Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Macam Macam Mata Gerinda Dan Fungsinya Beserta Gambar

idokeren.com - Macam Macam Mata Gerinda Dan Fungsinya Mesin gerinda adalah salah satu mesin yang digunakan untuk menajamkan, memotong, mengikis atau menghaluskan  bagian  untuk tujuan atau kebutuhan tertentu. 

Prinsip pengoperasian mesin gerinda adalah bahwa batu gerinda yang berputar bersentuhan dengan bagian benda kerja sehingga menyebabkan pengikisan, penghalusan, penajaman atau pemotongan. Pengoperasian mesin gerinda menggunakan roda gerinda atau batu gerinda di mana terdapat banyak mata potong digunakan digunakan dan di sesuiaikan dengan kekerasan object benda yang akan di potong.


Jenis Batu Gerinda

Mungkin banyak yang belum tau, Ternyata mata gerinda mempunyai banyak jenis dan di gunakan sesuia dengan tujuan khusus  simak yuk sobat keren pembasahanya 

Berikut penjelasan jenis dan fungsi mata gerinda. Saya harap informasi ini dapat membantu.

Mata Gerinda Asah (Grinding Wheel)


Mata Gerinda Asah (Grinding Wheel)

Dari sekian banyak jenis peralatan mesin gerinda, produk ini (batu gerinda) yang paling penting digunakan dalam proses metalurgi. Batu gerinda atau biasa disebut "Grinding wheel" berfungsi untuk mengikis permukaan logam baik pada besi, maupun baja dan stainless steel.


Gerinda Tembok (Diamond Turbo Wheel)


Gerinda Tembok (Diamond Turbo Wheel)


Fungsi dari wall grinder adalah untuk menghasilkan permukaan yang halus, mulus, untuk mengikis sisi-sisi granit untuk membuat relung yang sesuai dengan pola yang diinginkan. Jenis grinder ini dapat digunakan untuk mengikis permukaan semen, dinding marmer / granit.


Amplas Gerinda

Amplas Gerinda



Ada dua jenis kertas amplas yaitu  fibre Disc dan Flap Disk. Amplas ini berfungsi untuk membuat permukaan menjadi halus dan rata dengan cara menghaluskan permukaan baik itu  logam atau  kayu.


Mata Batu Gerinda Potong (Cutting Wheel)

Mata Batu Gerinda Potong (Cutting Wheel)



Batu gerinda, juga dikenal sebagai "gerinda pemotong", memiliki bentuk yang berbeda dari batu gerinda lainnya. gerinda pemotong ini memiliki bentuk datar, ketebalan produk bervariasi dari 3 - 8 mm. 

Sesuai dengan fungsinya mata gerinda potong plat besi, batu gerinda pemotong hanya digunakan untuk membuat pemotongan pada  logam, baik untuk baja ringan, baja dan stainless steel, ketebalan mata gerinda di sesuikan dengan benda yang akan di potongya. kadang mata gerinda ini disebut  Mata gerinda multi fungsi 

Mata Gerinda Asah Spons (Grinding Wheel Sponge)

Mata Gerinda Asah Spons (Grinding Wheel Sponge)



Mata gerinda penghalus granit menggunakan mata gerinda asah spons (Grinding wheel Sponge) digunakan untuk menghaluskan dan memoles permukaan marmer / granit. Proses pengerjaan pemasangan marmer / granit selalu disertai dengan proses pemotongan atau pengikisan, sehingga hasil dari proses ini menghasilkan permukaan yang tidak kembali mengkilat tampilannya pada marmer / granit.

Pisau Potong Keramik (Diamond Wheel)

Pisau Potong Keramik (Diamond Wheel)



Sesuai dengan namanya, pisau pemotong keramik / diamond wheel memiliki fungsi untuk memotong keramik. Tergantung pada jenisnya,

Ada dua jenis pisau pemotong kerami yaitu  basah dan kering :
  • Pada pisau keramik basah, air harus digunakan sebagai pendingin pisau selama proses pemotongan, dan saya lebih prefer menggunakan mata gerinda potong basah karena debu juga tidak mengganggu pernafasan.
  • sedangkan jenis kering tidak membutuhkan air.

Mata Gerinda Asah Woven (Non Woven Nylon Wheel)

Mata Gerinda Asah Woven (Non Woven Nylon Wheel)



Gerinda  non-woven adalah jenis roda pemoles yang memiliki fungsi menghaluskan dan memoles benda, seperti mata gerinda asah spons. Namun, perbedaan meraka adalah pada objeknya , mata gerinda spons Bahan yang dipoles adalah batu. 

Sedangkan mata gerinda asah woven  digunakan untuk bahan finishing seperti logam, besi, baja tahan karat aluminium. Anda harus tahu bahwa mata gerinda asah woven ini tidak digunakan untuk memoles atau memoles bahan benda kerja, tetapi hanya untuk menyelesaikannya.

Walaupaun mereka dapat digunakan  tetapi hanya sedikit jika di paksakan, karena hanya  dapat mengikis lapisan logam.

Sikat Gerinda (Steel Wire Brush)

Sikat Gerinda (Steel Wire Brush)


Sikat gerinda  berfungsi untuk membersihkan permukaan logam dari kotoran seperti karat, kerak akibat oksidasi pada permukaan logam. 

Alat ini juga dapat digunakan untuk menghilangkan lapisan kulit kayu liar untuk menghilangkan lapisan tersebut. Alat ini memiliki 2 jenis tipe yaitu bentuk mangkuk ( cup wire brush) dan bentuk rata (whell wire brush).

Polishing Pad & Wool Poles (Wool Polishing)

Polishing Pad & Wool Poles (Wool Polishing)



Wool Polishing adalah mata gerinda  yang digunakan untuk proses finishing dengan kain poles. Roda gerinda jenis ini biasa digunakan untuk mengkilapkan body mobil, khususnya permukaan mobil yang  menggunakan  wax. dapat juga sebgai  penghapus goresan dihaluskan pada permukaan yang tergores, kemudian  wool poles dengan lembut bergerak perlahan ke permukaan body mobil sampai mengkilap.

Mata Gerinda Flexible (Flexible Grinding)

Mata Gerinda Flexible (Flexible Grinding)



Mata gerinda ini mirip seperti mata gerinda asah, tetapi lebih tipis dengan pola di permukaan. Jenis mata gerinda  ini biasanya digunakan untuk mengikis permukaan logam khusus pada bagian yang sempit karena itu bentuknya menyesuikan dimata gerinda ini jug ada pola patern - nya sehingga pengikisan pada tempat sempit dapat dilakukan.

Alat Pelindung Diri Untuk Pekerjaan Dengan Gerinda 

Untuk semua sobat keren sebelum menggunakna alat potong gerinda ada baiknya selalu menggunakan pengaman diri seperti sarung tangan tebal dan kacamata untuk melindungi dari percikan kembang api dan debu besi yang berterbangan, Juga jangan lupa menggunakan masker karena jika debu besi terhirup masuk ke tubuh akan sangat berbahaya 

Nah semoga info tentang macam macam mata gerinda dan fungsinya dapat bermanfaat agar kita tidak salah menggunakna mata gerinda sesuia dengan fungsinya sekian idokeren.com

idokeren
idokeren Menyukai dunia Otomotif, Bloger, Informasi yang bermanfaat dan terimakasih sudah mampir di blog ini