Widget HTML Atas

Kopling Ditekan Motor Masih Jalan Ini Penyebabnya ?

idokeren.com - Sobat keren kopling sebagai pemutus dan penghubung tenaga mempunyai peran penting untuk bikers yang menyukai sistem kopling manual, Kelebihan sepeda motor dengan kopling manual adalah kita dapat megatur seberapa besar tenaga yang mau dilepaskan untuk menggerakan motor kita dan feel nya memang berbeda ketika naik motor bebek atau matik, Salah satu permasalahan motor kopling adalah ketika handle kopling di tekan motor masih jalan ajah, Nah bagi yang pernah mengalami hal ini mungkin solusinya ada di blog ini.

Banyak hal yang sobat keren bisa periksa, Mungkin saja hanya hal sederhana yang bisa di lakukan sendiri dirumah tanpa harus memeriksakan kebengkel langganan sobat keren. lumayan bisa hemat uang sedikit, Karena mempunyai motor itu selalu terkait dengan perawatan sepeda motor yang seakan tiada hentinya. Abis mau bagaimana lagi ya sob biar tunggangan tetap nyaman dan aman selama di naiki.


Kopling Ditekan Motor Masih Jalan


Pemeriksaan dilakukan pada hal dibawah ini ya sob bacanya pelan pelan ya karena kadang bisa mall funsional otak kalo kecepetan maklum bahasa orang bawah hehe :

Pemeriksaan Setelan Handle kopling


Jarak Bebas Kopling Pada Sepeda Motor

Setelan handle kopling terlalu pendek, Kondisi ini dimana kita menarik handle kopling sudah full tapi kampas kopling di mesin tidak dalam kondisi bebas. ini dikarenakan setelanya tidak bagus atau jarak bebas terlalu jauh.

Yang di maksud jarak bebas adalah jarak bebas handle kopling bisa bergerak bebas. Biasanya seorang biker suka dengan jarak kopling yang dekat dengan jarinya. padahal jarak bebas standar pabrikan adalah 1 -2 cm. lebih  dari itu tidak di sarankan tapi semua balik ke style pengendara sob.

Kopling terlalu dekat dengan jari ada efek serius yang lama kelamaan muncul yaitu, Kopling yang sering tidak terlepas full akan sering bergesekan dan ini mengakibatkan kampas kopling cepat tipis dan habis karena sering bergesekan antara kampas dengan plat kopling. kondisi ini juga disebut kopling  yang di gantung sangat tidak bagus.

Cara menyetel kopling ini sangat mudah ada dua pilihan yang satu menyetel setelan di dekat tuas kopling, Disitu ada knop yagn dapat di putar dan dapat menyetel seberapa jauh sobat tinggal mutar kekiri jika ingin setelan kopling jauh dari tangan dan menyesuikan setelan pabrikan 1 - 2 cm cukup mudahkan agar lebih posisinya lihat gambar di bawah

setelan kopling dekat tuas handle

Hanya pelu menggunakan tang saja jijka dirasa memutarnya sedikit keras

Cara yang kedua sobat bisa menyetel setalan di dekat bak kopling menggunakan kunci pas  12 dan 14 setiap motor mempunyai ukuran yang berbeda, Langkah penyetelanya dengan mengendurkan kedua buat mur yagn mengikat dan setel dengan memperhatikan jarak bebas handle kopling. Mudah dan simpel kan sob.

setelan kopling dekat bak kopling


Baca Juga : Ciri Ciri Kampas Kopling Motor Habis Beserta Penyebabnya

Kopling Kurang Pelumasan Oli

Pada sepeda motor menganut sistem kopling basah pada sepeda motor sport dan bebek jika kampas kopling tidak terendam atau kurang oli ini akan membuat rada lengket, Tentunya akan mempengaruhi kinerja dari sistem kopling

Bahkan ada bikers yang membolongi rumah kopling gegara kampas kopling sering habis hangus dah cepat habis, Hal ini di tandai sering bau gosong dari mesin dan saat mengganti oli banyak kotoran halus kampas kopling yang tergerus karena gosong.

Solusi untuk hal ini sering mengontrol oli apakah kurang atau tidak jika sering kurang oli berarti ada permasalahan lain di sepeda motor yang  harus di periksa.

Baca Juga : Efek Menggunakan Oli Yang Terlalu Encer Ini Akibatnya

Plat Kopling Bengkok


Plat Kopling Bengkok


Didalam sepeda motor selaian ada kampas kopling ada juga plat kopling, plat kopling adalah plat besi bundar yang berbentuk piringan sama seperti kampas kopling bentuknya, ada sekitar 4 plat kopling pada motor bebek dan 5 pada motor sport sejenis honda tiger dengan satu buah plat  kopling disebut judder spring

Salah satu plat kopling bengkok dapat menyebabkan malfungsional pada sistemkopling karena jika bengkok satu saja tidak akan merekat sempurna dan bisa terjadi slip pada kampas kopling, dan karena slip ini sering menyebabkan kampas gosong.

Kampas Kopling Habis Dan Keras


Kampas Kopling Habis Dan Keras

Kampas kopling sudah menipis dan kampas kopling keras, Hal ini wajar jika memang sepeda motor sudah memasuki usia yang lama ya sobat keren. Wajar bila kampas kopling di ganti jika usia sudah 3 - 5 tahun hal ini tergantung kondisi dan pemakaiaan seorang biker.

Mengganti kampas kopling setahun sekali menjadi hal wajar bagi biker yang suka gras track bahkan 6 bulan sekali.

Tetapi menjadi tidak wajar jika sobat hanyalah pengguna motor dengan low heart, pencinta kedamaian di jalanan dan senang menikmati asap kendaraan motor lain, nah jika sobat adalah tipe pengguna seperti ini setahun sudah ganti kampas kopling berarti ada yang tidak wajar dengan motor sobat lebih baik periksakan segera kebengkel langganan tercinta.

Bisa juga Karena oli motor tidak cocok atau oli tidak di ganti nah silahkan sobat keren koreksi sendiri karena semua kembali ke pengguna

Baca Juga : Efek Telat Mengganti Oli Mesin Motor Mesin Rusak Parah

Nah sobat mimin keren kira informasinya segitu dulu ya dan nantikan terus update terparah yang sangat menguntungkan sobat keren dengan informasi otomotif yagn bermanfaat lainya hanya di idokeren.com see you next time
idokeren
idokeren Menyukai dunia Otomotif, Bloger, Informasi yang bermanfaat dan terimakasih sudah mampir di blog ini