Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Penyebab Klaim Asuransi Mobil Di Tolak

idokeren.com - Penyebab Klaim Asuransi Mobil Di Tolak, Asuransi kendaraan sangat berguna untuk mengurangi beban pengeluaran untuk kejadian yang tidak menyenangkan dengan mobil kesayangan Anda. Meski proses klaimnya tidak rumit, pihak pemegang polis asuransi perlu memahami asuransi apa yang mereka ikuti.

Penyebab Klaim Asuransi Mobil Di Tolak

Semua informasi asuransi mobil yang diperlukan untuk mengetahui rincian asuransi tercantum pada polis asuransi. Peserta harus memperhatikan jenis asuransi yang diikutinya, syarat dan ketentuan yang dipersyaratkan, serta berbagai hal yang dapat membatalkan asuransi.

Namun, masih banyak pihak pemegang asuransi mobil  yang tidak terlalu memperhatikan polis asuransinya dan akhirnya klaim asuransinya ditolak.  alasan penolakan asuransi kendaraan yang biasanya muncul oleh pemegang polis, antara lain:

Dokumen Gugatan / Klaim Asuransi Tidak Lengkap

Jika Anda ingin mengajukan gugatan asuransi mobil, Anda perlu memeriksa kembali dokumentasi yang diperlukan. Pastikan kelengkapan dokumen, mulai dari fotokopi polis asuransi, fotokopi SIM, fotokopi STNK, dan tentunya formulir klaim asuransi.

Surat keterangan dari polisi diperlukan jika ada kerusakan serius, termasuk kejahatan. Selain itu, foto juga menjadi bukti saat ingin mengklaim asuransi mobil.

Polis Tidak Aktif (Kedaluwarsa)

Polis asuransi mobil bisa tidak aktif karena beberapa kondisi. Kondisi tidak aktif ini juga dikenal sebagai lapse. Salah satu alasannya, misalnya, adalah pembayaran premi asuransi jatuh tempo, karena sudah habis masa tenggangnya.  maka perusahaan asuransi mobil  tentu belum siap membayar klaim asuransi.


Klaim Diajukan Setelah Batas Waktu

Kesalahan lain yang dapat dengan mudah membuat klaim asuransi mobil Anda ditolak adalah tidak segera melaporkan kerusakan/kerugian ke perusahaan asuransi Anda. Asuransi selalu memberikan jangka waktu tertentu dalam proses klaim.

Apabila pengajuan setelah batas waktu klaim dapat ditolak. Klaim asuransi mobil perlu segera ditangani karena deadlinenya pendek, hanya 3 x 24 jam.

Tidak Ada Aksesori Tambahan Yang Dilaporkan

Setiap penambahan atau perubahan pada mobil harus dilaporkan ke perusahaan asuransi mobil.

Pastikan perubahan diperbolehkan NSA (aksesoris non-standar) akan dikenakan tarif yang sama dengan biaya mobil akan dikalikan dengan nilai NSA untuk mendapatkan nilai premi yang harus di bayarkan .

Sopir Melanggar Hukum

Alasan lain penolakan klaim asuransi mobil adalah ketika pemegang polis melakukan perbuatan melawan hukum. Misalnya, jika ia memiliki asuransi yang komprehensif, mobilnya jatuh karena kecerobohan mengemudi atau pelanggaran lalu lintas, ia tidak dapat mengajukan gugatan.

Hal yang sama berlaku jika pemegang polis tidak memiliki SIM saat mengemudi, Mobil diparkir di mana saja, mabuk.

Wilayah Area Yang Tidak Termasuk Dalam Kontrak

Polis asuransi mobil dapat mencakup klausul tentang area dalam kontrak. Klaim diajukan hanya jika insiden terjadi di daerah tertentu.

Jika seseorang mengasuransikan mobilnya di Indonesia, polis menyatakan bahwa klaim hanya dapat diajukan jika dia mengalami kecelakaan di Indonesia, yang berarti klaim asuransi mobil akan ditolak jika dia mengalami kecelakaan di luar negeri.


Kerusakan Yang Disengaja

Kerusakan mobil yang disebabkan oleh kerusakan yang disengaja oleh pemegang asuransi mobil. Misalnya, k sengaja menabrakkan mobilnya ke mobil lain, menabrak mobilnya sehingga mogok, atau tidak sengaja menerobos banjir yang bisa menyebabkan mobilnya mogok karena mesin water hammer. Dengan demikian, jelas bahwa ini tidak dapat diklaim.

Kerusakan Terjadi Sebelum Mobil Diasuransikan

Saat tertanggung mengajukan klaim asuransi mobil, perusahaan asuransi akan melakukan survey foto sebagai bukti. Namun, jika mobil itu rusak sebelum diasuransikan, yakin gugatan itu akan dibatalkan atau tidak ditangguhkan oleh perusahaan.

Nah itulah info kita kali ini sobat keren pecinta otomotif yaitu Penyebab Klaim Asuransi Mobil Di Tolak semoga dengan membaca artikel ini asuransi anda tidak akan di tolak  karena sudah tau hal hal yang dapat membuat asuransi mobil anda tidak bisa di klaim terimakasih semoga bermanfaat  idokeren.com
idokeren
idokeren Menyukai dunia Otomotif, Bloger, Informasi yang bermanfaat dan terimakasih sudah mampir di blog ini