Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Mengobati Sakit Kepala Dengan Terapi Rumahan

idokeren.com - Halo sobat keren. Pada kali ini saya akan memberikan info sehat , saya akan membahas tentang hal hal yang dapat anda lakukan di rumah untuk mengatasi sakit kepala. Oke sobat keren, sebelum anda membaca lebih lanjut, ada baiknya anda membaca terlebih dahulu artikel  saya sebelumnya yang berjudul dibawah ini  


Mengobati Sakit Kepala Dengan Terapi Rumahan


Jika anda sudah membacanya, sebelumnya saya akan membahas dahulu apa itu sakit kepala. Jadi menurut Traditional Chinese Medicine atau pengobatan China, sakit kepala itu merupakan sinyal pada tubuh yang menandakan bahwa terjadi penyumbatan aliran energi dan darah disana.

Dan penyebab-penyebab tersebut bermacam-macam. Saya beri contoh, misalkan terkena paparan angin. Jadi misalkan anda duduk di depan kipas angin, atau ketika anda duduk, ternyata di belakang anda ada AC yang anginnya langsung kena di belakang kepala anda.

Hal itu juga dapat menyebabkan nyeri kepala, karena terjadi gangguan energi di dalam tubuh anda. 

Kemudian, depresi juga dapat mempengaruhi aliran energi dan darah di dalam tubuh anda. Dan ada 1 faktor lagi, yaitu cedera fisik. Misalkan anda habis terjatuh atau kepala anda habis terpukul atau terbentur.

Hal itu juga dapat menyebabkan nyeri kepala karena gangguan aliran energi dan aliran darah tadi. Dengan mengetahui penyebab sakit kepala yang sebenarnya, anda bisa menghindari penyebabnya.

Misalnya anda yang suka begadang/anda yang suka tidur larut malam, anda bisa menghindarinya dengan tidur lebih awal. Kemudian bagi anda yang sering stress/sering tertekan. Anda harus mencari tahu apa penyebab anda stress dan anda dapat mengurangi tingkat stres anda.

Dengan demikian, anda sudah mengurangi penyebab sakit kepala anda.

Mungkin ada beberapa  sobat keren juga yang berkata begini, saya sakit kepala karena kekurangan vitamin D Awalnya saya tidak tahu maksudnya bagaimana. Ternyata maksudnya kekurangan Duit ( :V ).

Jika anda mengalami hal ini, sebaiknya anda belajar dan berusaha lebih giat untuk menghasilkan uang. Jika anda masih belum mengerti, Sakit kepala juga bisa disebabkan oleh penyakit-penyakit lain. 

Dan disni saya tambahkan lagi, Glaukoma atau pendarahan otak juga bisa menyebabkan sakit kepala. Dan apabila sakit kepala anda parah, terutama bagi anda yang tengah malam bangun dan mengalami nyeri kepala yang sangat hebat,

saya sarankan anda segera mencari dokter atau ke rumah sakit. Atau anda bisa ke IGD terdekat untuk mendapatkan pertolongan pertama. Disana anda bisa mendapatkan pertolongan yang tepat untuk mengurangi terjadinya komplikasi nantinya.

Berikut ini adalah hal-hal yang dapat anda lakukan di rumah untuk mengobati sakit kepala :


Mengobati Sakit Kepala Dengan Terapi Rumahan


1. Hal yang pertama adalah diet/pola makan.

Apa itu diet? Sebenarnya, diet ini bukan hanya untuk mereka yang ingin menurunkan berat badan. Jadi yang saya maksud adalah diet/pola makan. Bagi mereka yang ingin menaikkan berat badan atau menjaga berat badan ideal, itu termasuk diet, yaitu pola makan.

Dalam hal ini adalah pola makan bagi mereka yang sering mengalami sakit kepala. Bagaimana dietnya? Saya jelaskan dahulu. Aliran darah dan energi sangat bergantung pada apa yang dimakan sehari-hari.

Karena makanan yang kita konsumsi dan nutrisi yang kita konsumsi akan berakhir di dalam darah dan meridian. Dan itulah yang menjadi sumber energi bagi kita. 


konsumsilah makanan-makanan real food. 

Apa itu makanan real food? 

Makanan real food adalah makanan-makanan yang tanpa diproses/yang langsung dari alam. Contohnya seperti sayuran segar, buah-buahan segar dan biji-bijian. Jadi tanpa melalui proses misalnya melalui bahan pengawet, tanpa pewarna, pemanis buatan, pengharum dan sebagainya.

Sebenarnya, bahan-bahan tersebut tidak berguna bagi tubuh anda.
Bahkan, dapat membebani kinerja organ-organ di dalam tubuh anda jika anda mengkonsumsinya dalam waktu panjang.

Contoh makanan-makanan tersebut adalah sosis, nugget, makanan kalengan, minuman kalengan, minuman kemasan, apalagi minuman-minuman yang tinggi kadar gulanya. Jadi selain berpengawet, kadar gulanya juga tinggi.  

Itu semua dapat menyebabkan kerusakan pada organ-organ anda. Saya tidak melarang anda jika anda ingin mengkonsumsinya sesekali. Tetapi jika anda mengkonsumsinya setiap hari, pikirkanlah organ-organ di dalam tubuh anda!  

Itu tadi adalah hal yang pertama. Konsumsilah real food.

2. Kemudian langkah yang kedua Memakan Bubur

adalah jika anda sakit kepala, anda bisa menyiapkan atau mengkonsumsi bubur dengan irisan daun bawang, bawang putih dan jahe.

