Widget HTML Atas

6 Penyebab Dan Cara Mengatasi Engkol ( Kick Stater ) Motor Bebek Dan Sport Ngelos

Idokeren.com - Sobat keren berbicara tentang kick stater atau kita kenal dengan engkol ngelos atau ketika sepeda motor coba dinyalakan dengan kaki maka sepeda motor tidak bisa hidup bahkan tidak ada tenaga dan tendangan kompresi yang balik. Terus apakah penyebab kick stater rusak ini dari kompresi eits .. jangan ambil kesimpulan dulu sebelum membaca tulisan aku di bawah ini ya ok sob.


6 Penyebab Dan Cara Mengatasi Engkol ( Kick Stater )  Motor Bebek Dan Sport Ngelos


Permasalahan engkol motor ngelos memang sedikit menyebalkan saat kita sedang terburu buru ingin menghidupkan mesin teryata mesin ngelos atau di selah-selah tidak kena-kena dan terasa ringan sekali.

Berbicara soal engkol ngelos sat di selah ini berkaitan dengan banyak hal , Oli, Klep , Kompresi, Kampas kopling dan Plat kopling dan si pengguna sendiri ya sob. Maklum namanya mesin tidak bekerja sendirian tetapi merupakan bagian bagian komponen yang saling bekerja sama.


Kampas kopling dan Plat kopling
Kampas kopling dan Plat kopling

Penyebab Dan Cara Mengatasi Engkol Motor Ngelos

1. Kompresi Hilang 
Kompresi yang hilang akan membuat sepeda motor baik itu bebek atau sport akan terasa ringan saat sepeda motor  di selah menggunakan kaki.

Apa penyebab kompresi hilang ?

Klep Bocor / Terganjal Kerak ( Carbon / Arang ) 
Kompresi hilang bisa di sebabkan oleh beberapa hal yaitu terganjalnya klep sepeda motor oleh carbon  arang hasil pembakaran motor, Sehingga klep tidak bisa menutup dengan rapat.

Hal ini disebabkan pengggunaan bahan bakar yang mempunyai kadar oktan rendah seperti bensin premium dan sejenisnya atau bisa bahan bakar di campur dengan cairan lainya. Sehingga pembakaran bahan bakar bensin dan udara tidak sempurna dan menimbukan kerak atau carbon.

Solusinya jangan pakai bahan bakar yang buruk ya sob.

2. Klep Bengkok
Klep bengkok sebenarnya ini jarang sangat terjadi tapi jk amotor anda habis dalam perawatan besar / service besar tentunya hal ini menjadi logis untuk diperkirakan. Penyebab klep bengkok ialah klep beradu dengan piston dikarenakan timing buka tutup klep IN dan OUT tidak tepat

Penyebab timing waktu buka tutup klep tidak tepat dalah penyetelan klep yang salah karena memposisikan top tidak benar.

Dan kedua rantai mesin / keteng telampau kendur sehingga menyebabkan keterlambatan dalam mengerakan perputaran gear sprocket poros engkol dan noken as / cam shaft tidak pada waktunya.

Dan jika hal ini terjadi pada kendaraan sobat keren lebih baik bawa kebengkel karena rumit banyak yang harus di analisa jika hal ini terjadi.

3. Oli Mesin Jarang Ganti
Sobat keren terlihat sepele tapi memang itulah kenyataanya dilapangan sob, bilangnya baru ganti oli sebulan lalu, Tetapi oli dah hitam legam kayak yang punya motor kesal banget aku tuh sob kalo ketemu pelanggan tukang cipoak-in  aku deh dikira kita ini anak kemarin sore apa ya ( :v )

Kubuka saja tuh oli lalu kubilang ma punya motor.

Pak ini oli motornya seperti oli gak pernah ganti setahun pak  ( merah lah muka yang punya motor :V ). entah anaknya yang memang jika disuruh bapaknya ganti oli motor tidak pernah ganti atau bapaknya yang berbohong neeh sob heheh.

Tapi itulah kenyataanya dilapangan sobat keren macam macam manusia dan bentuknya. Tentunya bukan sobat keren kan.

Oli yang jarang ganti daya proteksinya terhadap komponen mesin akan berkurang dan kampas kopling motor bebek dan sport menganut  kopling basah dimana selalu terendam oleh cairan pelumas oli ketika kualitas oli menurun perlindungan kampas yang begesekan dengan plat kopling berkurang.

Dimana oli yang sudah jelek hitam pekat dan legam membuat kampas kopling dan plat kopling yang seharunya lengket menjadi sangat licin. Oleh karena itu sob jika father menyuruh kita ganti oli  lebih baik ganti oli jangan di buat jajan atau modifikasi motor dulu ( :V )

Baca Juga : Efek Telat Mengganti Oli Mesin Motor Mesin Rusak Parah

4. Per Kampas Kopling Lemah
Dialam jeroan mesin di daerah kopling ada namanya per kopling fungsinya utuk menekan dengan kuat kampas kopling agar dapat membawa plat kampas kopling  dan menggerakan gigi transmisi, jika per kopling sudah lemah maka ini juga dapat menjadi penyebab kicstater ngelos.

Solusinya ganti per sob sekalin dah ganti kampas kopling dan plat kampas kopling dan biasanya merembet kalo dah bongkar mesin.

