Widget HTML Atas

Macam Macam Gambar Baut Dan Mur Serta Penjelasanya

idokeren.com - Dunia otomotif tidak jauh dari namanya baut dan mur kedua komponen ini terdapat berbagai  ukuran mur baut yang beredar di pasaran kedua komponen ini berfungsi untuk menyatukan atau mengencangkan dua buah objek baik itu yagn berpasangan atau tidak berpasangan, Bagai sebuah ikatan tanpa buku pernikahan tidak akan bertahan lama begitu pula tanpa kehadiran baut dan mur maka ikatan tersebut tidak akan lama bagaikan dua sejoli yang selalu bersama sampai maut memisahkanya ( :V ) berikut macam macam gambar baut dan mur serta penjelasanya.

Macam Macam Gambar Baut Dan Mur Serta Penjelasanya
Macam Macam Gambar Baut Dan Mur Serta Penjelasanya  : Foto SAA Indonesia


Walaupun sobat keren terbiasa dengan mur dan baut tapi pernahkah  membaca tulisan seperti di blog ini yang berisi absurd tapi bermanfaat ( yeaaah ).

Sedikit kekacauan penulisan di awal agar mata melek lagi. Konstruksinya yang beragam dari kecil sampai besar selalu menjadi point penting dalam suatu pengerjaan penyatuan dua buah benda kerja.

Di berbagai kendaraan otomotif motor, mobil, kereta, sepeda, pesawat bahkan alat rumah tangga serta lainya kita selalu menemukanya mur dan baut.

Definisi Baut merupakan sebuah benda untuk menyambung dengan ulir di badanya serta mempunyai bentuk kepala persegi enam pada umumnya dan sisi satunya selalu berpasangan dengan  mur sebagai pengunci, Ulir baut ada yang mempunyai ulir kasar dan ulir halus  jadi jangan salah beli.

Definisi Mur  sebuah benda persegi enam dengan lubang di tengahnya yang berulir dan selalu menjadi teman setia baut dimanapun berada dan mur bukan tipikal benda yang setia karena asal ulir baut bisa masuk maka boleh menjadi pasanganya (awookwowww ) apa coba gajebo.  mur berfungsi sebagai pengikat atau pengencang sebuah benda yang di satukan oleh mur dan baut.


Macam Macam Gambar Baut Dan Mur 

Set Screw ( Baut Pengikat )


Set Screw ( Baut Pengikat )
Set Screw ( Baut Pengikat )
Baut ini paling sering di temui atau dikenal dengan baut berkepala ( Cap Screw ) dengan kepala segi enam kadang warna baut menentukan kekerasan dari bahanya paling standar berwarna kuning, kemudian silver , dan yang paling kuat berwarna hitam.

Stud Bolt ( Baut Tanam )

Stud Bolt ( Baut Tanam )

Stud Bolt ( Baut Tanam )

Baut tanam mempunyai ciri khas tidak berkepala tetapi mempunyai ulir di bagain kiri dan kanan baut mode ini biasanya salah satu sisinya di tanam di dalam mesin dan satunya lagi sebagai pasangan mur pengencang . Sering kita melihat kerja baut ini di kepala silinder sepeda motor dengan baut berjumlah 4 dan sangat panjang untuk menyatukan Bagian  Mesin, Boring dan Head Cylinder dan berpasangan dengan mur topi sebagai pengencangnya.


Round Head Bolt ( Baut Berkepala Bulat ) 

Round Head Bolt ( Baut Berkepala Bulat )

Round Head Bolt ( Baut Berkepala Bulat )

Baut kepala bulat dan mempunyai sebagai persegi pada tangkainya, Digunakan untuk mengikat sebuah benda pada tempat yang sering mendapat getaran dan rentan renggang dan tangkai perseginya agar baut tidak mudah bergeser selalu pas pada tempatnya, Bisa juga di gunakan pada kayu atau body truk dll

Partially Threaded Bolt ( Buat Berkepala Obeng  )

Partially Threaded Bolt ( Buat Berkepala Obeng  )

Partially Threaded Bolt ( Buat Berkepala Obeng  )

Baut ini mempunyai kepala rata atau bulat dimana unutk mengencangkanya menggunakan sebuah obeng, Baut yang berkepala rata biasanya di gunakan agar kepala baut dapat menyatu rata dengan bidang datar yang  di kencangkanya misalnya pada motor supra x atau grand sehabis mencopot magnet maka kita harus mencopot penutup rantai ketengnya dan anda akan menemui baut dengan jenis ini.


