Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Tips Menambah Kecepatan Motor tanpa melakukan Bore Up

Idokeren.com – hai semua sahabat setia idokeren... terimakasih telah berkunjung pada blog kita tercinta, saya ucapkan selamat datang. Pada kali ini, kita akan membahas bagaimana cara kita untuk menambah kecepatan motor yang mana tentunya tanpa melakukan Bore UP.

Istilah bore up sendiri sangat familiar dengan dengan kendaraan roda dua. Kenapa? Ya karena para pengendara motor sering sekali melakukan bore up pada kendaraan mereka. Bore up adalah menambahkan diameter dari piston bawaan motor menjadi piston dengan ukuran yang lebih besar. 

Tips Menambah Kecepatan Motor tanpa melakukan Bore Up

Melakukan bore up tentunya akan memeiliki efek negatif dan efek positif. Efek baiknya adalah motor menjadi lebih responsif dan memiliki kecepatan serta akeselerasi yang lebih cepat. Dan efek buruknya adalah piston sangat rentan jebol dan mesin motor sangat mudah overheat. 

Oleh karena hal buruk yang disebabkan, menambah kecepatan motor tana melakukan bore up tentunya memerlukan beberapa tips supaya mesin mampu mengahasilkan daya tenaga yang kuat.

Tujuan menambah kecepatan sebenarnya tergantung dari hobi sang pengendara, saya yakin sobat pasti mengetahui hal ini. Karena ada beberapa pengendara yang memiliki hobi memacu adrenalin dengan mengendarai motor dengan kecepatan tinggi.

Oleh karena itu, beberapa pengendara rela melakukan bore up demi menambah kecepatan motor, tanpa mempedulikan efek negatif dari bore up.

Tetapi sobat jangan khawatir, karena tips – tips dibawah ini yang akan kita bahas yaitu menambah kecepatan tanpa melakukan bore up. Jadi sangat aman untuk diikuti tanpa efek samping seperti yang disebabkan oleh bore up.

Baik, tanpa berlama – lama lagi... mari kita simak pembahasan berikut ini.

Tips untuk Menambah Kecepatan Motor


Seperti biasa, langkah – langkah menambah kecepatan yang akan kita bahas berikut ini beberapa dapat sobat terapkan sendiri. Jadi mari kita simak semua langkah – langkahnya berikut ini.

Mengurangi beban Piston

Langkah yang dapat sobat lakukan untuk menambah kecepatan motor adalah dengan cara mengurangi beban yang berat pada piston.

Hal ini disebabkan karena, jika piston dibebankan dengan beban yang berat, maka justru akan menyebabakan banyak masalah pada sistem mesin motor, yang mana akan berkerja lebih besar dari pada biasanya.

Jadi dapat disimpulkan bahwa, dengan mengurangi beban yang ditanggung oleh piston akan menyebabkan kinerja dari mesin motor akan lebih enteng dan ringan yang mana akan dapat membuat motor sobat akan melaju dengan lebih kencang.

Memperluas Lubang Pembilasan

Hal selanjutnya yang dapat sobat lakukan untuk menambah laju sepeda motor adalah dengan cara memperluas bagian pembilasan yang mana berfungsi sebagai ruang pembakaran.

Kenapa hal ini harus dilakukan? Tentunya karena proses pencampuran antara udara dan gas yang terjadi pada ruang pembakran akan sangat berpengaruh pada daya yang dihasilkan oleh motor.

Secara teknis, jika melakukan perluasan pada bagian pembilasan, tentunya akan membuat gas yang akan masuk semakin banyak, yang mana dengan otomatis akan menyebabkan kepadatan gas yang lebih juga. Dan dampak dari hal ini bisa memicu peningkatan kompresi.

Tetapi perlu diingat bahwa perluasan yang dilakukan harus dalam batas wajar atau normal,. Karena jika terlalu luas akan tidak berdampak baik pada mesin motor.

Untuk meningkatkan rasa aman, sobat perlu konsultasi dengan pihak bengkel modifikasi untuk menentukan apakah langkah seperti ini aman atau tidak jika dilakukan pada motor sobat. Karena, hal ini juga perlu mempertimbangkan usia motor. 


Meningkatkan Tenaga Listrik

Tips selanjutnya yang dapat sobat terapkan yaitu sobat dapat meningkatkan atau menambah tenaga listrik pada motor.

Normalnya, tenaga daya listrik yang dimiliki oleh motor adalah 6 volt. dan Dengan tenaga 6 volt tersebut, sobat dapat meningkatkannya sampai dengan daya sebesar 12 volt, yang mana hal ini akan memacu tenaga motor menjadi lebih besar.


