Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Klakson Mobil Bermasalah dan Mati Tiba-Tiba ? Coba Periksa 5 Bagian Ini…

Idokeren.com – Tinn… Tinn… Tinn… Keberadaan klakson sering kali dipandang sebelah mata oleh pengendara mobil ataupun motor, karena klakson merupakan komponen yang jarang rusak. Jika sudah bermasalah dan tiba-tiba klakson mati diperjalanan , bisa jadi penyebabnya adalah kabel klakson telah rusak.

Klakson Mobil Bermasalah dan Mati Tiba-Tiba ? Coba Periksa 5 Bagian Ini…

Keberadaan klakson juga komponen yang paling penting dalam kendaraan seperti bahan bakar dan aki. Jika tidak ada klakson dijamin perjalanan kalian tidak akan nyaman dan aman. Dan satu lagi yang perlu kalian ketahui adalah, setiap komponen kendaraan baik dalam ataupun luar itu sama pentingnya. Karena mereka mempunyai tugas yang berbeda-beda dan masing-masing komponen itu ada untuk mendukung performa kendaraan kalian.

Nah, didalam artikel ini kita akan memberikan solusi untuk klakson mobil yang bermasalah dan mati tiba-tiba dan sebagai tambahan ad acara untuk memperbaikinya juga. Dari pada sobat penasaran… yuk, disimak Bersama artikel ini sampai habis…

5 Bagian Penyebab klakson mobil bermasalah dan mati tiba-tiba

1. Kabel Klakson

Diatas tadi kita sudah membahas bahwa penyebab paling umum terjadi ketika klakson mati itu karena rusaknya kabel. Tapi sob, ada beberepa lagi penyebab klakson rusak akibat kabel klakson yaitu berkarat dan berjamurnya kabel.

Cara termudah untuk mengecek kabel klakson adalah dengan membawanya ke bengkel. Akan tetapi, jika kalian sudah terbiasa membersihkan kabel dan memiliki alat bernama test lamp berarti pengetesan kabel klakson berfungsi atau tidak bisa dilakukan sendiri.

2. Periksa Relay Klakson Mobil

Yang perlu sobat ketahui saat ini adalah tidak semua kendaraan dilengkapi relay. Karena relay adalah komponen yang menjadi penghubung antara arus listrik mobil dengan baterai maka tidak heran ini menjadi penyebab klakson mati.

Relay Klakson

Dan penyebab relay bermasalah dan menyebabkan klakson rusak itu karena relay kotor, sudah usang atau relay pernah terkena air. Cara menangani relay yang rusak bisa dengan menggantinya dengan yang baru sesuai pabrikan mobil kalian.

3. Putusnya Sekring

Sebab sekring berperan sebagai pengaman rangkaian listrik yang terlalu besar yang akhirnya sekring putus atau mati. Sedangkan faktor lainnya, bisa karena sekring sudah tua dan harus diganti yang baru.

Putusnya Sekring


Selain klakson yang bisa mati karena kerusakan pada sekring yang putus ternyata sistem kelistrikan lainnya juga bisa terganggu terutama pada ruang mesin. Dan jangan lupa untuk menganti sekring baru sesuai bawaan mobil kalian supaya sistem kelistrikan berjalan dengan maksimal selama pemakaian.

4. Periksa Switch Klakson

Selanjutnya kita ada switch, komponen yang satu ini bisa dibilang cukup penting. Karena terletak pada tombol klakson dan tehubung langsung dengan stir mobil, maka tak heran setelah kabel klakson yang rusak bisa jadi komponen ini juga rusak.

Dan biasanya penyebab switch rusak itu bisa karena macet dan cara mengeceknya harus ke bengkel karena harus ada pembongkaran pada bagian switchnya langsung.

5. Cek Bagian Saklar

Dan yang terakhir ada saklar yang berkarat. Biasanya penyebab bagian ini bisa berkarat diakibatkan karena kotoran yang menumpuk didalam saklar dan berakibat lempengan tembaga saklar berkarat.

Selain karena karat, salah satu penyebab saklar bermasalah juga bisa karena sistem kelistrikan mobil yaitu sekring yang rusak. Dan akhirnya, klakson akan terganggu dan kemudian mati.

Kesimpulannya tidak semua orang bisa menyadari penyebab dan memperbaiki kerusakan pada klakson. Dan jika diperhatikan kembali , bisa jadi penyebab utama klakson mati dan bermasalah itu karena kurangnya kebersihan pada bagian dalam mobil.

Untuk pengecekan, sobat semua bisa mengunjungi bengkel terdekat. Waspadai kerusakan sejak dini pada klakson kalian supaya perjalanan dengan mobil terasa aman dan nyaman.

Terima kasih sudah membaca sampai akhir…semoga sedikit ilmu ini bermanfaat dan maaf jika masih ada kekurangan dalam penyampaian karena saya masih banyak belajar… sampai jumpa lagiee….

Writer : Revina Martin
idokeren
idokeren Menyukai dunia Otomotif, Bloger, Informasi yang bermanfaat dan terimakasih sudah mampir di blog ini