Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Tanda-Tanda Kerusakan Pada Engine Mounting Mobil

Idokeren.com – Mengenal setiap komponen sangatlah penting bagi sobat yang mempunyai mobil dan motor. Kerusakan akan bisa terdeteksi jika tanda-tanda bisa dikenali dan akibatnya kerusakannya akan lebih kecil seperti engine mounting.

Fungsi utama Engine mounting adalah sebagai tumpuan untuk menyangga mesin dan rangka pada body mobil supaya meredam getaran yang timbul dari mesin mobil. Sehingga getaran itu tidak masuk ke dalam kabin mobil kalian sobat. Nah, yang kalian harus perhatikan setiap engine mounting juga ada batas pemakaiannya, berikut tanda-tanda keruskan pada engine mounting dan akibatnya…
 
Tanda-Tanda Kerusakan Pada Engine Mounting Mobil


Bentuk Engine Mounting

Sebelum masuk ke tanda-tanda kerusakan pada engine mounting ada baiknya sobat kenali beberapa jenis engine maounting..

Engine maounting konvesional : bentuk dari engine mounting ini berupa pelat baja yang satu sisinya akan bertugas sebagai pengait dengan sasis.

Engine mounting tabung : bentuk dari engine mounting ini aka nada lubang di sisi tengah dan akan ada karet yang dikaitkan ke mesin dalam.

Engine mounting modern : bentuknya tabung juga tetapi engine mounting lebih ke tabung hidrolik yang fungsinya meredam getaran pada mesin.

Nah, yang biasa digunakan kendaraan mobil sekarang adalah engine mounting modern. Tetapi untuk jenis engine mounting lainnya juga masih dipakai seperti pada mesin diesel. Dan contoh lainnya ada di sekitar kalian seperti angkutan umum sobat

Tanda-tanda kerusakan pada engine mounting

Belajar mengenali tanda-tanda kerusakan itu wajar terutama pada mesin kendaraan kalian sobat. Tanda tanda kerusakan pada engine mounting yang paling wajar terjadi itu adanya :

1. Getaran mesin yang terasa tidak wajar

Pada tahap awal tanda-tanda yang sangat wajar adalah saat sobat mengendarai mobil, getaran pada mesin akan sangat terasa walaupun terasa kecil .

Dan tahap yang paling tidak wajar adalah ketika sobat menyalakan mesin mobil getaran akan sangat terdengar dan bahkan terasa belum sobat menjalankannya. Semua ini terasa karena engine mounting pada mobil sobat kemampuannya semakin menurun. Jadi, sangat disarannkan untuk sobat keren sekalian ada baiknya mengecek ke bengkel terdekat saat tahap awal sudah terasa.

2. Terjadinya hentakan pada mesin

Mungkin sebagian orang akan terasa ini wajar di awal contohnya disaat sobat melepas kopling mobil dan akan beralih ke gigi satu karena akan memposisikan mobil diam. Itu di mobil yang menggunakan kopling, tetapi di mobil matik transmisi juga akan terasa sobat.

Disaat akan memindahkan tuas mobil ke posisi D maka hentakan akan sangat terasa dan lebih parahnya terasa sampai kabin dalam sob

3. Terdengarnya bunyi-bunyi saat mengendarai

Tidak hanya getaran dan hentakan yang terasa tetapi tanda-tanda yang sangat fatal adalah bunyi-bunyi yang akan terdengar terutama saat sobat mengendarai mobil di jalanan yang sangat rusak. Suaranya itu seperti barang di dalam wadah kemudian kalian Gerakan, nah itu suaranya sob. Kalau sudah seperti ini jangan pernah menunda lagi, langsung tancap gas ke bengkel sob.

Akibat akan timbul jika kalian mengabaikan tanda-tanda yang sudah terpampang nyata di depan mata, semoga dengan adanya artikel ini kalian akan lebih memperhatikan kendaraan kalian sobat keren. Tanda-tanda akan muncul di awal dan akibatnya di akhir, karena engine mounting ini adalah salah satu kunci kenyamanan di dalam mobil dan keamanan sobat atau pengemudi lainnya saat di jalan.

Writer : Revina Martin
idokeren
idokeren Menyukai dunia Otomotif, Bloger, Informasi yang bermanfaat dan terimakasih sudah mampir di blog ini