Widget HTML Atas

Cara Bikin Lampu Motor Terang Benderang Dan Efeknya

idokeren.com - Halo sob pa kabar semoga senantiasa sehat selalu amin, Cara bikin lampu motor terang benderang dari judul diatas bener gak sih lampu yang udah redup bisa di buat terang benderang kembali, jawabanya tentu bisa sob. eits tapi ada tapinya neh hal hal yg di lakukan dan di paparkan  di bawah ini mempunyai efek dan resiko yang juga cukup berat seberat hatimu kepadaku ( :V ).

Cara Bikin Lampu Motor Terang Benderang Dan Efeknya

Untuk membuat cahaya lampu motor terang benderang sebenarnya sudah banyak yang menjual bohlam HID, memang cahayanya sangat terang seperti lampu mobil tapiiiiiiii...... banyak yang jadi korban sob.

Lampu HID banyak yang bilang sering merusak reflektor lampu motor dan memang mimin keren pun mengalaminya reflektornya sampai meleleh serem juga ya sob. abis itu mimin keren gak pake lampu itu lagi harga reflektor itu kan mahal jadi rugi deeh.

Udah beli lampunya mahal eeh  malah ngerusak reflektornya jadi nyesel gimana gitu sob, Karena lampu HID itu panas sekali mungkin desaian reflektor motor tidak sesuai dengan panas yang keluar dari bohlam HID ya sob.

Cara dibawah ini hanya untuk membuat cahaya lampu menjadi maksimal ya sob, Tidak serta merta lampu sobat yang sudah redup atau berumur lantas menjadi terang seterang matahari pagi yang menyilaukan bumi heheh.

Sebelum itu sob harus di ketahui dulu, Penyebab lampu motor sobat sudah tidak terang. Apakah karena sudah berumur atau karena ada masalah pada sistem kelistrikan motor sobat.

1. Lampu Mulai Gosong 
lampu redup bisa juga dikarenakan umur lampu yang sudah dah tua biasanya Hal ini ditandai dengan ciri-ciri lampunya sudah mulai pada hitam Biasanya kalau sudah hitam menandakan sebentar lagi akan Koit atau putus.

2. Resistance Terlalu Besar
Lampu redup dikarenakan Resistance terlalu besar ini bisa ditimbulkan oleh sambungan sambungan kabel Atau juga kerak yang timbul di terminal Lampung Kebanyakan sih biasanya terjadi karena sambungan yang tidak terlalu kuat dan ini berpotensi untuk meningkatkan suatu hambatan pada rangkaian kelistrikan

3. Kiprok Lemah / Rusak
Pada motor motor jadul biasanya lampu itu mendapatkan kan energi listrik dari namanya kiprok ,  kiprok mendapatkan  listrik dari alternator  dimana jika RPM sepeda motor semakin tinggi Maka lampu akan semakin terang.

Baca Juga : Akibat Kiprok Sepeda Motor Vario 110 Rusak

 jika kinerja kiprok sudah tidak bagus hal ini juga dapat menyebabkan arus listrik tidak tersalurkan dengan baik bahkan pada kasus yang lebih ekstrem jika kiprok nya bermasalah maka lampu depan akan sering putus jika RPM atau motor digeber tinggi 

Baca Juga : Bohlam Lampu Depan Motor Sering Putus

Cara Membuat Lampu Motor Lebih Terang

1. Cara membuat lampu lebih terang bisa menggunakan relay jika kita mengerti sedikit tentang elektronika maka Disini kita memanfaatkan energy batery yang di sambungkan langsung ke lampu dengan perantara relay, Seperti gamabr di bawah ini ya sob

Cara Membuat Lampu Motor Lebih Terang
Sumber Pic : autoexpose.org
Setelah melihat gambar diatas sobat keren pasti langsung paham cara memasang relay untuk membuat lampu menjadi lebih maksimal,  tentunya  pada teknologi motor terbaru sekarang ini mungkin cara ini sudah tidak efisien


Motor baru mempunyai teknologi  yang sudah semakin canggih di mana bohlamnya juga sudah menggunakan LED kita tahu sendiri bahwa lampu LED mengkonsumsi sedikit energi, Tetapi sinar yang dihasilkan cahayanya sangat bagus dan focus.

2. Cara yang kedua ini terbilang exstrem yaitu membeli lampu LED baru ( :V ). tentunya lampu led baru akan mempunyai cahaya yang lebih terang, Mungkin membutuhkan sedikit penyesuaian pada pemasangan nya , Atau jika kalian beruntung kalian membeli lampu satu set yang sudah di modifikasi dengan lampu LED ( Custom ), Dipasaran sdudah banyak ko silahkan cek di market online .

Sudah banyak ko yang menjual tapiii , mungkin hanya mereka atau jeni motor tertentu saja ya sob karena mereka pun melihat kondisi pemasaran di lapangan takutnya jika membuat untuk motor ecek ecek siapa juga yang mau beli.

3. Mengganti kiprok dengan kiprok yang mempunyai pengisian lebih tinggi, seringkali aki motor cepat soak bisa disebabkan oleh aki kiprok yang sudah mulai lemah dan pada motor motor sekarang ini aki mempunyai peran penting untuk kelistrikan sepeda motor .

Seperti diketahui bahwa aki memperoleh penchargeran secara terus menerus selama mesin menyala, Ditakutkan jika mengganti kiprok dengan yang tidak standar aki akan overcharger dan bisa meledak / melembung karena overcharger, Oleh karena itu hal ini sangat tidak di sarankan oleh mimin keren.

Nah sobat keren sepertinya informasinya segitu dulu ya nanti mimin keren akan rajin rajin update lagi nantikan informasi terupdate di blog ini ya sob nantikan juga terimakasih - idokeren.com
idokeren
idokeren Menyukai dunia Otomotif, Bloger, Informasi yang bermanfaat dan terimakasih sudah mampir di blog ini