Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Obeng terdiri Dari Tiga Bagian Penting Yaitu ?

idokeren.com - Asal usul obeng sebagai alat mekanik yang digunakan untuk memutar baut dan mur dapat di traced back ke zaman Yunani kuno. Dalam mitologi Yunani, seorang dewa yang bernama Talos digambarkan sebagai robot yang dibuat dari logam yang digunakan untuk melindungi pulau Kreta dari serangan musuh. Talos dipercayai di kendalikan dengan menggunakan suatu jenis alat yang digunakan untuk memutar sebuah baut yang berada di dalam tubuhnya. Namun, obeng sebagai alat seperti yang digunakan saat ini tidak dapat dibuktikan telah ditemukan pada zaman Yunani kuno.

Obeng terdiri Dari Tiga Bagian Penting Yaitu ?

Namun, sejarah modern dari obeng dipercayai dimulai pada abad ke-18. Pada saat itu, baut digunakan secara luas dalam pembuatan kapal dan mesin, tetapi tidak ada alat yang tersedia untuk memasukkan atau mengeluarkan baut-baut tersebut dengan mudah. Pada tahun 1744, Isaac Newton mengembangkan alat yang disebut "perakukan" yang digunakan untuk memutar baut, tetapi itu masih merupakan peralatan yang berat dan tidak praktis.

Pada tahun 1760-an, perakit Inggris, Josiah Wedgwood, mengembangkan sebuah alat yang disebut "turnscrew" yang lebih kecil dan lebih mudah digunakan. Ini adalah salah satu dari banyak perkembangan yang mengarah pada obeng seperti yang kita kenal hari ini. Pada tahun 1843, perusahaan Amerika menyederhanakan konsep obeng yang disebut "Philips Screwdriver" yang menjadi populer di seluruh dunia, sehingga membantu menyederhanakan proses perakitan dan perbaikan banyak produk.

Obeng adalah alat mekanik yang digunakan untuk memutar baut dan mur. Obeng memiliki ujung yang diformat sedemikian rupa sehingga dapat digunakan untuk memutar baut dengan tepat. Terdapat beberapa jenis obeng, seperti obeng Phillips, obeng Flathead, dan obeng torx, yang digunakan untuk mengatasi berbagai jenis baut dan mur. Obeng juga dapat diukur dalam ukuran panjang dan diameter tombak, yang memungkinkan untuk digunakan pada berbagai ukuran baut dan mur. Obeng digunakan dalam berbagai aplikasi, seperti perbaikan rumah, perbaikan mobil, dan pembuatan peralatan.

Obeng terdiri Dari Tiga Bagian Penting Yaitu ?

Obeng (atau "screwdriver" dalam bahasa Inggris) biasanya terdiri dari tiga bagian penting:

  • Tombak (atau "shaft") adalah bagian yang digunakan untuk mengendalikan obeng. Tombak biasanya terbuat dari baja atau stainless steel dan dapat dilengkapi dengan tang atau tombol untuk memberikan lebih banyak kontrol saat digunakan.
  • Kemudi (atau "handle") adalah bagian yang digunakan untuk menyediakan dorongan saat menggunakan obeng. Kemudi biasanya terbuat dari plastik atau kayu dan dilengkapi dengan bentuk yang dirancang untuk digenggam dengan nyaman.
  • Ujung (atau "tip") adalah bagian yang digunakan untuk memasukkan obeng ke dalam lubang baut. Ujung obeng dapat berbeda-beda, tergantung pada jenis baut yang digunakan. Obeng Phillips dan flathead adalah contoh dari jenis ujung obeng yang paling umum digunakan.
Pengetahuan obeng ini semoga membawa manfaat bagi kalian yang sering membaca disini nantikan terus udpate kami ya sobat keren dukung terus blog ini agar memberikan informasi yang bermanfaat dan berguna bagi kita semua amin - idokeren.com 
idokeren
idokeren Menyukai dunia Otomotif, Bloger, Informasi yang bermanfaat dan terimakasih sudah mampir di blog ini