Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Penyebab Utama Lampu Mobil Redup

idokeren.com - hai sobat idokeren... saya ucapkan terimakasih karena tetap setia membaca informasi seputer dunia otomotif di Idokeren.  Pembahasan kita kali ini adalah mengenai apa sih penyebab lampu mobil redup tidak bernyala terang?. Tentunya hal ini sangat mempengaruhi rasa kenyamanan dan keamanan kita sebagai pengemudi.

Penyebab Lampu Mobil Redup

Lampu mobil yang terang akan sangat membantu kita untuk mengetahui apa yang ada didepan kita dengan jelas, apalagi jika sobat sedang berkendara di malam hari.

Dengan fungsinya yang sangat penting, akan sangat membahayakan jika sobat menyepelekan hal ini. Jadi sebaiknya, sobat sangat disarankan untuk selalu mengecek kondisi dari lampu mobil sebelum bepergian.

Jika sobat menemukan adanya tanda – tanda bahwa lampu mobil redup atau kurang terang, segera cari tahu apa penyebab dari hal tersebut dan memperbaikinya sebelum berkendara.

Biasanya, Penyebab sepele dari lampu redup adalah kondisi mika pada kaca lampu depan yang sudah kusam dan tidak bening. Akibat dari hal ini tentu saja akan mengakibatkan bohlamp lampu tidak dapat memancarkan sinar cahaya secara maksimal. 


Namun, ada juga kondisi serius yang menjadi penyebab dari redupnya sinar lampu mobil. Yang mana akan kita bahas pada topik kali ini.

baik, setelah memahami pentingnya mengetahui apa penyebab dari redupnya lampu mobil, mari kita simak pembahasannya sebagai berikut.

Penyebab Lampu pada Mobil Kurang Terang

Dalam keadaan normal, lampu mobil sanggup menerangi jalanan didepan mobil sehingga pengemudi dapat dengan jelas melihat setuasi didepan mobil.

Akan tetapi, ada saat dimana lampu mobil redup tidak seperti pada saat keadaan normal, atau bahkan dapat padam secara mendadak.

Untuk mengetahui penyebab-nya, berikut beberapa faktor yang dapat menjadi penyebabnya.

Kerusakan pada Relay

Kommponen pertma dapat menyebabkan lampu mobil redup yaitu adanya kerusakan pada relay.

Relay adalah komponen kelistrikan mobil yang tediri dari 2 bagian yaitu : kumparan dan poin. Secara garis besar, relay pada mobil berfungsi untuk mengendalikan dan mengalirkan arus listrik.

Sebagai komponen yang mengalirkan arus listrik, relay bertugas sebagai penguhubung arus listrk yang berasal dari baterai yang mana akan langsung masuk ke lampu mobil.

Dalam relay sendiri terdapat dua rangkaian yaitu : rangkaian untuk arus kecil dan sistem arus utama.

Umumnya, masalah seperti lampu redup pada mobil diakibatkan oleh adanya masalah pada kontak yang berada di dalam relay, yang mana mungkin mengalami kendor atau kurang kencang.

Jika hal ini sampai terjadi, sudah pasti arus listrik yang mengalir melewati relay-pun akan mengalami gangguan atau terhambat.

Akibat dari hal ini tentu saja akan mempengaruhi tingkat kecerahan dari lampu mobil. yang mana pada kondisi normal mobil membutuhkan pasokan arus yang besar, namun karena terdapat masalah pada relay, arus yang mengalir ke lampu kurang besar, sehingga lampu menjadi redup.

Bagaimana cara mengecek kondisi relay?

Untuk mengecek kondisi relay, sobat dapat mencoba untuk menyentuh bagia atas relay yang ada pada headlamp.

Pada umumnya, kondisi relay akan sangat panas. Hal ini disebabkan oleh adanya pergerakan elektron yang mana berdampak pada berubahnya suhu komponen relay.

Soket Lampu mengalami masalah

Faktor berikutnya yang dapat mengakibatkan cahaya lampu mobil redup yaitu adanya masalah pada soket lampu mobil.

Biasanya, masalah yang terjadi adalah soket lampu mengalami karatan atau korosi. Yang mana jika hal ini terjadi, sudah pasti akan menghambat peroses mengalirnya arus listrik menuju lampu, dan akhirnya menyebabkan lampu mobil redup.

