4 Bahaya Vital Jika Oli Mesin Mobil Bocor Yang Harus Di Hindari

idokeren.com - Oli mempunyai peranan penting bahkan sangat penting oli dapat diibaratkan darah di dalam tubuh manusia. Hanya oli berada di Engine mesin Bayangkan saja jika sebuah mesin mobil dimana didalamnya banyak komponen yang bergerak dan bergesekan satu dan lainnya tanpa adanya oli di dalam mesin Anda dapat membayangkan sendiri apa jadinya mesin Anda dalam hitungan jam dan ini sangat menghawatirkan tanpa adanya oli didalam sebuah mesin maka akan menyebabkan kerontokan mesin yang sangat parah dan dapat menyebabkan Anda turun mesin atau overhaul.


 4 Bahaya Vital Jika Oli Mesin Mobil Bocor


Komponen-komponen mesin dalam sebuah engine bekerja secara terkait dimana material komponen-komponen di dalam mesin terbuat dari besi kita mengetahui bahwa jika dua buah besi saling bergesekan maka akan menimbulkan friksi atau saling mengikis, Komponen tersebut akan saling terkikis

Peranan Oli Didalam Mesin
Peran oli adalah sebagai penengah diantara dua gesekan komponen di dalam mesin, Memang secara kasat mata oli terlihat tidak menjadi pemisah tetapi tanpa adanya oli dua buah komponen didalam mesin jika saling bergesekan terus menerus akan menyebabkan terkikisnya komponen tersebut

kita mengetahui cara kerja dari ring piston dan silinder dimana Ring Piston akan selalu bergesekan dengan Rumah silinder terlihat secara kasat mata memang tidak ada olinya 

Tetapi oli di dalam silinder melapisi semua bagian pada saat bergesekan sehingga kedua komponen  yang saling bergesekan antara Ring Piston dan rumah silinder.

Karena oli melapisi komponen tersebut,  Tidak  terjadi kerusakan, oleh karena itu peranan Oli sangat vital di dalam mesin mobil.

Bahaya Apa Saja Yang Akan Terjadi Jika Oli Mesin Mobil Bocor

Bahaya yang akan terjadi adalah tergantung dari kondisi mobil tersebut Jika oli yang keluar banyak  dan menyebabkan kekosongan oli didalam mesin entunya ini akan menjadi masalah yang sangat besar. Tetapi jika hanya rembes pada paking paking ada baiknya segera di tangani secepat mungkin dengan di ganti paking  agar tidak merembet ke bagian komponen yang lain.

Bahaya yang mungkin akan terjadi adalah :

Komponen Mesin Mengalami Keausan Harus Overhaul / Turun mesin
Sudah jelas jika di dalam mesin tidak ada oli yang melumasi secara otomatis komponen didalam mesin akan saling bergesekan dan ini akan menyebabkan keausan atau kerusakan yang sangat parah .

Di mana untuk memperbaiki hal ini biasanya mesin mobil harus overhaul atau turun mesin ini adalah bahaya yang sangat-sangat  menyebabkan kerusakan parah dan harus diperhatikan Jangan sampai karena masalah sepele kita akan keluar budget  jutaan sampai puluhan juta rupiah.

Dan jika mobil anda sering kekurangan oli mesin dan sering menambahkan oli maka anda harus mewaspadai hal ini efek yang dapat ditimbulkan dari seringnya kekurangan oli adalah tenaga mesin ngempos, mesin mengalami overheating, sulit dihidupkan atau di starter pada pagi hari, dan jika memang sudah terlanjur satu-satunya cara adalah membawanya ke bengkel dan melakukan overhoul atau turun mesin.

Suara Mesin menjadi Lebih Kasar Karena Kekurangan Pelumas Oli
Jika mobil anda sering kekurangan oli dan pada saat anda berkendara tiba-tiba suara mesin mobil anda menjadi sangat kasar disarankan memeriksa oli agar tidak terjadi yang namanya ngejem atau mesin terkunci karena oli habis.

Jika anda merasakan mesin kasar tetapi tetap memaksakan menjalankan kendaraan mobil anda maka  kemungkinan terjadi adalah hal tersebut. 

Hal yang dapat idokeren.com sarankan adalah jika hal ini terjadi menambahkan oli untuk sementara agar komponen yang saling bergesekan di dalam mesin dapat lancar kembali kemudian anda bisa membawa ke bengkel kepercayaan anda untuk memeriksakannya kembali.

Kopling Selip Karena Terkena Cairan Oli
Kampas kopling mobil adalah jenis kampas kopling kering di mana jika terjadi kebocoran pada Crankshaft belakang dekat rumah kopling dan mengenai kampas kopling tentunya hal ini akan menyebabkan slip tenaga menjadi tidak muncul atau ngempos ini adalah salah satu bahaya yang harus dihindari.

Oli Yang Bocor Dapat Membahayakan Sesama Pengguna Jalan  
Oli merupakan zat yang licin Jika oli mobil anda bocor dan berceceran di jalan ini akan sangat membahayakan sesama pengguna jalan yang lain.

Apalagi jika bocor dan kebocoran terjadi di jalan tanjakan tentunya kendaraan lain seperti bus atau truk akan mengalami kesulitan dalam pengereman karena ban mereka terkena oli yang tercecer di jalan dan mereka harus melakukan pengereman  dengan disertai muatan yang sangat berat.

Tentunya hal  ini akan menyebabkan kecelakaan oleh karena itu itu demi mencegah hal-hal yang tidak diinginkan ada baiknya kita antisipasi hal hal yang aka nmenyebabkan kecelakaan apa lagi jika berkaitan dengan diri kita.

Ok sobat keren itulah informasi tentang 4 Bahaya Vital Jika Oli Mesin Mobil Bocor semog ainformasi diatas dapat bermanfaat buat anda terimakasih  - idokeren.com

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel