Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Cara Merawat Motor Trail yang Wajib Diketahui

Idokeren.com – hai sobat idokeren... kali ini kita akan membahas tentang motor yang sedikit unik, mungkin diantara sahabat idokeren semua ada yang memiliki hobi tentang motor ini. Ya, kali ini kita membahas mengenai perawatan motor trail.

Cara Merawat Motor Trail yang Wajib Diketahui
image:idntimes.com

Saya harap sobat idokeren tidak menyamakan motor trail dengan motocross. Motor trail merupakan motor allroad atau dual suport, karena motor trail dapat digunakan di jalan raya maupun off road, dan juga motor trail memiliki kelengkapan yang sama sesui dengan motor umum yang dimiliki orang sehari –hari. 

Jika sobat adalah penggemar motor trail, tentu saja diharapkan memiliki sedikit banyaknya memahami perawatan motor trail yang tepat dan baik supaya performanya tetap terjaga.

Bagi sobat yang suka berpetualang mengendrai motor trail, tentu saja sobat harus selalu mengecek kondisi motor trail sobat supaya tetap dalam kondisi baik sebelum berangkat.

Hal ini harus selalu sobat lakukan secara rutin mengingat medan berat yang akan sobat lewati menggunakan motor trail sobat.

Walaupun pada dasarnya spesifikasi dan kemampuan motor trail telah dirancang sedemikian rupa untuk melewati medan berat dan terjal, motor trail tentu saja harus mendapat perhatian khusus dari pemiliknya.

hal ini dapat dianggap sebagai langkah untuk mencegah teradinya kerusakan secara mendadak. Karena jika terjadi suatu masalah seperti mogok tiba – tiba dijalan, tentu saja akan merepotkan karena tidak semua bengkel dapat menangani masalah pada motor trail.

Baik, setelah mengetahui pentingnya merawat motor trail, mari kita simak penjelasan detailnya sebagai berikut.

Perawatan Motor Trail

Mengenai masalah perawatan, ada beberapa langkah yang dapat sobat terapkan sendiri dalam rangka untuk merawat motor trail supaya performanya tetap terjaga. Berikut beberapa langkah yang dapat sobat lakukan.


Selalu Mengecek Pelumas (oli)secara Rutin

Pada saat mengendarai motor trail, umumnya para pengendara biasanya sering buka dan tutup handle gas. hal ini dilakukan menyesuaikan dengan kondisi dari medan jalan yang akan dilewati.

Namun, kegiatann membuka dan menutup gas justru mengakibatkan mesin cepat panas yang mana akan berakibat pada oli mesin mengalami penguapan.

Untuk mencegah hal ini terjadi, sobat sangat direkomendasikan sekali untuk memakai oli yang memiliki tingkat keenceran tinggi supaya nantinya oli tetap bisa melumasi seluruh sisi pada mesin motor trail. Sehingga, suhu mesin bisa dijaga dengan baik.

Selain menggunakan oli dengan keenceran tinggi. Sobat juga harus mengecek volume oli mesin dengan cara melihat stik level. Jika stik level menunjukan masih dalam batas indikator, sobat tidak perlu menambahkan oli.

Tetapi, jika stik tersebut menunjukan bahwa oli berada dibawah indikator. Segera tambahkan oli mesin yang sama sampai pada level batas indikator.

Langkah ini sanga efektif untuk mengontrol kondisi mesin supaya selalu dalam keadaan terbaik, mengingat mesin terlumasi secara merata oleh oli.

Mengatur Throttle Gas dan Tuas pada Handle Kopling

Langkah lain yang perlu sobat lakukan untuk merawat motor trail adalah denga cara mengatur tuas gas yang tepat supaya memperoleh hasil tarikan yang lebih responsif.

Tips dari hal ini adalah dengan cara mengatur jarak bebas tuas gas pada angka 2-6 mm. Hal ini akan mengakibatkan tingkat sensitivitas gas menjadi meningkat lebih tinggi, sehingga akan sangat nyaman pada saat motor dikendarai melewati jalanan dengan medan yang berat dan terjal.

Hal lain yang harus sobat perhatikan selain tuas gas adalah bagian handle kopling. Handle kopling-pun harus diatur menyesuaikan medan jalan yang dilewati. Karenaa, tak jarang terjadi slip pada kopling ketika motor trail dikendarai.

Untuk meminimalisir terjadinya slip pada kopling. Sobat dapat mengatur jarak main bebas dari kopling pada angka 10-20 mm.

