Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Apakah Lampu Surya Cocok Digunakan Di Jalanan Indonesia

idokeren.com - Apakah Lampu Surya Cocok Digunakan Di Jalanan Indonesia, negara ini merupakan salah satu negara tropis yang juga dilewati garis khatulistiwa. Secara tidak pribadi pancaran matahari yang ada di sini cukup besara bila ditangkap dan di manfaatkan  oleh solar panel untuk kemudian dikonversi menjadi energi yang sangat bermanfaat.

Apakah Lampu Surya Cocok Digunakan Di Jalanan Indonesia


Apakah Lampu Surya Cocok Digunakan Di Jalanan Indonesia

"Solar panel itu sebetulnya ialah suatu alat yang mengubah sinar matahari uv menjadi energi listrik. Di Indonesia mataharinya cukup panjang jadi potensi energi listrik dari solar panel di Indonesia cukup bagus," ujar Marketing Director PT Sky Energy Indonesia, Ronald Sibarani di pabrik solar panel Jskye di Bogor, Jawa Barat.

Baru-baru ini teknologi solar panel mulai ramai paling tidak sudah diterapkan pada penerangan jalan di beberapa ruas jalan kota. Meskipun demikian sebelumnya banyak yang mencurigai Indonesia sebagai negara yang tidak cocok memakai solar panel dengan alasan awan di Indonesia terlalu banyak.

"20 tahun kemudian itu digaungkan tidak cocok pakai solar panel alasannya Indonesia negara tropis yang awannya terlalu banyak. Setelah 2010 mulai berubah ternyata Indonesia cocok pakai solar panel, hal itu alasannya ada perubahan teknologi," 

Selain itu pada waktu pertama kali dikenal, solar panel terhitung teknologi yang masih mahal. "Alasannya pada ketika itu teknologi solar panel mahal sekali, semenjak 2010 harganya sudah cukup ekonomis,"

Matahari di Indonesia sendiri mempunyai masa efektif 5 jam untuk peresapan energi matahari oleh solar panel. Namun hal tersebut kembali lagi pada bentuk geografisnya alasannya beragamnya wilayah Indonesia. Untuk itu setiap kawasan memerlukan konfigurasi masing-masing sesuai letak geografisnya.

"Di Indonesia 5 jam, maksimum 5 jam sudah full. Kaprikornus tergantung konfigurasinya. Kaprikornus tiap kawasan berbeda konfigurasinya tergantung geografis. Di indonesia ada yang 3,2 jam hingga 5,4 jam. Kaprikornus di Indonesia yang efektif nya cuma sekitar itu dalam sehari," terang

Untuk di Indonesia sendiri dalam waktu erat Jskye akan berpartisipasi menyebarkan Stasiun Pengisian Listrik Umum (SPLU) yang memakai tenaga cahaya matahari. Dengan pemanfaatan energi ini tentunya akan mengurangi penggunaan energi fosil dan batubara yang beresiko mencemari lingkungan dari sisa pemanfaatan energinya.