Gutter Bolt 

Gutter Bolt

Gutter Bolt 

Baut ini memiliki drat penuh dan sering dilapis  galvanis, bentuk kepalanya berbentuk kubah dengan fungsi obengan untuk mengencangkanya di gunakan unutk mengencangkan objek yang tidak terlalu memerlukan pengencangan yang kuat sering di temui di body sepeda motor untuk mengencangkan baut cover.

Grub Screw

Grub Screw

Grub Screw

Bagi anda yang sering mengganti kampas rem depan supra x 125 pastinya sering menjumpai baut ini Grub Screw adalah penutup baut as cakram pada caliper berfungsi agar baut yang dalam pada caliper tidak terlepas, kesalahan yang sering terjadi saat mengencangkan baut ini terlalau kuat padahal fugnsinya hanya sebagai penahan saja.

Jika sudah terlalu kuat saat mengencangkanya maka pada saat membukanya kembali sering tidak bisa di buka atau lubang baut L nya sering slek  dan akhirnya di bawa ketukang bubut agar  dapat di buka kembali dengan cara di bor hal ini berdasar pengalaman peribadi ( :V ).

Self Drilling Screw

Self Drilling Screw

Self Drilling Screw

Baut sekrup dengan ukiran drat pada batangnya biasa di gunakan pada kayu atau jenis seng tipis,  Drat yang berbentuk ulir sangat efektif mengikat kayu dengan sangat kencang, screw ulir ada ada dua jenis menurut kebergunaanya 

1. Ulir jarang / kasar biasanya di gunakan untuk kayu yang empuk atau lunak.
2. Ulir rapat atau halus biasanya di gunakan untuk kayu yang berjenis keras.


Batery Bolt ( Baut Batery )

Batery Bolt ( Baut Batery )

Batery Bolt ( Baut Batery )

Baut untuk mengencangkan kutub positif dan negatif pada aki, mempunyai jenis logam yang lunak tetapi cukup kuat dan bagus dalam menghantarkan listrik anda bisa menemukany pada sepeda motor untuk jenis baut ini

Plow Bolt 

Plow Bolt

Plow Bolt 

Baut plow bolt baut yang bisa masuk rata kedalam lubang tanam dan kepalanya tenggelam sampai rata dengan komponen tersebut, Digunakan untuk merekatkan kayu dan mengunci komponen Dozer dan grader umunya di gunakan pada alat berat.

Square Head Bolts

Square Head Bolts

Square Head Bolts

Baut jenis ini jarang di temukan pada kendaraan tetapi banyak di gunakan pada dunia industri berat maupun konstruksi dengan bentuk kepala kotak karena berfungai menahan baut tersebut pada suatu tempat tanamnya.


Flange Bolts ( Baut Topi )

Flange Bolts ( Baut Topi )

Flange Bolts ( Baut Topi )

Flange bolts atau lebih dikenal baut topi, baut ini seperti terdapat penambahan ring pada kepalanya tetapi bukan ring memang asli ( Flens ) bubungan mirip ring pada kepala. baut topi memiliki kelebihan kekuatan pada materialnya sehingga jika anda mau memotongya lebih baik gunakan gerinda agar lebih mudah.

Castellated Nut

mur mahkota castellated nut
mur mahkota castellated nut
Mur berbentuk mahkota dengan kuncian pada sisinya bertujuan agar objek yang di pegangnya tidak berubah atau bergeser sering di temukan pada pengunci kopling sepeda motor atau pengunci rumah kopling pada sepeda motor.


Lock Nut ( Mur Pengunci )

Lock Nut ( Mur Pengunci )

Lock Nut ( Mur Pengunci )

Mur pengunci ( lock nut ) mur seperti mendapat tambahan ring tetapi bedanya sudah menyatu dengan mur utama dan berfungsi sebagai pengunci mur ini efektif di gunakan pada bagin komponen yang bergerak seperti anda dapat temukan pada pengunci roda belakang motor matik .

Cotter Pin ( Pin Pengunci )

Cotter Pin ( Pin Pengunci )

Cotter Pin ( Pin Pengunci )



Cotter pin atau pin pengunci di gunakna untuk menahan atau mengunci mur agar tidak bergerak dengan bentuk pada sisinya rata dan pada sisi lainya bulat .

Baut U 


Baut U

Baut U digunaan untuk mengunci dan memegang objek atau benda yang di tempelkan, Jika anda membeli antena dan memasangnya di atap atau menggunakan sebuah galah atau kayu maka baut u sering di gunakan untuk memegangya dengan kuat.

Nah sobat keren semoga informasi tentang macam macam gambar baut dan mur dapat bermanfaat bagi anda semua terimaksih idokeren.com
idokeren
idokeren Menyukai dunia Otomotif, Bloger, Informasi yang bermanfaat dan terimakasih sudah mampir di blog ini