Dengan melakukan pengaturan diatas, mesin motor akan terasa memiliki tarikan yang sangar namun tidak mengakibatkan keruasakan pada kondisi mesin.

Sobat harap ingat juga, hindarilah penggunaan setengah kopling bersamaan dengan putaran handle gas yang tinggi. Karena, hal ini justru akan mengganggu tarikan mesin motor pada saat di gas.


Memastikan Rantai dalam Kondisi Setting yang Tepat

Gesekan yang terjadi pada rantai roda merupakan hal yang sering dialami oleh pengguna motor trail.

Kondisi seperti ini diakibatkan karena kondisi ausnya rantai roda itu sendiri. Sekaligus tidak menutup kemungkinan bahwa swing arm yang mengalami masalah.

Jika kondisi rantai roda meglami kekendoran, tentu saja akan berdampak langsung pada bagian swing arm motor.

Oleh karena itu, sobat disarankan untuk melakukan pengecekan pada bagian drive chain slider yang berada pada bagian depan dan belakang dari swing arm motor.

Hal lain yaitu, jangan lupa untuk selalu mengatur setting pengencangan pada rantai roda dari motor trail sobat sebelum mengendarainnya di medan jalan.

Tidak hanya sampai disitu, pada perawatan rantai motor trail, pastikan untuk tidak mencuci rantai roda dengan minyak sembarangan. Untuk menjada supaya kondisinya tetap lembab, sobat hanya perlu melumasi dengan chain lube untuk menjaga keausan pada rantai roda.

Mengecek Tekanan Ban

Setelah perawatan pada rantai, bagian yang harus sobat perhatikan dalam merawat motor trail adalah tekanan angin di dalam ban.

Tekanan angin pada ban motor trail berpengaruh pada jalannya roda pada saat melewati medan jalan. Dimana, tekana yang baik yaitu yang sedang, maksudnya adalah tidak terlalu kempes dan juga tidak terlalu keras.

Di sisi lain, sebaiknya sobat melakukan pengisisian angin pada ban dengan nitrogen. Zat nitrogen memiliki sifat yang lebih fleksibel dan dapat memenuhi seluruh rongga di dalam ban motor.

Bahkan, dengan menggunakan nitrogen, permukaan ban menjadi lebih awet dan tahan lama. Oleh sebab itu, sangat disarankan menggunakan nitrogen untuk menjaga kualitas ban motor trail sobat supaya tetap dalam kondisi prima.

Menggunakan Ban yang sesuai

Pada ban motor trail, yang diperhatikan tidak hanya tekanan anginnya, melainkan juga jenis ban yang digunakan.

Jika sobat menggunakan motor trail untuk aktivitas sehari – hari yang melewati jalan beraspal, usahakan untuk menggunakan jenis ban yang lebih halus, karena medan jalan yang dilewati tidak segarang medan offroad.

Hal ini dilakukan bukan tanpa alasan, jika sobat menggunakan ban khusus offroad, maka di khawatirkan akan membuat rasa berkendra kurang nyaman. Karena medan yang dilewati adalah aspal.

Oleh karena itu, sobat perlu menyesuaikan jenis ban yang akan sobat gunakan tergantugn dari medan jalan yang akan sobat lalui. Jika untuk berkendara seadanya saja, ban standar-pun cukup.


Melakukan Service Rutin

Hal wajib yang perlu sobat lakukan pada setiap kendaraan bahkan motor trail tidak terkecuali yaitu : service rutin.

Dengan melakukan service rutin, sobat akan diberi kemudahan dalam mengontrol kondisi motor trail sobat. Karena, jika didapati terdapat sedikit masalah saat service rutin, bisa langsung diperbaiki tanpa perlu menunggu kerusakan bertambah parah.

Untuk melakukan service rutin, sangat disarankan melakukannya pada bengkel resmi. Karena bengkel resmi lebih mengetahui standar yang tepat dan sesuai pada motor trail sobat, sehingga kondisi motor trail sobat selalu dalam kondisi prima dan lebih awet.

Langkah – langkah yang telah kita bahas di atas, akan sangat bermanfaat jika sobat menerapkannya pada motor trail milik sobat. Dengan melakukan semua langkah diatas, kondisi motor trail sobat akan lebih awet dan performanya akan selalu terjaga.

Sekian pembahasan kita mengenai perawatan pada motor trail, pantau terus info – info menarik lainnya mengenai dunia otomotif pada idokeren.com – idokeren.com

Writer: Riski Rahmat H
idokeren
idokeren Menyukai dunia Otomotif, Bloger, Informasi yang bermanfaat dan terimakasih sudah mampir di blog ini