Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

3 Penyebab Vario 150 Boros Bensin Cek Segera Sebelum Merembet Ke Komponen Lain

idokeren.com - Penggunaan sepeda motor matic saat ini berkembang pesat. Tidak hanya nyaman digunakan motor matic juga lebih hemat bahan bakar. Tapi apa kemewahan Honda Vario 150 ? AHM selalu berinovasi dengan memperkenalkan mesin dan teknologi baru untuk membuat penggunaan bensin lebih efisien di skuter  dengan mesin gambot ini.

Bayangkan vario 150 mempunyai mesin yang terbilang cukup besar di kelasnya sehingga kerusakan komponen sekecil apapun akan mempengarui performance motor tersebut.

Apalagi jika motor anda sudah mulai terasa boros menghabiskan konsumsi bensin tidak seperti biasanya , berdampak pada ketebalan kantong anda.

Oleh karena itu sobat keren bisa memeriksa hal hal dibawah ini agar terhindar dari namanya masalah boros bensin.  

Baca Juga : Cara Service CVT Vario 150 Tecno Dengan Simpel Dan Cepat

Periksa Filter Udara

Sebenarnya anda patut skeptis jika hal ini terjadi pada mesin vario anda karena ada bagian yang bermasalah yang harus segera diperbaiki. Saringan udara yang sangat tercemar menjadi salah satu penyebab disalahgunakannya Honda Vario 150.

filter udara vario 150


Berapa umur filter udara? 


Penggunaan filter udara maksimal 16.000 km namun akan lebih cepat jika suasana Anda berdebu dan tercemar.

Jadi apa hubungannya filter udara dengan bensin / bahan bakar ?


“Filter udara itu seperti masker yang menutupi mulut dan hidung dan sulit bernapas dengan baik ketika kotor karena sulit untuk udara masuk.

Pada saat yang sama rasio 1:15 biasanya diperlukan untuk pembakaran maksimum 1% Bensin dan udara 15%.

Jika filter udara rendah karena filter udara tersumbat dengan udara tercemar persentase konsumsi bensin otomatis akan meningkat untuk mencapai daya yang dibutuhkan sehingga penggunaannya akan lebih boros.


Periksa Vanbelt Vario 150 

Vanbelt vario 150 mempunyai kisaran max pemaakaian 24.000 km , Tetapi menurut pengalaman sekitar 20.000 km vanbelt sudah harus diganti karena vanbelt bergerak saat motor dalam keadaan langsamg atau stationer. Nah dari sini saja kita sudah bisa membayangkan bahwa ketika motor terjebak macet vanbelt akan terus bergerak


vanbelt dan roller  vario 150



tentunya hal ini akan mengurangi masa pakai vanbelt tersebut. jangan lupa jika ganti vanbelt ganti sekalian dengan rollernya karena mereka berpasangan.

Periksa Kampas Kopling Vario 150.


Tidak dapat di pungkiri bahwa kampas kopling memegang peranan vital sebagai penggerak mesin vario 150, jadi jika kampas kopling sudah tipis maka tenaga pun ikut berkurang dan jjika tenaga sudah berkurang maka mesin akan terus di gas sampai dalam untuk mengail tenaga

Kampas Kopling Ganda PCX PCX 150 Vario 125 FI 22535KWN901

Dimana ini akan berefek pada konsumsi bahan bakar yang terus terbuang percuma.

Periksa Kerak / Carbon Di Kepala Silinder

Banyak yang tidak paham bahwa semakin lama umur mesin maka akan ada penumpukan di dalam ruang pembakaran , Jika penumpukan karbon hasil pembakaran sudah banyak maka itu akan membuat penuh ruang bakar yang mengakibatkan isi dari ruang bakar itu sendiri tidak 100% ful dengan campuran bahan bakar udara dan bensin.

Jika volume ruang bakar berkuran gmaka bahan bakar yang masuk pun menyesuikan tempatnya, Bahkan ada kasus dimana knocking terjadi. Apa itu knocking akan saya bahas di artikel berikutnya.

Penumpukan / carbon di ruang silinder ini juga dapat di akibatkan oleh penggunaan bahan bakar yang tidak sesuia dengan yagn disarankan oleh pabrikan , Jika standar motor anda menggunakan pertamka tetapi anda menggunakan pertalite maka penumpukan kerak karbon di dalam silinder akan cepat terjadi.

Memang penumpukan karbon terjadi dalam proses waktu yang cukup lama tetapi ada baiknya jika kita menjaga mesin dengan menggunakan besnin sesuia rekomendasi pabrikan.

dan membersihkan kerak didalan silinder dalam jangka 5 tahun sekali.

percaya deh setelah kerak di bersihkan maka motor sobat keren akan enteng seperti baru. dengan catatan vanbelt dan kampas kopling dalam keadaan standar atau layak di gunakan.

Periksa Filter Bensin Dan Pompa Bensin

Setiap komponen elektronik seperti pompa bensin dan filternya bensin memiliki masa penggantian, Oleh karena itu harus segera di ganti jika tidak ingin motor anda ngadat di jalan alias mogok . Biasanya jika pompa bensin sudah tidak berkerja maksimal, Tekanan yang di kirim ke injector akan berkuarnag dan ini akan mengakibatkan motor tenaga motor tersendat sendat karena pemampatan bahan bakar tidak sempurna.


Sebenarnya masih banyak penyebab boros dari mulai cara penggunaan motor, wilayah beroperasi motor dll tetapi ketiga hal tersebut paling sering menjadi sumber penyenb motor menjadi boros.

Demikian ulasan kali ini tentang penyebab vario 150 boros semoga bermanfaat Jangan lupa untuk selalu merawat motor honda anda di bengkel kesayangan dan tunggu update terbaru di idokeren.com ya sob.

idokeren
idokeren Menyukai dunia Otomotif, Bloger, Informasi yang bermanfaat dan terimakasih sudah mampir di blog ini