Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Penyebab Lampu Sein Mati Total dan Cara Mengatasinya

Idokeren.com – hai semua para sahabat idokeren… saya harap para sahabat idokeren semua dimanapun berada senatiasa dalam keadaan sehat. Masih seputar tentang otomotif, kali ini kita akan membahas penyebab lampu sein mati total serta bagaimana cara kita untuk mengatasinya.Sebelum memasuki pembahasan, ada baiknya kita mengetahui apa itu lampu sein dan apa manfaat dari lampu sein. 

Penyebab Lampu Sein Mati Total dan Cara Mengatasinya
image :moladin.com

Lampu sein merupakan lampu yang berada pada sebelah kanan dan kiri sepeda motor sahabat. Lampu sein sendiri berfungsi untuk memberikan isyarat kepada pengendara motor lain ketika motor ingin belok ke kanan atau ke kiri.

Penyebab Lampu Sein Mati Total dan Cara Mengatasinya

Seperti yang kita ketahui… lampu sein memiliki manfaat yang sangat penting untuk keselamatan diri. Dengan adanya lampu sein, pengendara di sekitar kita akan tau ke arah mana kita akan belok.

Oleh sebab itu sangat di sarankan kepada sahat idokeren semua untuk mengecek lampu sein sebelum pergi berkendara.

Baik, setelah mengetahui apa itu lampu sein. Selanjut nya mari kita bahas penyebab lampu sein mati total dan cara mengatasinya. 


Aki Soak / Rusak

Sara harap sahabat idokeren tidak pernah bosan dengan komponen motor yang satu ini. bagaimana tidak, masalah yang berhubungan dengan kelistrikan pada sepeda motor selalu berkaitan dengan aki.

Karena aki merupakan salah satu komponen kelistrikan pada motor, wajar jika aki merupakan sumber dari masalah yanag sedang kita alami.

Jika aki para sahabat idokeren rusak, dapat dipastikan seluruh sistem kelistrikan pada motor sobat akan mati. Dengan sendiri nya, lampu sein akan mati jika aki bermasalah.

Oleh karena itu sangat di sarankan untuk sobat idokeren untuk segera mengganti aki dengan yang baru. Atau juga dapat mencharge ulang aki jika elemen yang terdapat di dalam aki masih bagus.

Sekring Putus

Komponen yang selalu melekat pada komponen listrik lainnya. sekring / fuse memiliki fungsi sebagai pengaman arus dari rangkaian arus listrik jika terjadi konsleting.

Sebagai pengaman, sekring akan melindungi rangkain jika ada konsleting dengan cara memutuskan aliran listrik yang masuk ke rangkaian.

Sekring dapat memutus arus karena sebelum disalurkan ke komponen lain, arus akan melewati sekring terlebih dahulu.

Karena hal tersebut jika sekring putus, otomatis akan mengahambat arus yang berasal dari aki, sehingga komponen lain seperti lampu sein tidak dapat berfungsi (mati total).

Untuk menghindari masalah tersebut, sangat disarankan untuk mengecek apakah sekring masih dalam kondisi baik atau tidak saat memasang aki.

Flasher Rusak

Flasher merupakan komponen listrik yang berada pasa lampu sein. Fungsi dari flasher adalah sebagai saklar otomatis untuk menyuplai arus listrik ke lampu sein, sehingga lampu sein dapat menyala berkedip – kedip.

Untuk mengatasi masalah ini, sobat idokeren dapat memeriksa apakah flasher terdapat bekas bakar atau tidak. Jika memang ada, sobat idokeren disarankan untuk mengganti flasher sein dengan yang baru.

Saklar Rusak

Untuk mengontrol lampu sein, tentu saja kita membutuhkan saklar. Masalah saklar putus biasanya terjadi jika lampu sein yang menyala hanya sebelah saja.

Saklar rusak juga dapat menyebabkan lampu sein mati total karena input-nya meleleh karena panas yang berasal dari arus lampu sein.


Kabel Putus

Sama halnya seperti sekring, kabel merupakan komponen yang sangat penting dalam kelistrikan untuk menyalurkan arus listrik.

Untuk menyalurkan arus listrik menuju lampu sein, pasti akan melalui kabel. Jadi, jika kabel yang terhubung pada lampu sein terputus, makan lampu sein tidak akan mendapat suplay arus listrik dan akhirnya mati toal.

Karena menyangkut masalah kelistrikan dan kompenen kelistrikan memiliki kerumitan tersendiri maka, disarankan untuk membawa motor sobat ke bengkel untuk diperbaiki.

Sekian pembahasan kita mengenai penyebab lampu sein mati total dan cara mengatasinya. Mohon maaf jika ada kesalahan pengertian maupun penulisan, saya harap artikel ini bermanfaat untuk sahabat idokeren semua dan Sampai jumpa pada pembahasan seru lainnya. – idokeren.com.

Writer: Riski Rahmat H
idokeren
idokeren Menyukai dunia Otomotif, Bloger, Informasi yang bermanfaat dan terimakasih sudah mampir di blog ini