Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Cara Reset ECU Motor Vario 125 dan 150 Dengan Cara Manual dan Mudah

idokeren.com . halo sobat keren lama tidak jumpa semoga sehat dan tetap setia datang ke blog idokeren kali ini idokeren.com akan mengulas cara Cara Reset ECU Motor Vario 125 dan 150 Dengan Mudah di artikel sebelumnya idokeren juga sudah pernah membuat artikel tentang  Reset ECU / ECM TP dan Seting Altitude Motor Honda Manual, Hanya saja kali ini lebih spesifik pembahasan kita ke sepeda motor honda jenis vario 125 dan 150.

Cara Reset ECU Motor Vario 125 dan 150 Dengan Cara Manual dan  Mudah

Telah kita ketahui bahwa sepeda motor honda termasuk motor yang memudahkan mekanik umum untuk dapat menservice-nya, Jika motor merek merek lain sudah tidak bisa menggunakan cara manual tetapi harus menggunakan tools untuk melakukan pengosongan memori pada ECU.

Jika sobat telah membaca tautan link diatas mungkin caranya sama saja tapi biar lebih update lagi dan lebih mudah kita akan menjelaskan dengan singkat.

Reset ECU Motor Vario 125 dan 150

1. Pertama yang sobat harus ketahui saat akan melakukan reset motor vario 125 atau 150, Mengetahui posisi DLC motor. Pada motor vario 125 posisinya ada didepan dekat dengan lampu , Sobat dapat membukanya bagian lampu depan jika punya banyak waktu,  jika tidak ada cara lebih mudah yaitu  merogohnya dengan tangan untuk mendapatkan DLC ini .

Nah posisi DLC pada vario 150 terletak  dekat aki motor posisinya di tengah di dekat pijakan kaki sebelah kanan Silakan buka  bautnya dengan obeng + .

2. Siapkan jumper untuk menghubungkan Konektor DLC , Jumper DLC ini bisa beli di toko pedia atau bengkel , Harganya pun murah atau kalian bisa membuatnya sendiri dengan kawat atau semacamnya karena fungsinya hanya menghubungkan konektor .

Jumper Konektor DLC

3. Untuk melakukan reset pada ECU motor vario 125 atau 150 maka posisi konektor harus sudah kalian ketahui silakan lihat gambar dibawah ya sob 

posisi konektor DLC

Nah posisinya tonjolanya harus di posisi atas dan posisi konektor yang akan kita jumper ini ada di sebelah kiri atas dan bawah jadi jangan lupa ya sob.

4. Proses reset hanya sebentar ko sob

- Hubungkan kedua konektor tersebut .  

- Nyalakan kunci kontak disini posisi jumper tetap terpasang di DLC.

- Maka jika ada yang bermasalah lampu mil akan berkedip menunjukan angka kerusakan. dan ini pada posisi jumper terpasang . Jika tidak bermasalah lampu mil tidak akan berkedip 

- Sekarang proses reset ECU motor vario 125 /150 posisi jumper terpasang , Kunci kontak pada poisi ON , Cabut jumper selama 3 - 5 detik hubungkan kembali ke konektor DLC Kemudian matikan kunci kontak . Taraaa Motor vario 125 atau 150 kalain sudah berhasil di reset atau di kosongkan memori didalam ECU .

Setelah Di reset  maka coba hidupkan kembali motor sobat, pasti akan terlihat perbedaan putaran mesin akan stabil dan ringan .

Makanya idokeren suka motor merek ini adalah perawatanya mudah dan gampang bahkan orang awam pun akan bisa untuk melakukan ini dirumah on sob jangan lupa folow kita di FB dan INSTAGRAM  ya sob sampai jumpa lagi idokeren.com .

idokeren
idokeren Menyukai dunia Otomotif, Bloger, Informasi yang bermanfaat dan terimakasih sudah mampir di blog ini