Bubur dapat membantu untuk mengeluarkan keringat pada tubuh anda. Sehingga dapat meningkatkan sistem imun anda. Jika sistem imun anda naik, maka tubuh anda dapat melawan bakteri dan virus.  

Kemudian, bubur ini juga sangat baik bagi anda yang menderita darah tinggi atau kita sebut hipertensi. Tentu saja, anda jangan menambahkan garam atau kecap asin berlebihan karena mungkin bagi anda bubur itu rasanya tawar. 

Selain untuk darah tinggi dan nyeri kepala, bubur juga baik bagi para wanita yang mengalami PMS atau pre menstrual syndrome. Dimana emosi mereka tidak stabil, detak jantung mereka tidak stabil, dan mood juga tidak bagus. Anda bisa mengkonsumsi bubur seperti ini.

Dan bubur ini juga sangat baik untuk nyeri kepala tipe TTH, yaitu Tension Type Headache. Jika anda bingung dengan apa itu TTH, dilaian kesempatan akan saya bahas.

3. Konsumsi suplemen. 

Anda boleh menambahkan suplemen ke dalam makanan anda. Tentu saja suplemen yang anda makan, usahakan berasal dari alam dan bukan berasal dari sintetis.

Suplemen yang saya anjurkan adalah kalsium, magnesium, omega-3, dan vitamin B. Jadi, suplemen-suplemen ini dapat membantu untuk mengurangi nyeri di kepala anda.

4.anda bisa melakukan kegiatan ringan atau exercise/olahraga ringan.

Contohnya seperti anda berjalan-jalan di luar. Anda bisa menghirup udara segar, tarik napas yang dalam. Hal itu dapat membuat tubuh anda lebih banyak menyerap oksigen.

Hal itu akan membuat aliran darah lebih lancar dan oksigen akan mengalir di sekitar kepala anda dengan baik. Hal ini sebenarnya dapat membantu mengurangi nyeri kepala anda.

Kegiatan lain yang dapat anda lakukan adalah bermeditasi.

Mungkin bagi anda yang sering bermeditasi, anda dapat melakukannya di tempat yang tenang, cari posisi yang nyaman untuk anda. Jangan terlalu dipaksakan. Kemudian langkah yang kelima adalah obat-obatan.

Mungkin anda sering mengkonsumsumsi obat-obatan tanpa resep dokter, yang anda beli di luar sana.

Yang perlu anda ketahui terlebih dahulu adalah efek sampingnya. Karena banyak obat-obatan yang mempunyai efek samping penyebab sakit kepala atau nyeri kepala.

Contohnya adalah seperti Pil KB, anti histamin, obat jantung misalnya isosorbide dinitrate dan sebagainya.

Selain obat-obatan, kita juga harus menghindari kafein. Mungkin bagi beberapa orang, setelah mengkonsumsi kopi/kafein dapat meringankan sakit kepala.

Tetapi bagi beberapa orang, mengkonsumsi kopi dapat menyebabkan sakit kepala. Jantung berdebar dengan kencang. Jadi, anda harus mengetahui konsisi tubuh anda. Cocok atau tidak jika anda sakit kepala lalu mengkonsumsi kafein? Atau justru kafein dapat menyebabkan anda sakit kepala?

5. konsumsi alkohol. Alkohol ini juga dapat menyebabkan anda sakit kepala.

Karena mereka yang mengkonsumsi alkohol berlebihan, contohnya mereka yang depresi & stress justru lari ke minuman alkohol.  Akhirnya, pada pagi hari mereka sakit kepala dan tidak bisa masuk kantor/tidak bisa kerja.

Kemudian penyakit-penyakit penyerta seperti darah tinggi, gula darah yang fluktuasinya tidak terkontrol, hal itu dapat menyebabkan nyeri kepala.

Jadi bagi penderita darah tinggi atau penderita diabetes, saya sarankan untuk memiliki alat tensi atau alat untuk mengecek gula darah di rumah.

Sekarang sudah tersedia yang digital, sehingga anda tidak perlu repot. Tapi ingat, baterainya harus penuh. Jadi jika anda sakit kepala, bagii penderita darah tinggi, cobalah cek tensi anda di rumah. Ukur tekanan darah anda. Mungkin tekanan darah anda sedang tinggi.

Jika demikian, anda harus segera ke dokter untuk memeriksakan diri anda. Oke, jadi itu adalah 5 hal yang dapat anda lakukan di rumah bila anda mengalami nyeri kepala.  

Dan tujuan saya membahas info  ini sebenarnya adalah untuk mengubah gaya hidup anda/mengubah lifestyle anda menjadi lebih baik dan tetap sehat.

info ini tidak menggantikan peran dokter untuk mendiagnosa penyakit anda.

Ingat, anda tetap membutuhkan dokter untuk berkonsultasi. Semoga dengan adanya info ini, anda dapat mengurangi kebiasaan membeli obat-obat sembarangan di luar. 

Karena jika obat tersebut diminum dalam jangka panjang, apalagi tanpa resep dokter & tanpa pengawasan dokter, maka dapat memberikan efek buruk bagi kesehatan anda.

Jika anda merasa info  ini baik untuk anda, share kepada teman-teman anda, orang tua anda, dan kerabat anda.tulisan ini merefence dari youtube Dr sung dan anda bisa melihat info ini juga di SB30 Health terimakasih - idokeren.com