Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

10 Jenis Jenis Pemrograman Dan Penjelasannya No 6 Paling Keren

idokeren.com - Sebagai seorang blogger yang berkecimpung dalam dunia penulisan, masih banyak hal yang harus kita kuasai dan pahami salah satunyadalah bahasa pemrograman walaupun banyak di luar sana yang sudah spesifik memberikan tutorial bahasa pemrograman tetapi mungkin ada baiknya sobart melihat tulisan saya ini. Sobat idokeren 

10 Jenis Pemrograman Dan Penjelasannya


Perkembangan Teknologi kini ini selalu mengalami peningkatan yang signifikan. Baik hanya dari tampilan maupun hingga dengan fitur –fiturnya yang selalu berubah – ubah. Tahu kah anda? Perubahan – perubahan tersebut tidak terlepas dari adanya pengembangan bahasa pemrograman yang kini terus digunakan. 

Bahasa pemrograman ini sendiri merupakan untaian kata –kata berupa sebuah isyarat ataupun perintah –perintah yang umumnya terdiri dari banyak baris yang sanggup dimengerti oleh komputer atau perangkat elektronik lainnya ibarat Handphone Android, Laptop, iPad, Tablet dan masih banyak lagi.

Sistem pemrograman ini biasanya wajib dikuasai oleh seorang developer supaya sanggup membangun sebuah software atau aplikasi tertentu sesuai dengan kebutuhan. 

Pemrograman dan Penjelasannya


HTML DAN CSS


JavaScript


Bahasa Pemrograman yang pertama ialah JavaScript, alasannya ialah jenis pemrograman yang satu ini merupakan salah satu sistem bahasa yang banyak digunakan oleh para programmer. 

Awalnya JavaScript dikembangkan oleh Netscape sedangkan untuk penggunaanya lebih banyak merujuk ke pengembangan Web. Fungsi nya sendiri ialah untuk menciptakan tampila Web menjadi lebih interaktif  dan juga menarik.

 HTML/CSS

Sebagian besar dari kebanyakan orang tidak menganggap HTML atau CSS ini merupakan bab dari salah satu bahasa pemrograman  Namun sebenarnya, HTML atau CSS merupakan dasar dari sebuah agenda baik itu yang bersifat offline maupun online. 

Maka, Apabila anda seorang yang awam dalam bahasa pemrograman sebaiknya harus mulai menguasai sistem bahasa HTML atau CSS

C

Bahasa C merupakan salah satu bahasa pemrogrman yang tertua yang pernah di buat. Bagaimana tidak, agenda ini telah dikembangkan mulai pada tahun 1970-an. Dan tahu kah anda? Bahasa pemrograman C telah menjadi salah satu bab yang sangat terkenal di Negara kita Indonesia. 

Bahkan yang tidak kalah unik ialah hampir semua universitas atau sekolah tinggi tinggi dibidang teknologi dan informasi maupun forum pendidikan yang bergerak di bidang IT Menggunakan bahasa ini sebagai pelajaran pertama sebelum beralih ke pelajaran bahasa pemrograman yang lainnya.

PHP

Selanjutnya ada PHP. Jenis pemrograman ini sudah cukup sering digunakan oleh para programmer di dunia. Selain alasannya ialah sanggup mendapatkannya secara gratis, bahasa ini juga merupakan pemrograman yang mempunyai sifat server dan side scripting yaitu khusus diperuntukkan untuk sanggup membangun website dengan standar dinamis. Berbagai website –website yang terkenal bahkan juga memakai PHP dalam proses pengembangannya. 

Visual Basic

Bahasa Pemrograman yang satu ini dikembangkan oleh Microsoft. Dan pada kenyataanya popularitasnya cukup tinggi di Indonesia. Pada dasarnya, Visual Basic ini hanya didikhususkan dalam menciptakan sebuah aplikasi dengan sistem operasi Windows. 

Walaupun begitu, Visual basic tetap memperlihatkan kelebihan terutama pada bab Ide Visual dalam pembuatan sebuah aplikasi. Contoh Visual basic mencakup kasir, Grafic Label, dan lain sebagainya.

Java

Salah satu bahasa pemrograman yang sanggup dijalankan oleh aneka macam perangkat ialah Java. Mulai dari Perangkat Desktop hingga pada perangkat Mobile Smartphone . Mungkin anda akan berfikir bahwa Java ini mempunyai kekerabatan dengan jenis pemrograman JavaScript, Namun bekerjsama kedua bahasa ini tidak sama. Dapat dikatakan Java ini ialah salah satu bentuk pemrograman yang cukup banyak digunakan bahkan oleh para programmer di seluruh dunia.

Python

Python, Mungkin anda sedikit absurd saat mendengar bahasa pemrograman yang satu ini. Python sendiri tidak begitu seterkenal dengan Java, PHP dan sebagainya. Namun, perlu diketahui bahwa penggunaannya sangat ramah bagi para pemula programmer Karena bahasa Python gampang dibaca dengan syntax dan gampang di pahami. Sebagai pola perusahaan aplikasi yang memakai bahasa Python mencakup Instagram, Yahoo, Google dan lain sebagainya.

 ActionScript

ActionScript ialah bahasa agenda yang pada awalnya dikembangkan oleh ECMAScript dan biasanya hanya digunakan oleh aplikasi yang memakai platform adobe flash player. Selain itu bahasa pemrograman ini juga di pakai untuk beberapa aplikasi berbasis data semacam Alpha Five yang menciptakan kebutuhannya mulai meningkat.

C++

Pengembangan dari bahasa C ialah adanya pemrograman C++ yang mempunyai sintaks penulisan yang sanggup di katakan sama. Walaupun begitu kedua bahasa pemrograman ini memiiliki beberapa perbedaan pada bab penyelesaian masalah. Apabila pada bahasa C problem diselesaikan dengan cara dibagikan pada sub –sub problem yang lebih kecil, sedangkan untuk C++ di bagi ke dalam kelas –kelas. Contoh agenda C++ ialah digunakan di Adobe, Winamp, Firefox dan lain sebagainya.

C#

Selain ada Bahasa Pemrograman C dan C++, Ada juga bahasa pemrograman yang lainnya berjulukan C# atau biasa disebut C Sharp. Untuk bahasa agenda ini di buat oleh Microssoft dalam bentuk NET. Pada awalnya C# ialah adonan dari bahasa C dan C++, Namun, kini ini C# lebih banyak digunakan untuk menyebarkan aplikasi yang memakai sistem operasi Windows.


Inilah beberapa jenis – jenis bahasa pemrograman dasar yang terkenal di gunakan oleh para developer atau programmer. Sebenarnya masih ada banyak lagi jenis agenda yang lainnya ibarat Assembly, Batch, Fortran, dBasse dan lain sebagainya. Namun, untuk pembahasan kali ini sangat cocok untuk anda yang masih awam alasannya ialah 10 macam Pemrograman ini yang paling umum dan banyak digunakan.

Untuk  memperdalam dan meningkatkan pengetahuan pembelajaranmu dalam dunia pemrograman. Semoga informasi ini dapat bermanfaat.