Widget HTML Atas

Berapa Km Ganti Oli Motor Matic Yang Tepat ?

idokeren.com - Bagi sobat keren yang baru saja mempunyai tunggangan baru pastinya akan timbul pertanyaan dalam diri  ganti oli motor berapa km kah yang tepat, karena banyak saran antara mengikuti waktu pakai atau jarak penggunaan ?, idokeren akan membantu sobat untuk memberikan penjelasan tentang hal  diatas.

Berapa Km Ganti Oli Motor Matic Yang Tepat ?
Sumber Pic : otojurnalisme
Kenapa hal ini penting untuk  di perhatikan pertama adalah jika motor kita mengganti tepat waktu untuk menghindari kelalain. Banyak anjuran ganti oli motor itu baiknya 2 - 3 bulan sekali karena jarang dipakai, Tetapi asumsi seperti itu salah sebenarnya sob

Ganti Oli Motor Berapa KM ?

Anjuran pabrikan sendiri mengatakan bahwa oli sepeda motor di ganti setelah sepeda motor menempuh jarak 3.000 - 4.000 KM . Tetapi bagi orang awam saya sendiri menyarankan bahwa jika motor anda mempunyai mobilitas tinggi atau sering di gunakan maka lebih  baik mengganti oli di 2000 - 2500 KM.

Baca Juga : Efek Telat Mengganti Oli Mesin Motor Mesin Rusak Parah

Kenapa bisa begitu karena jika motor anda mempunyai mobilitas tinggi tentunya sering menemui kemacetan apalagi jika anda yang bekerja di ibukota yang namanya kemacetan sudah menjadi makanan  sehari hari bayangkan jika anda berpatokan terhadap jarak tempuh maka saat motor anda macet mesin kendaraan anda tetap hidup dan engine tetap berputar

Sementara mesin hidup tetapi jarak tidak bergerak di spedoometer dan tidak berubah hal ini menyebabkan oli pun tetap melumasi komponen mesin seiring mesin tetap menyala.

Inilah kadang kesalahan pengguna yang awam yang membuat mesin jebol karena telat ganti oli, jika tetap mengikuti jadwal penggantian oli dengan mengikuti jarak tempuk,  Karena oli mesin tentunya berkurang kulitas protection terhadap komponen mesin. Oleh karena itu motor yang sering terkena macet harus mengganti oli lebih cepat dari anjuran pabrikan .

Pemilik kendaraan yang sensitif akan dapat merasakan bilamana tarikan sepeda motornya sudah terasa berat walaupun jarak tempuh masih sedikit dikarenakan sering terkena macet di jalan.

Baca Juga : Ganti Oli melebihi 4500 KM Nmax Rontok Tidak karuan

Sementara jika mengikuti waktu, misalnya anda selalu menganti oli setiap bulan tetap waktu,  terlepas  motor anda jarang di gunakan. Hal ini tentunya baik jika motor anda jarang di pakai tetapi sob sayang juga jika  oli didalam mesin masih mempunyai kualitas yang bagus efeknya hanya pada dompet ( :V ) dan mubazir juga sich kalo menurut mimin keren.

Melakukan penggantian oli yang tepat dan baik menurut mimin keren itu adalah hanya diketahui oleh  si pemilik motor hanya dia yang mengetahui apakah penggantian oli  tiap bulan tepat karena ia yang mengetahui pemakaian kendaraan tersebut bukan anjuran pabrikan atau  berdasarkan waktu .

Jika mengganti oli sebulan sekali tetapi pemakaianya sebulan dapat menempuh jarak 5000 - 10.000 KM, menurut sobat apakah tidak jebol itu mesin walau belum sebulan jika tiap bulan terlambat seperti itu,

Otomatis pasti mesin akan jebol di mulai dari asap knalpot yang  mulai mengeluarkan asap putih dan suara mesin agak kasar mungkin anda mulai harus menyiapkan budget untuk service besar terhadap kendaraan anda jika hal tersebut terjadi.

Selain hal diatas patut sobat keren perhatikan adalah memilih kualitas oli yang terbaik untuk kendaraan sobat hal ini sudah pernah idokeren ulas silahkan baca di link bawah ini

Baca Juga :  Penjelasan Kode OLI Dan Cara memilih Oli Sepeda Motor Terbaik

Nah sobat keren hasil dari kesimpulan diatas, waktu yang tepat atau kah jarak pemakaian, Semua tergantung anda sebagai penunggang motor  tersebut andalah yang paling mengetahui waktu terbaik untuk teman setia anda di perjalanan karena jika ia rewel itupun karena anda jarang perhatian kepada ia ( motor ), Jika anda perhatian maka motor anda tidak akan rewel dan tetap setai menemani anda dalam panas terik maupun hujan badai ia akan lalui bersama anda ( So Sweet ).

Dan bagi sobat keren yang jenis sepeda motornya matic juga harus memperhatikan jadwal penggantian oli gardan, pada umumnya penggantian oli gardan ini mempunyai perbandingan 2:1 dua kali ganti oli mesin dan satu kali ganti oli gardan atau jika mimin keren sendiri selalu ganti oli gardan setiap 3 bulan sekali hehehe biar awet ( dompetnya ).

Dengan catatan oli gardan tidak kemasukan air atau terlihat adanya kebocoran jika hal itu terjadi ya situasional kondisinya.

Baca Juga : Fungsi Oli Gardan / Oli Transmisi Pada Motor Matik

Oli gardan juga penting bagi jenis sepeda motor matic karena disana banyak gear ratio yang membuat putaran mesin menjadi gerak putar roda belakang yang sudah di sesuikan dengan perhitungan yang  matang oleh pabrikan sehingga mesin dapat berputar dan mengangkat beban yang berat sekalipun.

Sobat keren mimin keren kira pembahasan kita cukup sampai disini ya mungkin lain kali idokeren akan membahas hali lainya yang bermanfaat terimakasih - idokeren.com
idokeren
idokeren Menyukai dunia Otomotif, Bloger, Informasi yang bermanfaat dan terimakasih sudah mampir di blog ini