Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

5 Penyebab Lampu Motor Mati Total Apa Penyebabnya ?

idokeren.com - Sobat keren penyebab lampu motor mati total bisa di sebabkan banyak faktor dan di perlukan analisa jika anda mengalami hal ini, Bisa saja masalah yang terjadi ternyata adalah hal sepele dan tidak perlu membawa sepeda motor sobat ke bengkel.

5 Penyebab Lampu Motor Mati Total Apa Penyebabnya ?

Pentingya lampu depan sebagai pencahayaan di malam hari membuat hal ini menjadi sangat penting agar lampu selalu menyala ya sob, Bahkan di negara kita ini ada peraturan bahwa lampu harus dan wajib di nyalakan pada saat siang hari.

Kenapa wajib di nyalakan hal ini bukan tanpa dasar sob bahkan mimin keren sendiri sering terselamatkan oleh cahaya lampu motor pengendara lain yang sedang menyala. kenapa bisa begitu sebab saat kita riding biasanya suka menyalip mobil dari kanan untuk mendahului mobil yang didepan kita.

Selain kita tentunya ada pengendara motor laian yang juga mempunyai keinginan yang sama untuk berakselerasi nah mimin keren sempat hampir tertabrak jika tidak melihat cahaya lampu motor pengendarara yang lain yang terpantul dari spion motor mimin keren.

Kecepatan otak kita akan di respon dengan cepat oleh otak akibat ransangan cahaya dan gerak refleks kita akan sangat cepat. nah singkatnya seperti itu. Ya sobat pasti tau namanya pecandu kecepatan pasti sering salip menyalip.

Memang sich ada Plus dan Minus menyalakan lampu di siang hari yaitu lampu sering tidak awet karena jam kerjanya yang tinggi siang dan malam menyala wajar saja menurut mimin keren lampu akan cepat putus karena kinerjanya 2X lipat.

Bahkan sekarang sepeda motor terbaru sudah tidak menggunakan switch ON/OFF pada lampu depan

Penyebab Lampu Motor Mati Total

Kita kembali ke permasalahan kita ya sob jika motor sobat tiba tiba mati total. Pada motor motor lama / jadul biasanya lampu akan menyala tanpa arus listrik dari batery, Sedangkan pada motor motor yang sekarang ini yang sudah menggunakna teknologi injection

1. Lampu depan sepeda motor teknologi terbaru agar dapat menyala memerlukan arus dari acu/batery oleh karena itu selalu pastikan kondisi aki selalu sehat tidak soak. Pada motor motor baru peran aki menjadi sangat penting, Mimin keren sarankan selalu cas aki setiap 3 atau 6 bulan sekali agar performance aki tetap bagus 

Jika aki drop maka lampu juga tidak akan menyala, Apalagi sekarang-sekarang ini banyak sepeda motor matik yang mana jika menghidupkan harus menggunakan electrik stater, Jika tidak menggunakan electrik stater tentunya harus menstandar 2 motor dan hal ini merepotkan.

Apalagi jika pengendaranya adalah seorang wanita atau ibu-ibu  tentunya akan kasian jika harus menggunakan kick stater. 

2. Penyebab lampu motor kadang nyala kadang mati, hal ini biasanya berkaitan dengan dudukan lampu / bohlam soket lampu motor yang sudah mulai aus atau tonjolan dudukan lampunya habis sehingga kadang dudukan dan lampu depan tidak  terhubung dengan baik, Apalagi jika berkendara di jalan yang gradakan atau bebatuan tentunya lampu motor akan bergoyang efek dari hal ini dapat menyebabkan lampu sering putus ya sob jadi jangan heran kalo sering beli bohlam baru dan sering putus.


3. Relay lampu motor rusak, nah jika hal ini yang terjadi lebih baik  memeriksa  terlebih dahulu relay tersebut jujur saja karena ini berkaitan elektronik hanay sedikit yang bisa kita lakukan misalnya saja melihat kondisi relay apakah penuh dengan korosi atau tidak jika ternyata penuh korosi dibersihkan dengan cairan anti karat sampai bersih.

Memeriksa jalur kelistikan komponen tersebut apakah ada kabel yang atau socket terminal yagn kendur dan membersihkan jika nampak kotoran kotoran .

Tetapi menurut pengalaman jika relay yang bermasalah karena ini komponen elektronik  lebih baik mengganti relay lampu motor dan usahakan mengganti dengan yang original agar mempunyai ketahanan yang lebih baik.

Baca Juga : Cara Bikin Lampu Motor Terang Benderang Dan Efeknya

4. Kiprok motor bermasalah dapat menyebabkan aki cepat soak atau drop karena motor sekarang sangat membutuhkan arus dari aki untuk menghidupkan lampu. Kiprok motor jaman sekarang mempunyai peran penting jika komponen yang satu ini rusak bukan hanya lampu saja yang terganggu tetapi juga pada motor motor tertentu yang membutuhkan pengapaian DC tentunya motor sulit untuk di hidupkan.

Jika untuk permasalahan ini lebih baik membawanya kebengkel langganan ya sob agar di periksa lebih lanjut agar tidak keluar budget lebih, Karena pada awalanya kita mau hemat tapi karena salah prediksi komponen yang rusak malah mengeluarkan budget yang lebih banyak.

5. Yang terakhir analisa mimin keren adalah periksa Sekering / Fuse pada sepeda motor jangan jangan hanya karena permasalahan sekering nya putus membuat sobat keren galau menerka ini dan itu. Saran  idokeren jika sudah memeriksa sekering yang ternyata putus dan sudah mengganti tetapi tidak lama kemudian sekering tetap putus ada baiknya memeriksa semua jalur kelistrikan

Karena itu menandakan bahwa jalur kelistrikan ada yang bermasasalah atau korsleting, jangan dipaksakan mengganti ukuran fuse / sekring motor dengan yang lebih besar jika tidak mau menerima efek yang lebih besar semisal kable kelistrikan terbakar dan ini pernah idokeren alami  akhirnya terpaksa menggganti seluruh kabel body dan harganya cukup mahal jika dulu harganya  sudah lebih besar dari Rp 500 ribu rupiah apalagi sekarang ya sob ( :V ).

Nah sobat keren mungkin hanya itu yang dapat di share semoga info di blog ini dapat bermanfaat bagi sobat keren semua dan janganlupa nantikan update terabru dari blog ini ya dan terimakasih sudah mampir di blog sederhana ini idokeren.com 
idokeren
idokeren Menyukai dunia Otomotif, Bloger, Informasi yang bermanfaat dan terimakasih sudah mampir di blog ini