Widget HTML Atas

Penyebab Fuel Pump Sepeda Motor Tidak Bunyi Ini Penyebabnya ?

idokeren.com - Sobat keren suara berdesing pada saat menyalakan motor sering kita dengar pada saat memutar kunci kontak ke posisi on pada sepeda  motor injection, Jika sobat mendengarnya berbahagialah karena tandanya motor sobat  keren normal. Tetapi bagaimana jika motor sobat tidak berdesing nah itulah kali ini pembahasan kita tentang penyebab fuel pump tidak berbunyi.



Setiap akan menghidupkan mesin maka sobat mendengar suara berdesing itu artinya pompa pada tanki bensin sedang mempompa bensin dan memadatkan bensin agar bisa bertekanan didalam selang bensin.

Efek jika pompa bensin tidak berdesing kuat maka tekanan semprotan bahan bakar pada motor injection akan berkurang / lemah  maka dapat di pastikan motor sobat tidak akan hidup normal  bahkan tersendat.

Baca Juga : 6 Penyebab Motor Injeksi Susah Dihidupkan Dan Cara Mengatasinya

Apalagi jika tidak terdengar sama sekali suara desingan maka dapat dinyatakan bahwa pompa tidak bekerja atau mati. tapi sebelum menerka bahwa pompa bensin yang rusak ada baiknya sobat mengecek beberapa komponen agar dapat mengetahui sumber permsalahanya.

Dan mungkin saja akan terhindar dari dugaan tak bersalah atas pompa bensin yang ternyata komponen lain yang bermasalah. Dan satu lagi harga pompa bensin itu lumayan sobat misalanya harga fuel pump beat fi di pasaran 300 ribuan tergantung merek dan originalitas. Harusnya masih bisa di gunakan jadi tidak terpakai akibat salah tangkap / salah dugaan melayagn dah tuh 300 ribu.

Penyebab Fuel Pump Tidak Bunyi

1. Aki Low / Drop 
Sobat hal yang pertama harus di periksa adalah aki karena aki adalah sumber utama energy dari pompa bensin di tanki sepeda motor, Bisa saja ternyata akinya yang low atau kurang di charger / cas hal ini menjadi penyebab gejala fuel pump lemah pada motor. Hal ini dapat kita ketahui dengan memeriksa apa instrument di spedometer menyala dengan terang atau tidak.

Atau bisa juga dengan memencet tombol klakson beberapa kali dan dengarkan suaranya apakah normal bersuara kencang atau suaranya seperti orang tercekik jika terdengar tidak normal maka sobat bisa melakukan pemeriksaan aki dengan terlebih dahulu di cas / charger.

Jika sudah di cas ternyata akinya masih begitu itu tandanya akinya harus di lem biru  ( lempar  beli yang baru :V )  

2. Sekering Putus
Setelah aki maka hal selanjutnya yang harus di periksa suspect terkena covid-19 eeh salah. Sekering kerap kali putus karena banyak hal salah satunya adanya korsleting pada kelistrikan nah cobalah sobat keren periksa apakah sekeringnya putus atau tidak jika ternyata putus maka belum selesai sampai disitu .

Periksalah penyebab putusnya sekering apakah karena memang waktunya ia tewas atau ada hal lain bisanya pengetesan dilakukan dengan mengorbankan satu buah jiwa sekering jika ternyata putus lagi maka sebaiknya sobat periksa kelistrikan motor pasti ada yang korsleting.

Jangan memaksakan mengganti sekering dengan ukuran yang lebih besar jika terjadi korsleting dan dan sekering tidak putus percayalah akan ada yang hangus atau terbakar karena sekering yang harusnya putus menghentikan arus listrik ternyata tidak terputus dan biasanya berdasar pengalamn kabel kelistrikan akan bau hangus terbakar bahkan efek terparah adalah motor bisa ikutan terbakar.

