Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Cuci Helm Pakai Cara Instan Kondusif Nggak?

Beberapa jasa pencucian helm memperlihatkan proses mencuci helm dengan waktu yang singkat. Jasa basuh helm ini biasanya ada di lokasi parkir atau kawasan pembersihan motor. Helm yang dicuci dapat dinantikan dengan waktu 1 hingga 2 jam.


Cuci Helm Pakai Cara Instan Kondusif Nggak?


Lalu apakah helm yang dicuci dengan cara singkat tersebut kondusif untuk kondisi helm itu sendiri? Dijelaskan Executive Director RSV Helmet Indonesia Richard Ryan, helm motor tidak dapat dicuci dengan cara yang singkat.

"Pencucian helm itu nggak boleh ditunggu. Karena density atau kepadatannya dapat rusak akhir cara pembersihan yang salah. Contoh cuci helm di parkiran motor nih, sekitar 2 jam kelar," terang Richard di Jakarta. 

Menurut Richard, jasa pembersihan helm dengan waktu yang singkat biasanya akan mencuci bab inner (busa dalam) atau padding dengan cara yang kasar. Biasanya helm akan direndam memakai air dan disikat dengan sabun.

"Padahal pertama, inner helm itu nggak boleh dicelup ke air. Karena density untuk busanya niscaya akan rusak, mau beliau busa di helm sekelas Arai pun niscaya akan rusak kalau direndam di air," terang Richard. 

Kerusakan helm akan lebih parah kalau inner helm dikeringkan secara paksa memakai alat pengering.

"Jika inner atau padding helm dipaksa mengering dalam waktu 2 jam pakai blower atau open, jadinya busanya akan mengeras kayak spons jadinya," lanjut Richard.

Lalu bagaimana cara mencuci helm motor yang kondusif dan direkomendasikan?

"Untuk bab batok helm boleh dibersihkan memakai air, tapi kalau bab inner helm itu cukup pakai kain chamois (kanebo) saja. Kaprikornus dilap perlahan pakai kanebo, kotorannya niscaya hilang kok," pungkas Richard.