Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

ASURANSI TLO ADALAH ( Total Loss Only ) APA MAKSUDNYA ?

idokeren.com - Asuransi tlo adalah, Jangan pernah berasumsi bahwa asuransi mobil hanya untuk mobil-mobil terbaru dealer. Jika memang sangat membutuhkan bisa juga menggunakan jasa perusahaan asuransi mobil yang lebih cocok untuk mobil bekas.

Terkadang masih ada orang yang tidak bisa membedakan antara asuransi TLO dan asuransi all risk. Tapi keduanya tidak sama. Penting juga untuk memahami perbedaan antara kedua asuransi ini agar Anda dapat memilih produk asuransi yang tepat untuk kendaraan Anda.

Ini Perbedaan Asuransi TLO dengan Asuransi All Risk

Pastikan Anda mengelola uang dengan baik agar tidak merugi dan dilindungi oleh asuransi mobil sehingga Anda tidak perlu khawatir dengan biaya servis dan perbaikan yang tinggi karena ada polis asuransi yang menanggung hal tersebut. Anda juga bisa mendapatkan ganti rugi jika mobil Anda dicuri karena asuransi mobil TLO.

Diartikel ini akan dijelaskan contoh perlindungan asuransi TLO dengan detail dan lengkap.

ASURANSI TLO ADALAH ASURANSI TOTAL LOSS ONLY APA MAKSUDNYA ?


Ada sedikit perbedaan antara TLO dan all risk.

Asuransi definisi TLO adalah asuransi yang menanggung lebih dari 75 persen dari total biaya perbaikan mobil yang rusak.

Sementara definisi asuransi all risk ialah asuransilah yang membayar biaya perbaikan mobil untuk kerusakan yang ringan sampai berat.

perlindungan dengan asuransi all risk disebut COMPREHENSIVE lebih diutamamakan menggunakan asunasi all risk daripada asuransi TLO

Singkatnya asuransi mobil TLO ini adalah jenis asuransi yang menjamin penggantian biaya jika mobil Anda hilang atau rusak dan kerugiannya melebihi 75%. Misalnya jika mobil Anda menabrak dan trotoar rusak bumper mobil Anda tidak akan bisa mengklaim kerugian denagn asuransi TLO.

Karena kerugian hanya bagian kecil dari kerusakan. Untuk jenis kerusakan ini kendaraan Anda harus memiliki asuransi penuh atau komprehensif / allrisk untuk membayar kerusakan tersebut. Contoh lain jika mobil Anda diparkir saat bepergian di mal dan mobil Anda hilang Anda dapat menggunakan cara berikut untuk mengklaim asuransi kerugian penuh TLO.

Mengapa asuransi TLO lebih disarankan daripada asuransi all risk ?

Salah satu sebab mengapa asuransi ini sangat direkomendasikan kepada perusahaan asuransi all risk adalah karena premi yang dibayarkan sangat murah. Mobil berumur 10 tahun kebawah dari tahun anda beli masih bisa diasuransikan.

Misalnya pada tahun 2019 Anda membeli mobil bekas produksi tahun 2015. Artinya mobil bekas yang menggunakan asuransi mobil TLO masih bisa diasuransikan.

Pada mobil baru memang di anjurkan untuk asuransi komprehensif untuk mobil baru. Hal ini untuk menjamin keamanan dan kenyamanan selama berkendara. Tidak ada yang tahu jika mobil Anda tidak sengaja dicuri saat bekerja atau tertangkap di jalan raya. Beberapa dari bencana ini mungkin karena kesalahan orang lain.

Oleh karena itu agar menghindari kerugian besar lebih baik berjaga jaga dengan mengasuransikan mobil anda sesuia dengan pertimbangan diatas.

Premi asuransi TLO

Berdasarkan srat edaran dari otoriatas jasa keuangan (OJK) 6/SEOJK.05/2017 pembayaran premi termasuk TOTAL LOSS ONLY telah di tentukan oleh surat resmi OJK .

didalamnya terkait dengan premi jenis kendaraan dan wilayah ikut juga menjadi penentu uang jumlah premi yagn di bayarkan

Premi memberikan perlindungan selama satu tahun dengan satu kali pembayaran untuk asuransi TLO dari 0,2% - 0,65 dari nilai kendaraan pelanggan.

JENIS KENDARAAN NON BUS DAN NON TRUK (MOBIL)

Data dibawah ini dilansir dari lifepal.co.id

Kategori Uang Pertanggungan Provinsi 1 Provinsi 2 Provinsi 3

Kategori 1 0 s.d.Rp125.000.000 0,47%-0,56% 0,65%-0,78% 0,51%-0,56%

Kategori 2 >Rp125.000.000 –Rp200.000.000 0,63%-0,69% 0,44%-0,53% 0,44%-0,48%

Kategori 3 >Rp200.000.000 –Rp400.000.000 0,41%-0,46% 0,38%-0,42% 0,29%-0,35%

Kategori 4 >Rp400.000.000– Rp800.000.000 0,25%-0,30% 0,25%-0,30% 0,23%-0,27%

Kategori 5 > Rp800.000.000 0,20%-0,24% 0,20%-0,24% 0,20%-0,24%


Tarif Premi Premi asuransi mobil juga disesuaikan dengan daerah mobil dikeluarkan.

Provinsi 1: Sumatera dan Kepulauan di sekitarnya

Provinsi 2: DKI Jakarta, Jawa Barat, dan Banten.

Provinsi 3: Selain Provinsi 1 dan Provinsi 2.

