Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Kerja Sistem Percepatan Pada Karburator

idokeren.com - Taukah sobat keren fungsi karburator memiliki bermacam-macam fungsi cara kerja yang  di sesuikan  dengan kondisi saat mesin anda bekerja. Sebagai contoh, pada pagi hari apabila kendaraan pertama kali dihidupkan, maka bahan bakar di suply oleh karburator dan karburator harus sanggup mengatur adonan / campuran bahan bakar agar mempunyai campuran yang lebih  gemuk atau lebihbanyak bahan bakar ketimbang udara. alasannya adalah kondisi mesin yang masih dingin,  membutuhkan materi bahan bakar yang  lebih banyak agar mesin  gampang dihidupkan.

Cara Kerja Sistem Percepatan Pada Karburator


Dengan sistem kerja karburator maka  efisiensi keiritan materi bakar dapat menyesuiakan kebutuhan mesin. Bayangkan, jika karburator bekerja tidak normal, otomatis ini akan mengakibatkan mesin tidak bekerja secara maksimal dan penggunaan bbm menjadi lebih boros.

Baca Juga : Cara Kerja Karburator Pada Kondisi Kecepatan Rendah ( Stationer / Idle)

Salah satu sistem kerja yang terdapat pada karburator ialah sistem percepatan. Sistem ini bekerja pada ketika kendaraan beroda empat pada kondisi akselesari ( dari kecepatan rendah ke kecepatan tinggi  secara mendadak ) atau pedal gas yang diinjak penuh secara tiba-tiba. pada posisi ini suplay materi bakar harus banyak dan menyesuaikan kebutuhan mesin unutk mendapatkan  pembakaran maksimal.

Cara Kerja Sistem Percepatan Pada Karburator

Seperti yang terlihat pada gambar diatas bahwa cara kerja sistem percepatan pada karburator yaitu materi bakar yang ada diruang pelampung akan masuk ke ruang pumpa plunger. Masuknya materi bakar ke ruang pumpa pelunger jawaban gerakan pumpa plunger keatas. Bergeraknya pumpa plunger alasannya ujungnya berkaitan dengan lever pembukaan trhrotle. Pada langkah ini inlet steel ball akan terangkat.

Baca Juga : Fungsi Pelampung Pada Karburator

Bahan bakar yang sudah masuk tidak sanggup kembali ke ruang pelampung, ini alasannya inlet steel ball sudah tertutup kembali. 

Bahan bakar inilah yang menjadi penambah materi bakar ketika pedal gas diinjak secara tiba-tiba. Injakan pedal secara tiba-tiba mengakibatkan tekanan pada materi bakar, sehingga materi bakar akan mengalir mendorong outlet steel ball, mengangkat discharge weight dan keluar melalui lubang pump jet.

Keluarya bensinr pada sistem kerja percepatan yang melalui pump jet berbentuk cair. akan membuat mesin mempunyai tambahan bahan bakar exstra yang akan membuat tenaga tambahan dan ini membuat mesin tidak kehilangan tenaga, Ini dapat anda lihat  jika menekan gas secara tiba-tiba maka cairan akan menyembur dengan spontan pada intakemanifold.

Baca Juga :  Sistem Materi Bakar ( Fuel System ) Pada Mobil

Nah sobat keren rasanya senang sekali menulis tentang otomotif semoga blog ini tetap dapat memeberikan info otomotif yang berkualitas dan pengetahuan baru terimakasih - idokeren.com