Menggunakan ukuran Ban Standar

Langkah selanjutnya untuk meningkatkan laju sepeda motor yaitu dengan cara menggunakan ukuran ban standar motor.

Pada dasarnya, untuk meningkatkan kecepatan motor, ban yang lebih kecil akan sangat berpengaruh pada performa mesin menjadi lebih enteng. Akan tetapi hal ini juga akan mengakibatkan keamanan dalam berkendara tidak terjamin.

Namun, jika menggunakan ban yang lebih besar tentunya tidak akan menambahkan laju sepeda motor. Oleh karena itu, ukuran ban yang sangat disarankan untuk sobat pakai adalah ukuran ban standar yang digunakan oleh pabrik.

Baca Juga : Cara Mengatasi Ban Habis Sebelah Pada Roda Depan

Minimalisir Volume Ruang Bakar

Hal berikutnya yaitu mengurangi volume dari ruang bakar motor. Pada umumnya, tingkat kompresi bahan bakar dari kendaraan roda dua cukup tinggi.

Sama hal nya seperti pada saat melakukan perluasan pada pembilasan dengan tujuan meningkatkan tingkat kompresi, dengan begitu tenaga yang dihasilkan oleh motor akan lebih besar sehingga menyebabkan laju dari motor akan lebih kencang.

Untuk meningkatkan tingkat kompresi, sobat perlu untuk meminimalisir volume ruang pembakaran dengan cara mengurangi volume pada sistem pembakaran sepeda motor.

Sobat dapat melakukan hal ini dengan cara menggerinda kepala silinder. Hal ini bertujuan supaya nantinya ruang bakar menjadi berkurang dan juga tingkat kompresi akan semakin tinggi.

Dengan tingkat efektifitas yang sangat bagus, sangat wajar bila banyak pengendara roda dua yang akan melakukan hal ini guna mendapatkan motor dengan kecepatan yang tinggi. 

Baca Juga : Cara Menghitung Kompresi Motor Lengkap Dengan Penjelasan


Memodifikasi Noken As

pada sepeda motor terdapat komponen yang bernama noken as. Komponen ini memegang peranan yang sangat penting pada tingkat akselesari yang dihasilkan oleh motor.

Untuk meningkat kecepatan dari motor sobat, sobat dapat melakukan penggerusan pada bagian noken as. Akan tetapi, penggerusan yang dilakukan harus dengan batas wajar dan normal.

Hal lain yang perlu sobat perhatikan ketika melakukan penggerusan yaitu menghindari melakukan penggerusan secara sembarangan. Karena, jika melakukannya secara asal – asalan akan menimbulkan suara yang berisik.

Karena hal ini harus dilakukan dengan benar dan tidak boleh dengan asal – asalan. Maka dari itu, sobat sangat disarankan untuk meminta pihak mekanik melakukan hal ini, mengingat proses melakukan hal ini juga dapat dikatakan sedikti rumit. 

Baca Juga : Cara Menaikan Performa Motor Matic Tanpa Boreup, Emang Nya Bisa? Simak Artikel Berikut .

Menggunakan Busi dengan Kualitas Baik

Selanjutnya, tips yang dapat sobat lakukan untuk mendapatkan kecepatan motor yang maksimal, sobat harus menggunakan busi dengan kualitas yang baik.

Untuk memudahkan sobat dalam memilih busi, sobat dapat menggunakan standar dari pabrik. Namun, sobat sangat disarankan untuk menghindari menggunakan busi yang tidak ori, karena hal ini dapat menyebabkan masalah pada sistem pembakaran motor.

Menggunakan busi dengan kualitas baik dapat mempengaruhi kecepatan motor karena busi sendiri memiliki peranan yang sangat penting pada sistem pembakaran motor.

Jika busi memilki kualitas yang buruk, maka tenaga yang dihasilkan oleh motor akan kurang maksimal. Yang mana jika tenaga yang dihasilkan kurang maksimal, tentunya kecepatan yang dihasilkan kurang maksimal juga. 


Cukup sekian pembahasan kita kali ini. Langkah- langkah di atas memang tidak lengkap atau bahkan hanya sedikit dari sekian banyak cara yang dapat sobat lakukan guna meningkatkan keceptan motor sobat.

Walaupun begitu, hal – hal di atas dapat membantu sobat jika memang benar – benar ingin meningkatkan kecepatan motor tanpa melakukan bore up.

Sebagai penutup, saya ucapkan terimakasih dan terus pantau informasi – informasi menarik seputar dunia otomotif di idokeren. – idokeren.com

Writer : Riski Rahmat H
idokeren
idokeren Menyukai dunia Otomotif, Bloger, Informasi yang bermanfaat dan terimakasih sudah mampir di blog ini