Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Fungsi Knock Sensor Yang Terpasang Pada Blok Mesin

idokeren.com -  Fungsi knock sensor pada mesin mobil pembasahan kita kali ini  tentang sensor yang sekarang digunakan di hampir semua mesin mobil injeksi yaitu sensor kecil yang dipasang pada blok silinder memegang peran yang sangat penting dalam sistem injeksi. Fungsi dan cara kerjanya  sensor knock  akan dibahas pada artikel berikut ini.

Fungsi Knock Sensor


Cara Kerja Knocking Sensor

Sensor knock yang terpasang pada silinder mobil akan mendeteksi getaran atau ledakan knocking , Ledakan knocking ini akan terbca oleh sensor knock, Kemudian sensor tersebut  akan mengirim kan data ledakan knocking ke ECM, dari data tersebut maka ECM akan dapat memperhitungkan timing pengapaian atau memundurkan waktu pengapian agar ledakan knocking tidak terjadi pada mobil.

ledakan knocking ini terjadi pada saat proses TMA apa itu TMA dapat sobat keren baca di link berikut cara kerja mesin 4 tak , saat proses tma adalah dimana akhir langkah kompresi tetapi bahan bakar yang di uapkan lebih dulu meledak sebelum busi memercikan api sehingga dikenal dengan nama ledakan knocking.

Efek dari knoking ini tenaga menjadi drop dan bensin mobil manjadi boros, oleh karena itu selalu pastikan bahwa sensor knock bekerja dengan baik .

Cara Pemeriksaan Knock Sensor

Cara memeriksa dengan AVO meter  mode pemeriksaan atur skala hambatan  200K hasil harus di bawah 0,26  maka sensor masih layak digunakan . Jika nilai resistansinya tinggi, maka sensor tersebut tentu bermasalah.

Pengecekan knock indicator cukup dengan mengecek arus yang dapat dihasilkan sensor, seharusnya mencapai 10 kO lebih tinggi saat power dimatikan, yang perlu diperhatikan adalah tegangan tiap mobil berbeda-beda.

Letak knock sensor ini justru menempel di area ruang bakar. Jika sensor ketukan rusak, masalah apa yang akan terjadi pada mesin yang akan cepat rusak, seperti blok lapisan silinder yang tergores?

Gejala Knock Sensor Rusak

  • Mesin tidak stabil saat pertama kali dihidupkan
  • Jarak tempuh berkurang karena bensin cepat habis 
  • Irama mesin atau langsam tidak stabil 
Ok sobat keren itulah info kali Fungsi Knock Sensor Yang Terpasang Pada Blok Mesin semoga artikel ini  bermanfaata. idokeren.com
idokeren
idokeren Menyukai dunia Otomotif, Bloger, Informasi yang bermanfaat dan terimakasih sudah mampir di blog ini