Sebagai contoh misal kategori 2 dengan type kendaraan nonbus dan non truk dengan pembayaran premi diatas 125 - 200 juta untuk Provinsi 1 dengan batas 0.63% - 0.69%

dicontohkan harga kendaraan mobil Rp. 100.000.000 , dengan premi TLO Rp.100.000.000 X 0,69% = Rp. 690.000 ( premi yang di bayarkan pertahun.

dan jika anda ingin simulasi perhitungan premi asuransi TLO silakan langsung ke web web asuransi seperti lifepal.co.id, Asuransi mobil jasarahaja putera, asuransi mobil sinarmas, asuransi garda oto, asuransi allianz utama indonesia, asuransi mobil adira autocilillin, asuransi adira syariah, asuransi AXA auto insurance, Asuransi aca otomate, abda auto insurance, asuransi kendraan brins OTO, Jasindo oto insurance, asuransi mobil tugu pratama, asuransi MAG, asuransi mobil insurance, asuransi tokio marine, asuransi mobil BCA Insurance disana sudah tersedia


PERBEDAAN ASURANSI TLO DENGAN ALL RISK

Asuransi TLO

Kendaraan anda yang rusak akan di ganti jika kerusakan melebihi >75%

Premi yagn di bayarkan lebih murah di bandingkan dengan asuransi all risk

Rentang usia mobil yang dapat di asuransikan maksimal 15 tahun dan itupun termasuk Towing/Derek dari bengkel partner dan juga kehilangan kendaraan.

Asuransi ALL RISK

Semua jenis kerusakan akn dibayarkan pihak asuransi dimuali dari kerusakan ringan dan berat

Premi yang di bayarkan lebih mahal dari asuransi TLO.

Kerusakan kerugian yang di jamin meliputi kehilangan kendaraan dan juga pembuatan STNK baru.

ASURANSI TLO UNTUK MOBIL BEKAS

Asuransi TLO juga memberikan pelayanan terhadap kendaraan yang sudah lawas,Tetapi dengan ketentuan maksimal usai kendaraan di kisaran 15 tahun sedangkan untuk asuransi allrisk memberikan usia sampai 10 tahun


CARA KLAIM ASURANSI TLO


Salah satu agar asuransi anda di bayarkan anda harus mengikuti beberapa tahapan proses seperti dibawah ini :

Mengajukan klaim

Dari sejak kendaraan anda mengalami kerusakan maksimal 5 hari kerja anda sudah harus melaporkan ke pihak asuransi, Dengan telepon ke call center asuransi anda. Dan jika pihak asuransi sudah mempunyai aplikasi sendiri untuk melaporkan klaim maka itu lebih mudah lagi.

Data dokumen lengkap

Proses yang paling penting adalah kelengkapan data oleh karena itu data harus lengkap seperti dokumen asuransi yang anda pilih, Mengisi klaim produk yang telah di isi, Klaim bisa dikirm via email atau wa tergantung pihak asuransi. Dan tak kalah penting adalah bukti foto-foto saat kendaraan anda menglami kecelakaan / kerusakan baik ringan atau berat.

Tau tujuan bengkel rekanan yang di ajukan

Carilah bengkel rekanan asuansi yang terdekat denagn rumah anda agar anda dapat mudah untuk memeriksa atau mengecek kendaraan anda, Hal ini dengan melihat daftar list bengkel rekanan dari asuransi yang anda pilih atau menelepon Customers Service asuransi anda.

Mengisi formulir klaim asuransi

Untuk klaim asuransi mobil mobil anda harus ke bengkel yg dipilih atau di tunjuk kemudian mengisi formulir yg disediakan menggunakan materai yg di tandatangani


Menunggu pemberitahuan dari penyedia asuransi

Bengkel pilihan anda akan mengkonfirmasi pihak asuransi dan untuk mengetahui apakah asuransi di setujui atau tidak, Jika di aprove maka kendaraan anda segera di perbaiki kerusakanya.

Dan Bagi kendaraan dengan klaim kehilangan atau di curi orang seperti ini prosesnya :

1. Saat terjadi kehilangan adan harus sesegera mungkin melaporkanke pihak yagn berwajib / kepolisian

2. Menjelaskan secara detail dan tertulis mengenai kehilangan tersebut.

3. Bawa seluruh barang bukti anda STNK, BPKB, SIM, KTP dan juga surat laporan kehilanagnd ari rt/rw setempat.

4. Setelah semua syarat terpenuhi maka anda bisa mengajukan klaim.


TIPS AGAR ASURANSI TLO TIDAK DI TOLAK

Untuk menjadi perhatian kita semua bahwa sering kali terjadi penolakan dari pihak asuransi oleh karena and juga harus tau penyebab-penyebab klaim asuransi di tolak oleh karena itu silakan di baca agar terhindar dari penolakan polis asuransi anda agar semakin lancar dalam pengajuan asuransi.

Baca Juga : Penyebab Klaim Asuransi Mobil Di Tolak


BISAKAH ASURANSI ALL RISK DAN TLO DIKOMBINASIKAN

Sebenarnya asuransi TLO dan ALL RISK dapat di kombinasikan agar bsia merasakan manfaat keduanya, Dengan mengkombinaskian Keduanya tentuny akan lebih banyak manfaat yang didapat.

Caranya dalah pada tahun 1 dan 2 anda bisa menggunakan asuransi all risk dan pada tahun ke 3 dan seterusnya menggunakan asuransi TLO ( total loss only ), Ini dengan pertimbangan bahwa mobil baru mempunyai biaya kerusakan lebih tinggi di tahun tahun awal tersebut walaupun hanya jenis kerusakan sangat kecil.

Kemudian seiring umur mobil yang menua anda bisa menggunakan asuransi TLO sebagai asuransinya, Nah itulah ulasan kita kali ini semoga informasi ini bermanfaat - idokeren.com

idokeren
idokeren Menyukai dunia Otomotif, Bloger, Informasi yang bermanfaat dan terimakasih sudah mampir di blog ini