Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Ciri Rem ABS Motor Bermasalah dan Rusak Cek Guys

idokeren.com - halo sobat ciri rem abs bermasalah sebelum kita membahas hal tersebut kita bahas dulu yuk tentang teknologi pengereman menggunakan system ABS, Sistem pengereman mendapat perhatian penting para insinyur di bidang otomotif dimana banyak kecelakaan terjadi karena pengereman itu sendiri. Orang yang kaget saat mengendarai sepeda motor seringkali salah dalam melakukan pengereman untuk menghentikan sepeda motor yang  di kendarainya.

Di karenakan hal tersebut para insinyur menciptakan Air Brake System ( ABS ), Rem dengan system ABS mempunyai keunggulan yaitu saat  terjadi pengereman maka rem tidak akan mengunci langsung dan membuat pengereman menjadi lebih aman dan kendaraan jadi mudah di kendalikan saat kondisi diluar perhitungan.

Dengan system pengereman abs sekarang ini yagn di dukung dengans sensor untuk membaca kecepatan putaran roda depan dan belakang , Jika salah satu putaran roda berbeda antara roda depan dan belakang Sensor akan mengirim sinyal ke ECU dan di teruskan ke modulator , Dari sanalah ECU akan mengaktifkan solenoid.

System ABS ini, canggih ya sob kalo orang bilang mah udah hampir menggunankan IOT ( internet Of thing ) duh apa coba ya kesitu situ padahal mah gak nyambung wwkwkw

Intinya begini dah sob, kalo motor kita menggunakan system ABS remnya, Itu rem gak akan langsung mengunci cakram tapi akan mencekram-melepas-mencekram  terus ajah itu caliper kerjanya kayak gitu karena ada sensor yang membaca kecepatan roda depan dan belakang kalo gak sama mulai dah dia kerja kirim sinyal ke ECU untuk  mengintruksikan. Gitu dah pokonya sob.

Proses saat pengereman adalah dimana saat roda dq

Ciri Rem ABS Motor Bermasalah

Untuk mengetahui ciri rem ABS  bermasalah yang paling mudah ya liat di dashboardnya ( panel indikator ) disana ada lampu indikator jika ABS bermasalah maka lampau akan menyala nah jika indikator itu bermasalah maka sebaiknya cepat di periksakan kebengkel ya sob. biar aman dan demi keselamatan  diri sendiri dan orang laian . 

Ciri Rem ABS Motor Bermasalah

Inget ya keselamatan orang lain, Jangan cuma mikir diri sendiri ya sob kan repot kalo orang lain yang sudah berhati hati kena imbasnya juga.

Ciri kerusakan pada master rem yang palin umum adalah ketika kita menarik tuas atau handle rem tidak kembali ke posisi semual atau tidak memantul lagi ini biasanya mengalami kerusakan pada cylinder piston di dalam master rem, Sobat harus memeriksa komponen ini dan hal terkait .

Periksa Juga Pulse Ring 


Pulse Ring

Sebagaimana kita ketahui bahwa sistem kerja abs itu berdasarkan sensor dari pulse ring. Jika sensor ini terganggu akan menyebkan kinerja sensor kurang maksimal. Hal yang dapat menyebabkan hal ini tentunya banyak faktor misalanya debu atau kotoran lumpur yang menempel pada sensor  ini.

Kotoran yang menempel pada sensor ini tentunya akan menyebabkan terganggunya pembacaan dan keakuratan sensor.

Sobat keren juga harus memeriksa dengan teliti apakah pulse ring ini penyok atau tidak, Jika pada pulse ring terdapat kepenyokan maka tentunya perputaranya ring pulse pun akan membuat sensor tidak dapat membacanya dengan keakuratan 100% dan ini mungkin juga mejadi nilai + dan - dari suatu penggunaan teknologi. tetapi tentunya semua hal tersebut sudah di perhatikan atau di teliti oleh pabrikan pembuat.

Jika tidak ada kesalahan dari pemakaian dan umur usia komponen tentunya akan baik-baik saja .

Timbul Suara Berdecit Pada Rem ABS

Ada yang bilang rem ABS tidak akan menimbulkan suara berdecit pada saat pengeremen karena berdasarkan sistem dan cara kerjanya . tetapi menurut ku yang namanya rem dapat menimbulkan berdecit itu karena kampasnya kotor dan licin serta jika piringan cakram mengalami kebengkokan atau keausan (legok ) karena pada saat pengereman pencengkraman rem tidak maksimal atau hanya terkena sebagian piringan pada badan cakram.

Maaf ya ini hanya berdasarkan pengalamam dilapangan, Rem,yang berbunyi itu paling banyak di sebabkan oleh kampas yang kotor. Kampas yang sudah mengeras sehingga licin saat bersentuhan,

Maksud kampas mengeras disini bisa disebabkan motor tidak pernah di pakai bertahun tahun walau pun ini jarang terjadi tetapi mimin keren  pernah menemuinya jadi bisa bermacam macam faktor dan alasan.

Ban Selip Saat Pengereman

Rem abs memang di ciptakan untuk mngatasi hal tersebut , dengan menggunakan rem abs diharapakan kendaraan saat pengereman tidak terjadi selip . Tetapi pada praktek kondisi dilapangan bisa terjadai apapun  misal jalan yang licin saat terjadi pengereman mendadak tentunya 

ini diluar perkiraan dan sensor tidak bisa menduga hal ini karena kecepatan ban sudah berubah antara depan dan belakang. Mungkin pengalaman dan jam terbang seorang biker akan turut menjadi solusi dalam hali ini.

Perawatan Tidak Maksimal Pada Sistem Pengereman

Sebagus bagusnya teknologi jika tidak di iringi dengan perawatan yang rutin dan maksimal juga akan sia sia. Oleh karena point penting dalam menikmati teknologi dalam kendaraan baik itu motor atau mobil adalah perawatan, Kan sayan sob motor udah mahal tetapi tidak pernah di rawat alhasil rusak gak karua-karuan

Perawatan itu dimulai dari penggantian  oli tiap bulan atau berdasar Kilometer motor sobat, Kemudian perwatan service mesin agar selalu prima, Perawatan komponen / Spareparts juga wajib diganti jika memasuki masa / waktu penggantian , kadang kita masih suka mengakali jika masih bisa digunakan karena faktor budget atau faktor lain. Sebisa mungkin lakuakan penggantian jika memang di perlukan agar dapat menjaga keamana dan keselematan seoarng bikers.

Nah sobat keren kayaknya artikel ini sampai sini dulu ya nantikan artikel update lainya, Atau jika sobat keren ada hal yang mau di tanyakan atau di bahas silakan inbox di facebook kita atau instgaram  idokeren kana senang sekali membantu mencari jawaban dari pemasalahan sobat keren terimakasih idokeren.com 
idokeren
idokeren Menyukai dunia Otomotif, Bloger, Informasi yang bermanfaat dan terimakasih sudah mampir di blog ini