Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Mobil Kotak Kayak Sienta Masih Ada Yang Suka Nggak Ya?

Mobil dengan bentuk kotak menyerupai Honda Freed disebut-sebut tak lagi diminati masyarakat Indonesia. Hal itu pernah dilontarkan oleh Direktur Pemasaran dan Layanan Purnajual PT Honda Prospect Motor Jonfis Fandy beberapa waktu silam. Maka dari itu Honda tak lagi menjual Freed di Indonesia meskipun di Jepang ada model barunya. Penjualan Freed memang terus merosot beberapa bulan sebelum dilarang Honda.
Mobil Kotak Kayak Sienta Masih Ada Yang Suka Nggak Ya?
Add caption

Tak cuma Freed, kendaraan beroda empat berbentuk kotak di Indonesia ada Toyota Sienta. Sienta berada di segmen yang sama dengan Freed adalah MPV. Sienta seolah menjadi obat bagi masyarakat Indonesia yang ingin kendaraan beroda empat dengan bentuk menyerupai Freed.

Pada tahun pertamanya, menurut data penjualan wholesales Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), Sienta dapat membukukan 17.931 unit.

Kemudian tahun 2017, penjualan Sienta turun menjadi 14.968 unit. Masuk tahun 2018, Sienta makin ngedrop. Toyota hanya melepas 5.113 unit Sienta tahun 2018. Meski begitu, Toyota menegaskan masih akan menjual Sienta di Tanah Air.

Toyota pun tak ambil pusing, dan menyebut Sienta masih ada pencintanya di Tanah Air. "Desain boxy masih ada peminatnya, menyerupai Alphard atau Voxy," tutur Direktur Marketing PT Toyota Astra Motor Anton Jimmy. Di Jepang, Sienta mempunyai model gres adalah versi lima penumpang. Namun Anton masih ogah bicara soal model gres Sienta di Indonesia.

Terkait penjualan Sienta tahun ini, Toyota pun tak berharap muluk-muluk. "Kalau market lebih kurang sama dengan tahun lalu, kira-kira akan sama dengan tahun 2018," tutup Anton.