Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Cara Ampuh Mencegah Motor Berkarat Saat Musim Hujan

Idokeren.com – Sebagai rider (pengendara motor) sobat semua pasti ingin supaya motor sobat performa-nya tetap bagus, karena hal tersebut sangat mempengaruhi kenyamanan saat berkendara.
Supaya dapat menjaga supaya performa motor tetap bagus, tentu saja motor membutuhkan banyak perawatan terutama pada material yang berbahan besi. Besi merupakan bahan material yang dapat mengalami korosi/karatan. 

Cara Ampuh Mencegah Motor Berkarat Saat Musim Hujan
Img : otomotif.kompas.com

sebenarnya banyak faktor yang menjadi Penyebab besi dapat berkarat , untuk itu kali ini kita akan membahas penyebab utama kenapa besi dapat berkarat yaitu air, apalagi ketika musim hujan melanda. 

Mungkin sobat dapat menghindari supaya motor sobat tidak terkena genangan air saat berkendara, akan tetapi sobat tidak dapat menghindari air hujan ketika menggunakan motor saat bepergian.

Tanpa berlama – lama lagi, simak beberapa cara ampuh mencegah motor berkarat saat musim hujan.

Baca Juga : Cara Murah Membuat Visor Helm Anti air Bisa Dicoba Neh Sob

Cara Mencegah Korosi pada Motor

Seperti yang telah kita ketahui sebelumnya bahwa banyak faktor yang menjadi penyebab kenapa motor dapat berkarat. Untuk itu, dengan merawat motor saat musim hujan supaya tidak terkena air, kita dapat meminimalisir kemungkinan besi motor berkarat.


Rutin Cuci Motor


Cara pertama yang dapat sobat lakukan yaitu dengan selalu rutin mencuci motor, terutama jika motor sobat telah terkana air hujan.

Kandungan yang terdappat dalam air hujan dan kemudian menempel pada bagian motor, terutama bagian yang terbuat dari besi akan sangat rentan sekali timbulnya korosi atau karatan.

Oleh sebab itu, segeralah cuci motor sobat bila sobat sehabis menggunakan sepeda motor melewati hujan. Sobat dapat menggunakan air bersih dari sumur tanpa harus menggunakan sabun.

Tidak lupa juga untuk menggunakan kanebo untuk mengeringkan motor segera mungkin. Setelah selesai pastikan bahwa tidak terdapat sisa air hujan pada bagian motor, karena hal ini dapat menimbulkan flek ketika terkena sinar matahari.

Namun, alangkah baiknya jika menggunakan sabun khusus cuci motor atau sabun cuci piring di rumah untuk menghilangkan noda kotoran pada badan motor seperti : cipratan tanah saat melewati kubangan air hujan di jalanan. 



Selalu Menggunakan Cairan Anti Karat

Hal kedua yang dapat sobat lakukan untuk mencegah karat yaitu : dengan selalu menggunakan cairan anti karat pada motor sobat, yang dapat sobat beli di toko peralatan otomotif terdekat.

Dengan menggunakan cairan anti karat ini, akan sangat efektif dalam meminimalisir proses karatan yang diakibatkan oleh air.

Cara penggunaannya sendiri biasanya digunakan pada bagian rantai motor, yang mana merupakan bagian motor yang terbuat dari material besi.

Dengan melakukan hal ini, rantai motor sobat tidak cepat karatan mengingat rantai merupakan komponen yang berpengaruh pada performa atau tenaga mekanis pada putaran roda motor saat digunakan. 


Mengurangi Intensitas Penggunaan Motor ketika Musim Hujan

Langkah ketika yang dapat sobat terapkan adalah dengan cara mengurangi kegiatan berkendara saat musim hujan terjadi. Hal ini sangat ampush dalam meminimalisir kemungkinan karatan pada motor.

Jika sobat hendak pergi ke suatu tempat namun jaraknya cukup dekat, sobat dapat berjalan kaki atau menggunakan sepeda ketika musim hujan.

Dengan melakukan hal tersebut, sangat ampuh yang cukup fungsional untuk mengurangi kemungkinan karatan, terutama pada bagian rantai motor yang pada dasarnya terbuat dari besi.

Menginjak Rem Berulangkali untuk Mencegah Karat pada bagian Piringan Rem

Selain rantai, sobat dapat mencegah karat pada bagian pringan rem dengan cara rutin menginjak rem.

Tujuan dalam melakukan hal ini adalah supaya kampas pada bagian piringan atau cakram rem menjadi kering sesaat setelah dilewati oleh air hujan

Hal ini dapat terjadi karena gesekan yang sangat rapat yang dilakukan oleh kampas rem motor.

Hal ini merupakan langkah yang sangat mudah, namun efektif untuk meminimalisir kemungkinan terjadi karat pada motor. 



Sering Memanaskan Mesin Motor

Hal rutin lainnya yang perlu sobat lakukan selali mencuci motor adalah rutin memanaskan mesin motor.

Hal ini dilakukan supaya air yang masih menempel pada bagian – bagian motor menguap ketika mesin motor dipanaskan.

Sama hal-nya seperti menginjak rem, hal sepel ini cukup efektif untuk mencegah andapan air yang terdapat bada badan motor sehingga sobat dapat meminimalisir kemungkinan korosi terjadi dengan sempurna. 


Menghindari Parkir pada Tempat Terbuka

Hal terakhir yang dapat anda lakukan dalam mencegah karatan pada musim penghujan adalah menghindari parkir pada tempat terbuka.

Selali mengindari paparan terik sinar matahari secara langsung, melakukan hal tersebut juga termasuk cara kita untuk mencegah korosi pada motor.

Seperti yang kita ketahui semua bahwa ketika musim penghujan tiba dan sobat memarkir motor pada tempat terbuka, hal ini mengakibatkan motor terkena air hujan dalam jangka waktu yang lama, dan kemudian air hujan berpotensi mengalir kesemua dalam motor itu sendiri.

Hal lain yang dapat terjadi ketika air memasuki bagian dalam motor adalah dapat mengakibatkan motor macet dan bahkan tidak dapat hidup, karena air hujan telah memasuki sistem kelistrikan dan membasahi busi motor.

Sekian beberapa cara yang dapat sobat lakukan untuk mencegah terjadinya karat pada motor sobat, saya harap sahabat idokeren semua melakukan hal – hal tersebut demi kenyaman sobat sendiri. – idokeren.com

Writer : Riski Rahmat H
idokeren
idokeren Menyukai dunia Otomotif, Bloger, Informasi yang bermanfaat dan terimakasih sudah mampir di blog ini