Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Cara Merawat Rem Cakram Supaya Pakem

Idokeren.com – hai semua para sahabat setia idokeren... pada kesempatan ini, kita akan membahas salah satu komponen motor yang dapat dibilang sangat penting karena fungsinya berfungsi untuk mengurangi resiko kecelakaan.

Cara Merawat Rem Cakram Supaya Pakem

Saya yakin komponen pertama yang muncul dipikiran sobat adalah rem. Pada saat ini jenis rem yang paling banyak dipakai oleh dealer motor pada produk mereka adalah rem cakram, dengan demikian kita akan membahas tips untuk merawat rem cakram. 

Karena fungsinya yang sangat penting, kita perlu merawat rem cakram supaya selalu dalam kodisi yang baik. Dengan begitu resiko kita dalam mengalami kecelakaan akan sangat berkurang.

Baiklah... tanpa berlama – lama lagi, simak beberapa tips berikut cara untuk merawat rem cakram motor supaya selalu pakem.

Tips Merawat Rem Cakram

Beberapa cara yang akan kita bahas dibawah ini dapat sobat idokeren lakukan sendiri dirumah. Seperti apa tips nya? Simak pembahasan berikut sampai selesai ya...

Mengecek Kondisi Kampas Rem Cakram

Sebagai komponen yang bekerja secara langsung saat kita melakukan pengereman, kampas rem tidak dapat kita abaikan begitu saja.

Sebagai komponen yang berperan sebagai bidang diam, kampas rem berguna untuk melakukan gesekan dengan bidang yang bergerak (cakram rem).

Karena berfungsi untuk melakukan gesekan dengan cakram rem, tentu saja kampas rem akan dengan mudah & cepat habis (aus). Untuk itu, sobat rider perlu untuk sering- sering memperhatikan kondisi kampas rem sobat.

Jika kampas rem dalam konsisi buruk, sebaikanya segera mengganti dengan kampas rem yang baru supaya daya geseknya lebih kuat (pakem). 

Baca Juga : Penyebab Kampas Rem Cakram Sering Habis Sebelah Ternyata Penyebabnya Sepele

Mengganti Minyak Rem Secara Berkala

Tips berikutnya yang harus sobat periksa adalah minyak rem. Minya rem berfungsi untuk melunasi komponen yang bekerja pada sistem pengereman yaitu (cakram dan kampas).

Pada sistem pengereman tentu saja memerlukan daya gesek antara cakram dengan kampas rem, dan fungsi dari minyak rem adalah supaya dua kompenen ini tidak kering. Sekaligus supaya tahan terhadap panas yang dihasilkan oleh gesekan.

Lakukan pergantian minyak rem maksimal setahun sekali. Jika melebihi dari itu, dikhawatirkan saluran minya tersumbat karena minyak kotor atau minyak rem sudah encer yang dapat menyebabkan kinerja dari piston tidak maksimal.


Membersihkan Kaliper Rem Cakram

Karena rem tidak terletak didalam body motor, tentu saja debu dan kotoran dari laur akan dengan mudah menempel. Komponen rem yang paling mudah terkena debu dan kotoran adalah kaliper rem cakram.

Karena hal tersebut, sobat disarankan untuk membersihkan kaliper rem jika dirasa sudah sangat kotor. 


Pastikan Kaliper Rem Cakram Normal

Sebagai komponen yang sangat jarang terjadi kerusakan, kaliper rem sering diabaikan oleh sebagain orang. Namun ada kemungkinan bahwa pemasangan kaliper tidak sesuai atau tidak tepat sebagaimana seharusnya.

Jika posisi dari kaliper tidak sesuai, kaliper dapat dengan mudah goyah dan bergetar. Akibatnya peranti yang bekerja untuk mencekram cakram rem saat pengendara motor menarik tuas rem akan cepat habis (aus). 


Pada prosesnya, bagian – bagian tertentu dari kaliper rem akan bergesekan terus dengan piringan cakram rem. Karena hal itulah, memeriksa posisi dari kaliper merupakan tindakan yang bijak.

Cara mengecek posisi dari kaliper yaitu : putar-lah ban depan sepeda motor sobat, kemudian cermati gerakan dari piston, jika gerakan-nya sama dengan gerakan pringan cakram, maka dapat dipastikan kaliper sobat masih normal.

Sekian pembahasan kita mengenai cara merawat kampas rem, saya berharap sobat idokeren semua menerapkannya demi kebaikan sobat sendri.

Saya harap artikel ini dapat bermanfaat untuk sobat semua, dan sampai jumpa pada kesempatan berikutnya – idokeren.com.

Writer : Riski Rahmat H

idokeren
idokeren Menyukai dunia Otomotif, Bloger, Informasi yang bermanfaat dan terimakasih sudah mampir di blog ini