Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Overlapping Pada Kerja Katup Adalah Ini Penjelasanya

Idokeren.com - Katup pada mesin bensin internal combustion berfungsi sebagai kontrol aliran bahan bakar dan udara masuk ke silinder serta aliran gas buang dari silinder.

Katup masuk (inlet valve) digunakan untuk memungkinkan bahan bakar dan udara masuk ke dalam silinder. Sementara itu, katup buang (exhaust valve) digunakan untuk mengeluarkan gas buang yang dihasilkan dari proses pembakaran.

overllaping kelp pada mesin


Kedua katup tersebut dikontrol oleh camshaft yang digerakkan oleh putaran crankshaft dan mengatur waktu bukaan dan tutup katup dengan tepat sesuai dengan putaran mesin, sehingga diperoleh performa yang optimal dari mesin.

Kontrol yang tepat dari katup juga berperan dalam mengatur kompresi bahan bakar dan udara yang masuk ke dalam silinder, sehingga dapat meningkatkan efisiensi bahan bakar dan mengurangi emisi gas buang.

Pengertian Overlapping Pada Kerja Katup Adalah

Overlapping pada kerja katup adalah kondisi di mana waktu bukaan dan waktu tutup katup masuk dan katup buang pada mesin bensin internal combustion berlangsung secara bersamaan. Dalam kondisi ini, katup masuk dan katup buang tidak benar-benar tertutup atau terbuka sepenuhnya pada saat yang sama, sehingga memungkinkan untuk ada aliran udara dan bahan bakar yang berpotongan atau tumpang tindih.

Kondisi ini dapat menyebabkan masalah efisiensi bahan bakar dan peningkatan emisi gas buang. Namun, Overlapping pada kerja katup juga dapat digunakan secara sengaja untuk meningkatkan performa mesin dengan cara memberikan aliran udara tambahan ke dalam silinder. Namun demikian, harus diperhitungkan juga akan dampaknya terhadap perawatan dan performa mesin jangka panjang.


Jenis Jenis Katup

Ada beberapa jenis katup yang digunakan pada mesin bensin internal combustion, diantaranya :

Katup mekanis:
Katup ini digerakkan oleh mekanisme katup yang terdiri dari camshaft, pushrod, dan rocker arm. Sistem ini sangat umum digunakan pada mesin konvensional.

Katup hidraulis: Katup ini digerakkan oleh hidrolik atau sistem pneumatic. Sistem ini digunakan karena dapat mengurangi beban kerja katup dan memperpanjang usia pakai katup.

Katup elektronik: Sistem ini menggunakan solenoid atau aktuator elektrik untuk mengontrol posisi katup. Sistem ini dapat menyediakan kontrol yang lebih presisi dan responsif dibandingkan dengan sistem mekanis atau hidraulis.

Katup variasi katup
: atau variabel valve timing, adalah katup yang dapat mengubah waktu bukaan dan tutup katup tergantung pada putaran mesin dan beban. Katup variasi katup sangat berguna dalam meningkatkan efisiensi bahan bakar dan performa mesin.

Katup variable lift : ini berfungsi sebagai katup yang dapat mengubah besar jarak lift katup sesuai dengan kondisi beban dan RPM mesin. Dengan demikian dapat meningkatkan efisiensi bahan bakar dan performa mesin.

Nah itu sobat keren penjelasan kita tentang Overlallping pada katup atau lita kenal dengan klep pada mesin dan jenis jenis katup agar semakin banyak pemahaman kita tenatng dunia otomotif dan masih banyak lagi yang akan kita ketahui hanay di blog idokeren.com 

idokeren
idokeren Menyukai dunia Otomotif, Bloger, Informasi yang bermanfaat dan terimakasih sudah mampir di blog ini