Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

5 Penyebab Motor Berasap ?

Idokeren- apakabar sobat idokeren semoga sehat selalu ya amiinn… hari ini mimin membuat artikel untuk motor sobat yang ber asap simak artikel berikut ,

motor sobat mengeluarkan asap putih di knalpot?khusus nya motor 4 tak karena sistem pelumasan motor 4 tak sangat terpengeraruh dengan oli, telat ganti oli motor sobat bisa mengeluarkan asap dari knalpot, kok bisa? Karena oli untuk melumasi komponen di mesin motor sobat contoh nya piston,blok piston,noken as dll. kalau telat ganti oli biasa nya piston akan baret dan dinding blok piston pun baret, dan terjadi nya oli masuk keruangan bakar dan terjadi lah motor sobat ber asap.

Nah sekarang mimin kasih tau apa saja 5 komponen yang bisa membuat motor sobat ber asap,


Penyebab Motor Berasap

1.  Ring Piston AUS

Ring Piston AUS

Penyebab yang paling biasa ditemukan, celah ring piston tidak persisi lagi di karenakan tidak ada pelumasan, akibat ring piston membesar dan terjadi nya oli masuk keruang bakar kalau sudah begitu disarankan mengganti ring piston yang baru.

2. Blok/Linner Mesin Baret

Perlu sobat tahu, cara kerja pada ring piston dengan blok mesin sama-sama saling ber adu /bergersekan. Jadi, jadi saat kedua komponen tersebut akan terjadi per gesekan akan mengalami keausan. Jika komponen linner/blokmesin ini mengalami keausan , maka dapat terjadi seperti permasalah ring piston aus yaitu oli masuk ke dalam ruang bakar. 

Blok/Linner Mesin Baret

Gejala lain akibat blok piston baret adalah susah dinyalakan di karenakan kompresi otomatis sudah bocor, nah solusi nya adalah blok piston sobat di oversize dari ukuran standar di tukang bubut, atau bisa disebut dengan korter blok. 

3. Seal Klep Bocor

Seal Klep Bocor


Nah yang ketiga perhatikan seal klep motor sobat juga, biasanya kalau seal klep sudah lemah/rusak bisa menyebabkan motor ber asap, 

Mimin kasih tau ciri ciri seal klep sudah lemah/berasap , sobat bisa coba dirumah kok

Cek bagian knalpot sobat colek saja bagian ujung knalpot dengan jari sobat, biasa nya kalau seal klep bermasalah jari sobat becek dengan oli .

Biasanya kalau seal klep bermasalah motor sobat susah di nyala kan kalau pagi pagi.

Solusi nya sobat mengganti dengan seal klep yang baru. Tentu nya yang ori ya sobat ..

4.Penyetelan Karburator Tidak Pas

Penyetelan Karburator Tidak Pas



Nah sobat settingan karburator yang tidak pas juga membuat motor sobat ber asap loh. 

Yap biasanya ber asap hitam dikarenakan stelan angin dan bensin terlalu boros akibat nya tidak terbakar dengan sempurna dan mengakibat kan motor sobat mengeluarkan asap hitam dan biasanya stelan yang tidak pas menyebabkan motor jadi boros,

Solusi nya sobat ke bengkel yang terpercaya untuk setting karburator motor sobat. 


5.Oli Yang Tidak Sesuai

Oli Yang Tidak Sesuai

Pastikan oli mesin sobat mempunyai keenceran (SAE) yang sesuai. Jika terlalu encer, maka oli tersebut bisa keluyuran masuk ke ruang mesin. Ganti oli dengan yang sesuai dengan standart motor sobat . dan kalau sobat mengganti oli pastikan original banyak terjadi pakai oli yang tidak original menyebabkan motor ber asap, karena oli tidak original tidak bagus kualitas nya. 


Nah tentu nya sobat harus rajin ganti oli agar tidak mau motor sobat ber asap, sangat penting mengganti oli yang rutin agar komponen tetap prima dan awet, sering sekali oli mesin di anggap remeh oleh pengendara . akibat nya kalau sudah aus mengeluarkan kocek yang lumayan mahal mengganti sparepat yang aus hehee…

Nah sampai disni artikel nya ya sobat, tunggu kelanjautan artikel berikut nya.- idokeren.com

Writer : Alfan Khibran
idokeren
idokeren Menyukai dunia Otomotif, Bloger, Informasi yang bermanfaat dan terimakasih sudah mampir di blog ini