Bukan nakutin sob aku wes pernah ngalami gara gara nambah sekering lebih besar keluar api dari motor ( :V ). Tenan iki mungkin yg lain juga pernah ngalamin koyo aku alhasil nombok ganti kabel baru satu set yang  ori kan mahal  duuh apes tenan.

3. Kunci Kontak Error
Masalah berikutnya adalah kunci kontak yang error di sebabkan usia pakai  sudah usang atau mungkin memang ada socket di kunci kontak yang longgar, Hal ini paling jarang terjadi tapi ada kemungkinan nya .

Kunci kontak sebagai pemutus utama  arus listrik jika longar sedikit atau aus pada kuningan penghubung maka bisa saja tidak normal lihatlah panel instrument pada spedometer jika putus-nyala setelah kunci kontak di on maka cek lebih lanjut kunci kontaknya sob. Jika gak mau pusing wes beli yang baru kunci kontaknya sob.

4. Periksa Sambungan Konektor Pompa dan Konektor Lainya 
Hal sepele yang sering terjadi adalah konektor sambungan baik itu dari aki, kunci kontak , sampai ke pompa electrik kendoor,  Jika motor sobat sudah termasuk motor yang sudah lama hal ini mungkin terjadi atau jika motor sobat habis di service  dan mekaniknya kurang kencang memasang salah satu konektor hal ini pun dapat terjadi juga. 

Kabel konektor putus dapat terjadi juga karena biasanya saat melepas konektor kita tidak hati hati alias main betot saja menarik konektor tidak pada ujungnya tetapi pada kabelnya yang hasilnya kabelnya menjadi putus.

Tidak ada salah kita memeriksa setiap sambungan konektor agar lebih aman dan tidak terjadi kesalahan dalam pengambilan keputusan. Ketelitian dalam hal ini merupakan hal utama agar sukses dalam bekerja.

5. Pompa Error / Rusak
Setelah periksa sana sini ternyata tidak ada masalah dan kita dapat menyimpulkan bahwa pompa bensin error atau rusak entah itu IC atau motor pompa itu sendiri. Jika anda mempunyai basic elektronika tidak adasalahnya memeriksa nya karena didalamnya ada trasnsitor, IC , elco dll

Jika sobat bukan ahli dalam elektronik  wes aku sarankan ganti fuel pump injectionnya satu set. Apalagi jika untuk konsumen / pelanggan di bengkel wes ndak mumet kena complain dah mumet ngakalin malah kena semprot .

Pengalaman di bengkel resmi jika ada part yang sudah tidak standar lebih baik suruh ganti baru wkwkwk walaupun mahal dan konsumenya marah marah karena partnya mahal tetapi ia akan puas dengan hasil kerja anda karena motor tidak rusak lagi 

Tetapi jika sampeyan masih menggunakan cara lama mengakali  komponen wes pasti dalam waktu tidak lama ia akan bilang motornya rusak lagi dan bisa-bisa jika ia tidak berhati baik maka ia akan bilang  bengkel sampeyan tidak bagus duh gusti niat nolong malah kepentong.

Bengkel resmi biar mempunyai slogan bengkel mahal nyatanya konsumenya banyak karena mereka menjual kualitas bukan akal akalan. But tetapi ini hanya saran saja tiap orang punya pemikiran yang berbeda dalam menghadapi dan menyelesaikan permasalahan.

aku sendiri selalu menyarankan kepada pelanggan part original bukan kw kw harga mahal memang tapi seiring waktu pelanggan pun tau hasil barus dibarengi dengan uang yang lebih. Dan kita selaku pelaku UMKM lebih baik ambil untung sedikit dari pada ambil banyak yang datang cuma 1 atau 2 orang sehari itu hanya saran loh sobat keren  nah sampai ketemu lagi di artikel berikutnya. - idokeren.com
idokeren
idokeren Menyukai dunia Otomotif, Bloger, Informasi yang bermanfaat dan terimakasih sudah mampir di blog ini