Widget HTML Atas

Penyebab dan Cara Mengatasi Shock Belakang Jedag Jedug

idokeren.com - Sobat keren bagi sobat yang sepeda motornya sudah mengalami jedag jedug kita akan membahas penyebab shock belakang  motor jedag jedug dan  cara mengatasinya, Fungsi shock breaker selain meredam kejutan juga sebagai penahan beban pengendara sepeda motor dan menjaga kenyamanan dalam berkendara.

Penyebab dan Cara Mengatasi Shock Belakang Jedag Jedug

Jika shock belakang sobat keren sudah bunyi jedag jedug maka itu berarti shock breaker sobat mengalami kerusakan atau kebocoran  kemungkinan lain terdapat kerusakan dari pabrikanya jika motornya baru. Tetapi ini harus di sertai data di lapangan, Berat pengendara juga menjadi faktor utama kerusakan

Idokeren sendiri berdasar pengalaman pernah menaiki yamaha mio sporty baru 3 bulan ganti shock breker belakang sudah bocor sehingga mimin keren harus menggantinya sampai  3 X  ganti setiap 3 bulan seklai. Habis lah kesabaran lalu mempertanyakan kepada teman teman lain ternyata hanya motor mimin keren yang mengalami hal tersebut ?

Baca Juga : Penjelasan Tentang Sistem Suspensi Kendaraan

Mimin koreksi diri sendiri ternyata motor mungil tesebut memang mempunyai beban yang rendah untuk pengendaranya, Mimin pun menyadari jika berboncengan berat mimin dan boncenger hampir 200 kg ( :V ) hal ini menjadi wajar jika 3 bulan sekali harus ganti shock breaker belakang 

Oleh karena itu sebelum menyalahkan komponen atau orang lain kita harus koreksi diri dulu agar tidak malu di kemudian hari.

Kondisi lain yang menyebabkan shock breaker jedag jedug juga bisa karena dari pabrikanya hal ini jika motor sobat keren motor termasuk motor baru ya 1 - 2 bulan dan disertai koreksi diri bawah berat badan sobat keren standar ya bukan berat dengan super jumbo melebihi 150 kg dalam posisi berkendara sendirian.

Dulu pernah ada salah satu pabrikan yang shock breaker belakangnya jedag jedug padahal baru, kita tidak sebut merek pasti sobat keren sudah paham tentang kasus ini shock breaker belakang terlalu empuk dan juga single shock breaker sehingga harus di tarik kembali produknya.


Baca Juga : Bos Shock Belakang Sepeda Motor Vario Rusak

Service Shock Breaker Belakang

Banyak juga pengendara yang melakukan service shock yang sudah bocor hal ini memang dapat dilakukan selain biayanya murah sekitar 50 - 75 ribuan dari pada membeli shock breaker belakang yang baru tentunya dapat menjadi alternatif lain untuk bikers yang sedang cekaks kantognya.

Tapi ingat sobat tentunya hal  ini hanya bersifat sementara karena harga tidak pernah bohong, Barang berkualitas pasti harganya mahal dan manfaat yang dirasakan juga lama, Dibanding service shock breaker mimin keren menyarankan jika ada dana lebih lebih baik mengganti dengan shock breaker yang baru.

Penyebab Bunyi Jedag Jedug Pada Shock Breaker Belakang

Bunyi jedag jedug ini di sebabkan oleh tidak adanya oli didalam tabung shock dapat di sebabkan karena kebocoran yang terjadi pada shock bisa dilihat dengan mata jika banyak oli berceceran di sekitar shok belakang dan jika terkena debu akan terlihat debu pada menempel pada shok belakag.

Cara mengatasinya adalah dengan mengisi dengan oli kembali shock yang bocor. ya tapi begitu deh sob mengisi oli shok belakang memerlukan keahlian khusus, Biasanya di bawa ke tukang service shok breaker

Bahkan jika sobat sendiri adalah mekanik motor belum tentu bisa karena ada alat khusus dan bahan yang di siapkan agar oli shok setelah dibuka tidak bocor kembali.

Ibarat kata jika shok breaker belakang sepeda motor dalah komponen sekali pakai jika sudah rusak / bocor maka ganti dengan yang baru agar anda dapat berkendara dengan nyaman.

Tapi ada juga loh biasanya di tukang service shok breaker dari pada sobat keren lama menunggu service shok karena memakan waktu yang tidak sebentar mereka biasanya sudah menyiapkan shok yang sudah di service dan dapat ditukar dengan shok breaker lama sobat, Tentunya dengan harga yagn di sepakati kedua belah pihak dan jadilah transaksi tukar tambah.

Selaian menghemat waktu kadang ada shok breaker bermerek bagus yang sudah di service yang bisa kita pilih di lapak akang service shok breaker.

Sobat keren idokeren bukanlah penulis handal yang kadang tulisanya belum tentu dapat dibaca dan di pahami dengan mudah dan jauh dari kata sempurna tapi mimin keren terus belajar agar tulisan mimin dapat lebih merakyat dan berkesan di hati sobat keren semuanya wkwkwk.

Nah sampai berjumpa lagi di artikel berikutnya ya sob nantikan terus artikel di blog ini - idokeren.com
idokeren
idokeren Menyukai dunia Otomotif, Bloger, Informasi yang bermanfaat dan terimakasih sudah mampir di blog ini