Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Manfaat Jengkol Utk Kesehatan Penikmat Harus Baca ini

idokeren.com - Manfaat jengkol utk kesehatan, asal usul buah jengkol, Buah jengkol (Archidendron jiringa) berasal dari wilayah tropis di Asia Tenggara, termasuk Indonesia, Malaysia, dan Filipina. Buah ini tumbuh di pohon jengkol yang tingginya bisa mencapai 20-30 meter. Buah jengkol dapat dikonsumsi setelah masak dan memiliki rasa yang unik dan khas.

Manfaat Jengkol Utk Kesehatan Penikmat Harus Baca ini

Jengkol telah lama dikenal dan diolah oleh masyarakat di wilayah asalnya sebagai bahan pangan, terutama sebagai sumber protein. Buah jengkol juga digunakan dalam tradisi medis di beberapa negara Asia Tenggara karena dipercaya dapat menyembuhkan berbagai masalah kesehatan. Oleh karena itu, jengkol telah menjadi salah satu produk penting dalam industri pertanian di wilayah asalnya.

Manfaat Jengkol Utk Kesehatan

Jengkol merupakan sumber protein, serat, lemak, vitamin B1, B2, B3, B5, B6, B9, C, E, kalsium, fosfor, zat besi, kalium, magnesium, seng, dan mangan. Beberapa manfaat jengkol untuk kesehatan yaitu :

  1. Mencegah anemia karena kandungan zat besi yang tinggi
  2. Meningkatkan sistem imun karena kandungan vitamin C
  3. Membantu menurunkan kadar kolesterol darah
  4. Melancarkan sistem pencernaan karena kandungan serat yang tinggi
  5. Mencegah osteoporosis karena kandungan kalsium yang tinggi
  6. Membantu mengurangi tekanan darah tinggi
  7. Membantu menurunkan berat badan karena kandungan protein yang tinggi dan serat yang tinggi
Namun, perlu diingat bahwa jengkol juga mengandung purin yang dapat menyebabkan masalah pada ginjal jika dikonsumsi dalam jumlah berlebihan. Sebaiknya konsumsi jengkol dalam jumlah yang moderat saja.


Cara Menghilangkan Bau Jengkol

Beberapa cara untuk menghilangkan bau jengkol yaitu:

  • Memasak jengkol dengan bumbu seperti bawang merah, bawang putih, dan rempah-rempah lainnya sebelum digoreng atau diolah menjadi masakan.
  • Memasak jengkol dengan air garam sebelum digoreng atau diolah menjadi masakan.
  • Membuang bagian dalam jengkol yang berbau kuat sebelum digoreng atau diolah menjadi masakan.
  • Menyimpan jengkol yang sudah digoreng atau diolah menjadi masakan dalam wadah yang tertutup dengan baik untuk mencegah bau jengkol menyebar ke lingkungan.

Setelah mengolah jengkol, membersihkan peralatan masak yang digunakan dengan sabun dan air panas untuk menghilangkan bau jengkol yang melekat.

Perlu diingat bahwa bau jengkol dapat bervariasi sesuai dengan kualitas buah jengkol yang digunakan, sehingga beberapa cara di atas mungkin tidak selalu efektif dalam menghilangkan bau jengkol.

Apakah Buah Jengkol Bikin Keracunan

Buah jengkol dapat menyebabkan keracunan jika dikonsumsi dalam jumlah berlebihan atau jika digunakan dalam masakan yang tidak sesuai dengan cara pengolahannya yang benar. Jengkol mengandung zat yang disebut asam jengkolat, yang dapat menyebabkan masalah pada ginjal jika dikonsumsi dalam jumlah yang berlebihan.

Beberapa gejala keracunan yang mungkin terjadi setelah dikonsumsi jengkol yaitu : sakit kepala, mual, muntah, diare, sakit perut, sakit ginjal, dan pembengkakan pada bagian tubuh yang terkena.

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, sebaiknya mengkonsumsi jengkol dalam jumlah moderat dan diolah dengan cara yang benar. Jika Anda merasa tidak nyaman setelah mengonsumsi jengkol, segera periksakan diri ke dokter untuk mendapatkan perawatan yang tepat.
idokeren
idokeren Menyukai dunia Otomotif, Bloger, Informasi yang bermanfaat dan terimakasih sudah mampir di blog ini