Biasanya kalo udah di bongkar karena udah seumur hidup gak pernah di bongkar sekalian dah tuh ikutan si kampas ganda , rumah kampas ganda orang umum bilangnya rumah payung kampas ganda dikira payung apaan entar, terus gear pompa oli sekalian dah nah jadi banyak kan tinggal emak marah dah dirumah liat tagihanya sambil melotot.

Soalnya paan  mumpung di buka dan kelihatan apa saja yang rusak mending di ganti sekalian dari pada ngirit terus besoknya ada lagi ajah yang rusak bengkel mah senang ajah kan jasanya beda lagi hehehe dan gak masuk garansi.

5. Kesalahan Setelan Kopling
Kesalahan dalam penyetelan koling kerap terjadi dan membuat kick stater saat diselah ngelos dikarenakan penyelan kopling yang terlampau tinggi atau terlalu menekan kampas kopling. jadi misalkan pada motor bebek  sedikit saja menginjak pedal kopling maka stut kopling langsung menekan dan membebaskan kopling sehingga menjadi renggang dengan plat kopling

Harusnya penyetelan yang benar sudah aku tulis di bawah ini ya sob.

Baca Juga : Cara Mengatasi Oper Gigi Sepeda Motor Sulit masuk Pada Motor Bebek Dengan Sangat Mudah

6. Cara Penggunaan Yang tidak Tepat
Untuk permasalahan kick stater ngelos pada motor bebek dan sport dikarenakan penggunaan yang gak bener, permasalahanya sama tetapi beda perlakuan dalam berkendara kita bahas motor bebek dulu ya

Kick Stater Motor  Bebek Ngelos Karena Salah Penggunaan

Ane cerita dulu pengalaman ini sambil menyeruput kopi dan makan rengginang begini ceritanya . kebetulan ini pengalaman pribadi motor baru setahun Supra X125 baru setahun udah  ganti kampas kopling kebetulan motor di pake ma adek ane kan kaget ya baru setahun dah minta ganti kampas kopling ajah dikarenakan ngelos saat di selah jadi susah dihidupkan .

Karena montir ane udah tau penyebabnya bongkar dah tuh ganti baru kampas dan beres, yang jadi penyebabnya adalah kenapa baru setahun motor dah minta ganti kampas koling, secara gitu ganti ol i gak pernah telat, perawatan bagus dah gak pernah khilaf ( :V )

Ternyata eh ternyata setelah di interogasi dengan seksama  dan dengan waktu sesingkat singkatnya kami bangsa indonesia menyatakan kemerdekaan adalah hak segala bangsa ..... eeeh jadi kemari mari tuh tulisan wkwkwk

Sidia make motornya kalo di turunan itu koling sering di teken terus / di injek terus biar kan kalo diturunan kan enak  katanya mesin ngelos dan lancar, duh belum pernah ketiban kunci ring 24 ini bocah ya dalem hati.

Kopling di tekan emang bikin ngelos terus di karenakan kampas gak nekan plat kopling jadi plat kopling gak kebawa putaran mesin. dan efeknya adalah gesekan tipis tipis antara kampas kopling dengan plat kopling kan jadi dah tuh kampas kopling licin dibuatnya.

Terus kan efeknya adalah tenaga berkurang dan ini bukan karena efek kampas ganda ya bang nanti ane buat artikelnya dah kalo tenaga memble karena kampas ganda habis. 

Kalo sekali-sekali gak masalah tetapi kalo dah jadi  perilaku yang tidak baik dan benar dalam keseharian apa iya gak jadi masalah buktinya setahun jebol dah tuh kampas kopling minta ganti  duuuh kalo bukan adek yaaa ( cepol juga neeh ).

Kick Stater Motor  Sport Ngelos Karena Salah Penggunaan

Penyebab ngelosnya gak jauh beda dengan bebek cuma biasanya kebiasan bikers yaitu sering menggantung kopling setengah pada sepeda motor laki atau motor kopling, Dan ini sering terjadi pada kondisi dimana jalan tanjakan dan sering macet dan berliku.

Anak anak touring biasanya sering jebol neh kampas koplingya (:V ) yaitu karena sering menggantung kopling setengah dan keadaanya seperti itu kalo seperti itu mau bagaimana lagi.

Apapun baik motor atau mobil sangat tidak di anjurkan menggunakan kopling dengan setengah atau menggantung kopling pasti kampas cepat habis karena gesekan plat kopling. Karena motor menganut sistem kopling basah jadi tidak berbau coba mobil di tanjakan dan sering gantung kopling pasti tercium bau-bau hangus.

Makanya tidak disarankan memainkan kopling dengan menggantung setengah maka kamu akan kecewa, hubungan saja kalo di gantung terus bisa membuat merana loh sob makanya minta kejelasan si doi lanjut apa gak jangan sampai janur kuning orang lain yang berada di rumah sicinta duuh kasian ( alah ngawur lagi ini mah ).


Nah sobat keren  sepertinya cukup kali ini artikel ini sampai  disini yaitu kick stater ngelos  sampai jumpa lagi sesempetnya ane nulis ya makanya tungguin ya dan sering dimari nengokin blog ane ya, tampa kehadiran dirimu blog ini hampa dan males dah gw nulis lagi kalo gak da yang baca ( :V ) makanya sering-sering balik ya thanks u very much - idokeren.com  
idokeren
idokeren Menyukai dunia Otomotif, Bloger, Informasi yang bermanfaat dan terimakasih sudah mampir di blog ini