Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Mesin Rakitan Honda Hanya Butuh Waktu 0.009 detik

Idokeren.com – Teknologi semakin cangih dan manusia semakin kreatif. Tapi kita ngga lagi pengen bahas robot yaa sobat . Apa ada yang tau kira-kira kita akan membahas apa ? ada yang kenal apa itu SSG ?,  bukan sobat bukan MSG kesukaan kamu.

Mesin Rakitan Honda Hanya Butuh Waktu 0.009 detik

Seamless-Shift Gearbox ( SSG ) adalah teknologi cangih yang selalu dan terus dikembangkan di era Motor MotoGP sampai saat ini tetapi itu rahasia yaa sobatt… karena tugas kita adalah cukup menyimak.. 


Yuk simak plus tambah ilmu baru lohh sobatt…

Sejarah.
Semua ini bermula disaat mobil balap F1 Honda mengalami krisis ekonomi yang berakibat banyaknya mekanik yang mengundurkan diri, tetapi tak berhenti disitu karena kemudian banyak mekanik / teknisi mobil balap F1 ditarik dan di tempatkan di ajang balapan Motor MotoGP Honda. 

Dan pada tahun 2008 mulailah dikembangkan Seamless-Shift Gearbox ( SSG ) untuk Motor Moto GP, tetapi sebelum SSG di kembangkan ada mesin yang juga berasal dari Mobil balap F1 yang bisa digunakan oleh Motor MotoGP yaitu dual clutch transmission tetapi dari pihak Donal Sport melarang utuk digunakan.


Kemudian dalam kurun waktu hampir 2 tahun tim Honda dari Motor MotoGP terus mengembangkan dan terus mengembangkan teknologi mesin Seamless-Shift Gearbox ( SSG ) untuk motor balap RC 212V 800cc mereka. Akhirnya pada tahun 2011 secara sempurna mesin teknologi Seamless-Shift Gearbox ( SSG ) diperkenalkan sekaligus digunakan oleh pembalap legendaris Casey Stoner pada ajang balapan Motor MotoGP sehingga Casey Stoner menjadi juara dunia pada saat itu. 

Apa itu mesin Halus, cepat dan hanya butuh waktu 0.009 detik Honda ?

Perkenalkan ia adalah Seamless-Shift Gearbox ( SSG ) teknologi mesin yang dapat memperhalus dan mempermudah laju pembalap saat melakukan perpindahan gir yang mudah tersangkut pada bagian yang dituju walaupun pada perpindahan gigi terakhir masih akan terkunci. Tetapi itu akan terlepas dengan sendiri disaat Seamless-Shift Gearbox ( SSG ) mengunci gigi yang tadi dimasukkan setelahnya.

Dan dengan adanya Seamless-Shift Gearbox ( SSG ) juga menjadi solusi bagi pembalap Motor Moto GP, karena dapat mempermudah perpindahan transmisi yang dilakuakan pada saat balapan Motor Moto GP. 

Pengaruh Seamless-Shift Gearbox ( SSG ) selain halus dan cepat saat perpindahan gigi yang hanya membutuhkan waktu ( 0.0009 detik pada Honda ) ternyata dengan adanya mesin SSG ini dapat meminimalisir putaran yang akan melonjak pada saat perpindahan transmisi dan yang pasti akan berefek baik pada ban motor karena kurangnya gejala late-braking saat balapan. Selain itu Seamless-Shift Gearbox ( SSG ) juga dapat mengurangi penggunaan BBM saat pembalap melakukan perpindahan gigi. 


Perjalanannya.

Sampai saat ini tidak ada yang mengetahui apakah Seamless-Shift Gearbox ( SSG ) terus dikembangankan tetapi yang pasti Mesin selalu menjadi rahasia setiap tim pembalap Motor MotoGP sampai kapanpun. Terutama pembalap yang terus berganti Tim Motor karena mesin adalah lawan yang sesungguhnya tidak ada pembalap yang akan menjadi juara tanpa dukungan mesin yang di pakainya.

Dan setelah kemenangan tim Honda yang di raih Caseyi Stoner mulailah Yamaha mengembangkan Seamless-Shift Gearbox ( SSG ) untuk Motor mereka dan hasilnya ada pada Yamaha di Sirkuit Brno tahun 2013.

Gambar hanya pemanis

Tetapi pada saat itu tim Motor MotoGP Yamaha belum bisa mencapai rekor yang di pakai oleh tim Honda pada saat test yaitu 0.009 detik pada motor balap mereka yaitu RC 212v saat melakukan perpindahan gigi. Pada saat itu waktu yang Yamaha tim peroleh hanya 0.022 yang berarti masih jauh dari Tim Honda. - idokeren.com

Writer : Revina Martin
idokeren
idokeren Menyukai dunia Otomotif, Bloger, Informasi yang bermanfaat dan terimakasih sudah mampir di blog ini