Oleh sebab itu, sobat harus rutin memeriksa dan mengecek bagian ini. Karena, masalah pada soket lampu mengalami karatan sengat sering dijumpai pada beberapa mobil.

Masalah lain yang ditemu pada soket selain karatan adalah area soket meleleh.

Soket yang meleleh tanpa diduga – duga juga dapat menjadi penyebab cahaya lampu pada mobil mengalami redup dan tidak terang.

Tidak berbeda dengan kondisi saat soket mengalami karatan, soket yang meleleh akan menghambat proses mengalirnya arus listrik. Yang mana hal ini akan mengakibatkan aliran listrik yang menuju lampu tidak maksimal.

Penyebab area soket lampu dapat meleleh

Pada umumnya, penyebab dari soket lampu dapat meleleh sangat mungkin disebabkan oleh kurang klop-nya atau kurang masuknya soket lampu ke dalam terminal lampu.

Jika hal ini terjadi, tentu saja akan menyebebkan masalah seperti adanya lompatan elektron dari dua konduktor yang memiliki gap.

Akibat dari kejadian ini, secara otomatis akan menyisakan panas panas tinggi yang dapat melelehkan area di sekitar terminal lampu, yang mana pada dasarnya menggunakan bahan material plastik dalam pembuatannya.

Jadi, sangat wajar jika kondisi seperti ini akan berakibat pada terhalangnya arus listrik yang menuju lampu mobil, dan akan membuat lampu mobil redup.

Mika Lampu Kotor dan Kusam

Hal ini sudah kita singgung sebelumnya di atas, yang mana merupakan masalah sederhana dari penyebab lampu mobil redup dan kurang terang.

Pada kondisi normal, mika pada lampu mobil memiliki usia layak pakai pada pemakaian 3 tahun atau 5 tahun sejak sobat membeli mobil.

Jika mika pada lampu mobil sobat telah melebihi batas pemakaian tersebut, biasanya mika akan kusam.

Untuk mengatasi hal ini, sobat dapat mengecek kondisi mika yang ada pada lampu mobil sobat.

Jika mika pada lampu mobil sobat telah kusam dan kotor, sobat dapat membersihkannya atau juga sobat dapat menggantinya dengan yang baru.


Aki Mulai Melemah

Sebagai komponenen vital kelistrikan dari mobil, tentu saja aki sangat berperan penting dalam memasok pasokan daya ke seluruh komponen mobil yang membutuhkan arus listrik, yang mana lampu mobil juga termasuk.

Karena pentingnya aki dalam memasok daya listrik, lampu mobil akan mengalami masalah seperti redup atau padam jika terdapat masalah pada aki.

Biasanya masalah yang terjadi pada aki adalah kondisinya yang mulai melemah. 


Untuk mengatasi hal ini, sobat harus melakukan pengecakan pada aki mobil untuk memastikan kondisinya masih bagus. Untuk melakukan pengecekan, sangat disarankan untuk melakukannya pada bengel khusus aki yang memiliki peralatan lengkap.

Selain melakukan pengecekan pada aki, sobat juga dapat memastikan apakah masalah utama penyebab lampu mobil redup adalah dengan cara menghidupkan mesin dengan stater dan klakson.

Jika sobat mengalami kendala saat melakukan hal ini, dapat dipastikan bahwa penyebab lampu mobil redup adalah kualitas dari aki yang telah menurun. Solusi dari masalah ini adalah dengan menggantinya dengan yang baru.

Baiklah sobat semua, faktor – faktor diatas hanyalah penyebab umum yang sering terjadi jika lampu mobil mulai meredup. Tidak menutup kemungkinan bahwa terdapat faktor lain yang menjadi penyebab hal ini.

Sebagai penutup, saya harap sobat semua mendapat informasi yang bermanfaat dari artikel ini, dan sampai jumpa pada pembahasan mengenai dunia otomotif lainnya di Idokeren – idokeren.com

Writer : Riski Rahmat H
idokeren
idokeren Menyukai dunia Otomotif, Bloger, Informasi yang bermanfaat dan terimakasih sudah mampir di blog ini