Anda menggantinya dengan yang baru.

4. Perawatan Tangki Bahan Bakar

Kami merekomendasikan mengosongkan lalu membersihkan tangki bahan bakar agar mesin tetap berjalan lancar. Hal ini untuk mencegah kotoran debu dan bahkan air bercampur dengan bahan bakar.

Tangki bahan bakar yang kotor mengurangi efisiensi bahan bakar yang digunakan untuk mengurangi tenaga mesin. Dan jangan lupa untuk menggunakan bahan bakar berkualitas tinggi yang memenuhi standar mesin.

5. Perawatan Filter Udara

Filter udara harus dibersihkan secara berkala agar semua bagian mesin berfungsi penuh dan sirkulasi udara lancar. Jika filter udara kotor ada bahaya sensor pada throttle body tertutup kotoran dan membuat eror sensor tersebut.

ok sob Ada 5 komponen yang bisa sangat mempengaruhi performa motor injeksi seperti yang sudah mimin terangkan. Untuk perawatan umum silakan kunjungi pusat layanan resmi atau bengkel sepeda motor yang berpengalaman. 

idokeren percaya jika sepeda motor dirawat secara teratur akan jauh lebih nyaman dikendarai yang dapat mencegah motor mengalami kerusakan yagn parah. Nah kali ini cukup sekian informasinya. Semoga bermanfaat bagi semua pengendara. Anda mungkin bisa menjadi referensi buat sobat biker semua salam otomotif idokeren.com.
idokeren
idokeren Menyukai dunia Otomotif, Bloger, Informasi yang bermanfaat dan terimakasih sudah mampir di blog ini