Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Tips Aman Berkendara di Malam Hari Lihat No 5

Idokeren.com – Siapa diantara kalian yang suka berkendara di malam hari, baik menggunakan motor ataupun mobil ?... Melakukan perjalanan di malam hari itu memberikan tantangan tersendiri bagi semua pengemudi, terutama yang suka pulang kampung.

Tips Aman Berkendara di Malam Hari Lihat No 5

Pola pikir rata-rata pengemudi memilih berkendara jarak jauh di malam hari adalah karena kondisi jalan yang cenderung lengang dibandingkan siang hari. Dan itu, dimanfaatkan sebagian pengendara untuk memacu kendaraannya lebih cepat agar cepat sampai tujuan.

Padahal sob, resiko terjadinya kecelakaan lalu lintas di malam hari itu lebih besar dengan berbagai penyebabnya. Dan disinlah sob, perlu diketahui bahwa berkendara dimalam hari ada tipsnya lohh..

Coba baca artikel ini sampai akhir dan berikut adalah Tips Aman Berkendara di Malam Hari :

1. Cek Kondisi Kendaraan

Sebelum melakukan perjalanan baik itu di siang hari ataupun malam hari, ada baiknya cek selalu kondisi kendaraan. Pastikan selalu bahwa semua komponen mobil berfungsi dengan baik mulai dari ban, mesin, bahan bakar,ampai alat perlengkapan darurat lainnya.

Hal ini menjadi penting karena bisa memberi pengendara dan penumpang rasa aman serta nyaman saat berkendara. Terutaman bagi sobat yang melakukan perjalanan mudik di malam hari baik menggunakan motor ataupun mobil.

2. Cek Rute yang akan dilalui

Setelah kendaraan siap, maka hal selanjutnya adalah cek kondisi rute yang akan sobat lalui. Apakah ada rest area untuk sekedar istirahat sejenak dari perjalanan yang jauh, karena berada terus di dalam mobil juga tidak baik untuk Kesehatan.

Waktu umum seorang pengemudi untuk beristirahat itu sekitar setengah waktu dari perjalanan yang telah kalian lakukan. Misalnya, kalian berkendara selama 9 jam berarti waktu istirahatnya 4 jam. Sangat disarankan untuk beristirahat karena untuk menghindari kondisi berbahaya saat berkendara seperti mengantuk.


3. Cek kaca spion dan lampu utama mobil

Kemudian kita lanjut ke komponen penting untuk berkendara di malam hari yaitu kaca spion dan lampu utama mobil. Untuk kaca spion sendiri, perlunya pengaturan yang pas karena silau lampu kendaraan lain dari belakang yang terlihat di spion. Dan cara mengaturnya, cukup memposisikan spion sedikit menunduk sesuai penglihatan sobat saat berkendara.

Dan komponen lain yang tidak kalah penting adalah lampu utama mobil. Periksa tingkat penerangan lampu, atur sorotan lampu, dan jangan lupa bersihkan kaca lampu utama supaya penerangannya lebih maksimal. Lampu utama di peruntukan untuk menjaga kewaspadaan pengendara dari segala hal yang suka datang secara mendadak dari sekitar.

4. Kaca Depan Mobil

Kenapa perlu pengecekan di kaca depan mobil ? karena terkadang ada hal atau objek yang tidak terlihat di siang hari tetapi bisa menganggu di malam hari. Dan objek yang biasa terlihat adalah bayangan dari membersihkan kaca di siang hari.

Cara menghindari bayangan pada kaca mobil cukup mudah, yaitu gunakan kertas koran atau kain microfiber untuk membersihkannya. Dan hindara langsung menyentuh kaca sesudah dibersihkan. Hindari juga berkendara dengan cepat karena ditakutkan kalian tidak bisa melihat lebih jauh.

5. Menjaga Jarak Antar Kendaraan

Nah, tips aman yang terakhir saat berkendara di malam hari adalah jaga jarak. Kalau sobat, mempunyai kebiasaan untuk tidak menjaga jarak di siang hari, maka kalian harus merubahnya. Selain meningkatkan resiko kecelakaan saat berkendara karena fungsi dari lampu utama mobil tidak bisa bekerja dengan maksimal.

Ternyata jaga jarak juga berfungsi ketika kondisi badan pengemudi menurun. Karena ditakut melakukan pengereman yang mendadak maka jaga jarak ini sangat diperlukan sehingga menghindari resiko menabrak mobil yang ada didepan.

Dan hal unik lainnya yang jarang terfikirkan oleh pengendara adalah, jaga jarak juga bisa menghindari pengendara dari lubang yang tidak kasat mata, sehingga kita bisa menghindarinya. Tetapi tetap waspada sob, saat kalian akan merubah jalur kendaraan terutama di jalan tol.

Kesimpulan dari artikel diatas adalah semua tips aman ini akan bekerja dengan maksimal jika kalian mematuhi peraturan yang ada seperti tidak mengemudi dengan kecepatan di atas rata-rata berkendara di malam hari. Dan selalu waspada, dengan sekitar apabila kalian akan melewati jalan yang asing dan sepi pengendara. Hindari untuk bermain handphone dan selalu siapkan alat pertahanan diri seperti alat semprot mata.

Terima kasih sudah membaca artikel ini sampai akhir sobat… sampai jumpa lagiee…

Writer : Revina Martin.
idokeren
idokeren Menyukai dunia Otomotif, Bloger, Informasi yang bermanfaat dan terimakasih sudah mampir di blog ini