Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Penjelasan Fungsi – Fungsi Prosesor Audio Mobil

Idokeren.com – hai sobat semua... selamat datang, saya harap kalian semua dalam keadaan sehat selalu. Baiklah... pada kali ini kita akan mebahas suatu alat yang dapat membantu sobat dalam mengatur kualitas audio mobil sobat yaitu prosesor audio.

Pada masa sekarang ini, kebanyakan mobil toyota buatan pabrikan terbaru sudah dilengkapi dengan sistem audio yang terintegrasi pada sistem on-board komputer kendaraan. Walaupun demikian, hal ini tidak menyurutkan minat pengemudi mobil untuk memodifikasi audio pada mobilnya.

Penjelasan Fungsi – Fungsi Prosesor Audio Mobil

 

Beberapa pengemudi melakukan modifikasi dengan menambahkan prosesor audio mobil atau sound processor. Hal ini tentu saja dilakukan dengan harapan suara yang akan dihasilkan atau dikeluarkan akan lebih jernih dan kencang.

Oleh sebab itu, prosesor audio ini cukup berguna jika sobat ingin melakukan modifikasi pada kualitas audio mobil sobat. jadi, ada baiknya kita mengetahui apa saja sih fungsi dari prosesor audio ini sehingga dapat meningkatkan kualitas audio mobil? berikut penjalannya.

Fungsi prosesor audio mobil

Seperti yang telah dijelaskan diatas bahwa prosesor audio merupakan suatu alat modifikasi mobil yang gunakan untuk memaksimalkan head unit atau speaker bawaan. Sama halnya dengan sistem bawaan pada umumnya, speaker bawaan juga diatur dengan pengaturan standar sesuai dengan standar pabrikan.

Namun, beberapa pengemudi ada yang senang mendengarkan music, atau menginginkan kualitas audio yang lebih baik akan melakukan suatu modifikasi. Dan alat yang digunakan adalah prosesr audio ini. dengan modifikasi tersebut, suara yang keluar-pun akan terdengar lebih jernih dan merdu sesuai keinginan.

Lalu, apa saja dari fungsi prosesor audio ini? simak penjelasan berikut ini.

1. Mengolah Sinyal Suara

Pada dasarnya fungsi utama dari prosesor audio ini adalah kemampuan untuk mengolah sinyal suara. Pada speaker bawaan, suara dari musik atau sumber lain yang diputar oleh pengemudi mobil akan diolah terlebih dahulu supaya hasil yang keluar sesuai dengan yang diinginkan pengemudi. Dan setelah sesuai, suara kemudian akan disalurkan menuju speaker.

2. Mengatur Time Alignment dan Equalizer


Fungsi lainnya dari proses audio ini adalah untuk mengaur time dari alignment dan equalizer. Untuk melakukan pengolahan dari head unit ke speaker, ada beberapa hal yang harus diatur oleh fungsi prosesor audio mobil.

Hal tersebut adalah mengatur time alignment dan juga equalizer. Perlu sobat ketahui bahwa, dua hal inilah yang tidak terdapat pada head unit bawaan sehingga pengemudi akan melakukan memodifikasinya dengan menggunakan prosesor audio.

Time alignment adalah menentukan waktu ketemunya suara berdasarakan lokasi sesorang sebagai pendengar. Sedangkan equalizer merupakan pengaturan setiap band frekuensi secara detail. Sound processor sendiri mempunyai tiga puluh band frekuensi lebih supaya setelan suara dapat sesuai dengan selera pendengar.

3. Mengatur Sinyal Yang Masih Flat

Fungsi lainnya dari prosesor audio adalah kemampuan untuk memperbaiki sinyal yang masih flat. Supaya bunyi yang dihasilkan oleh speaker sesuai dengan selera dari pendengar, prosesor audio tentu saja harus memeperbaiki sinyal flat yang keluar dari mixer.

Hal yang dilakukan cukup banyak mulai dari pemerataan frekuensi, pembagian frekuensi berdasarkan jenis speaker yang digunakan, menambahkan efek – efek suara, proses pengompresan, serta mencegah kliping yang berlbihan.

Baikla sobat semuanya, di atas adalah beberapa fungsi dari prosesor audio mobil sehingga suara yang dihasilkan oleh speaker sesuai dengan keinginan pendengar. Saya harap informasi ini bermanfaat untuk sobat semuanya, dan sampai jumpa pada pembahasan menarik lainnya – idokeren.com

Writer :Riski Rahmat H
idokeren
idokeren Menyukai dunia Otomotif, Bloger, Informasi yang bermanfaat dan terimakasih sudah mampir di blog ini